20 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah (99% Terbukti)

Baca Juga:
Di rumah kamu banyak tikus? Simak cara tradisional mengusir tikus dari rumah secara alami yang bisa kamu gunakan dengan mudah, Adanya tikus dirumah memang sangatlah mengganggu, kenapa? Banyak keluhan dari masyarat selain sering hilangannya makan ataupun barang. Tikus juga bisa menyebabkan timbulnya bau yang menyengat hal itu disebabkan oleh air kencing atau kotoran tikus.

cara mengusir tikus

Umumnya tikus bersarang pada tempat-tempat yang kotor seperti di got, pipa atau plafon, sawah, perkarangan. Nah apabila tikus tersebut masuk kedalam rumah membawa kotoran hal itu dapat menimbulkan bebagai masalah serta memicu beragam penyakit.

Apa sajakah bahaya yang bisa ditimbulkan oleh tikus? Selain bau menyengat, air kencing tikus juga mengandung berbagai bakteri berbahaya yang dapat membunuh manusia dengan cepat, apabila tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ngeri juga ya! Sebenarnya masih ada banyak bahaya lainnya, tapi pada kesempatan kali ini kami hanya mengupas cara mengusir tikus dari rumah.

Sebelum hewan pengerat ini berkembang biak dengan cara melahirkan curut, kamu harus bergegas membasmi atau mengusir tikus di rumah, atau kamu akan dibuat tak berdaya oleh curut-curut kecil yang lebih liar.

Dalam mengusir tikus satu hal yang harus kamu ketahui, hewan mamalia yang satu ini terbilang cukup cerdik maka dari itu hewan ini sulit ditangkap ataupun dijebak. Namun kamu tak perlu khawatir kami akan membagikan tips cara mengusir tikus dari rumah yang paling ampuh. Penasaran? Mari di simak baik-baik.

Cara Mengusir Tikus Secara Alami

Tikus yang bersang dirumah harus diusir dengan bahan alami, kenapa? Agar tetap aman pada kesehatan penghuni rumah. Kalau pakai racun atau sejenis yang berbahaya lainnya, bukan hanya tikus yang hilang, nyawa kita juga terancam. Pastinya tidak mau kan?

1. Memelihara jangkrik

cara mengusir tikus dengan jangkrik
cara mengusir tikus dengan jangkrik via tribunnews.com

Kamu bisa memelihara jangkrik didalam rumah sebagai alternatif mengusir tikus, bingung kenapa menggunakan jangkrik? Hewan memang lebih kecil dari tikus. Namun buka berarti tidak cukup ampuh bahkan malah sebaliknya, hal itu dikarenakan suara yang dihasilkan oleh jangkrik cukup nyaring yang dapat membuat tikus terganggu. Kamu bisa menaruh hewan ini di dapur, kolong meja, gudang atau pipa yang menjadi sarang persembunyian tikus.

2. Lem Tikus

cara mengusir tikus dengan lem
cara mengusir tikus dengan lem via blogspot.com

Langka selanjutnya  menggunakan lem tikus, kenapa? Alasan pertama adalah aman dan mudah, cara ini memang tidaklah terlalu efektif karena tikus dapat lolos dari lem tersebut meski sudah terpetangkap, namun demi keamanan kenapa tidak mencobanya kan!

Cara penggunaan: pertama kamu harus menyediakan alas, bisa memanfaatkan papan triplek kemudian olesakan lem diatas papan tersebut secara merata dan tebal agar lebih merekat, setelah itu tempatkan papan tersebut pada tempat yang biasa di lalui tikus, yang terakhir jangan lupa tambahkan sedikit makan untuk menarik tikus masuk ke perangkap.

3. Alat Perangkap Tikus

cara mengusir tikus dengan alat penangkap
cara mengusir tikus dengan alat penangkap via linkedin.com

Cara ini merupakan cara paling ampuh, tikus yang terperangkap akan mengeluarkan suara yang dapat menakuti tikus lainnya sehingga membuat tikus lain pergi tidak kembali lagi, meski telah menakuti tikus lainnya kamu tetap harus melakukannya setiap malam guna membasmi sekaligus membjnuh tikus satau per satu, cara penggunanya pun cukuplah mudah kamu tinggal ikuti seperti gambar diatas.

4. Alat Ultrasonik

cara mengusir tikus dengan alat ultrasonic
cara mengusir tikus dengan alat ultrasonic via Google.com

Alat ini terbilang sebagai cara mengusir nyamuk terbaru, cara kerja alat ini mengeluarkan gelombang suara atau getaran sebesar 20kHz, suara yang dihasilkan tidak dapat didengar oleh manusia namun sangat mengganggu pada hewan ini yang dianggap sebagai ancaman.

Penggunaan alat ini terbilang cukup mudah kamu tinggal mencolok nya pada tegangan listrik dan tinggal mengatur besar gelombang yang akan dihasilkan, menurut petunjuk alat ini bekerja dalam radius 100m, alat ini memliki kelemahan jika digunakan secara terus menerus tikus yang menjadi kebal dan terbiasa mendengar suara ultrasonic tersebut.

4. Kapur Barus (Kamper)

cara mengusir tikus dengan kapur barus
cara mengusir tikus dengan kapur barus via tokopedia.com

Bahan yang umumnya digunakan sebagai pewangi didalam ruangan khususnya lemari pakaian, zat-zat berbahaya yang terdapat dalam kapur barus bisa dimanfaatkan sebagai alternatif mengusir tikus dari rumah, Aroma yang dihasilkan oleh bahan ini selain wangi juga cukup menyangat, tikus dapat mati jika terlalu sering mencium bau dari kapur ini.

Untuk menggunakan nya, kamu cukup mencoret-coret kapur barus pada tempat yang sering dilalui oleh tikus dan tempat bersarang tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

Note: Hindari memegang kapur ini secara langsung menggunakan tangan karena kapur ini mengandung zat kimia beracun dan berbahaya pada anak-anak.

5. Minyak Peppermint

cara mengusir tikus dengan minyak pappermint
cara mengusir tikus dengan minyak pappermint via skin.co.id

Minyak peppermint dikenal memiliki sifat dingin yang cukup kuat.
Minyak peppermint telah dikenal memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan juga biasa digunakan untuk tujuan pengobatan. Minyak peppermint merupakan salah satu obat herbal tertua di dunia.

Didalam minyak pappermint memiliki kandungan antimikroba, antioksidan, antispasmodic, dan anti tumor, yang berguna untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, pernafasan, sakit kepala, mual, kram perut dan kejang usus, demam dan nyeri.

Denga kandungan antimikroba, antioksidan, antispasmodic, berpotensi daoat digunakan sebagai bahan alami membunuh tikus, selain itu, hewan pengerat ini tidak tahan dengan aroma peppermint yang tajam, sehingga hewan ini menciumnya, akan menjadi mabuk dan terkulai lemah akhirnya mati.

Untuk menggunakannya, kamu cukup taburkan minyak pappermint pada tempat yang sering dilalui oleh tikus dan tempat bersarang tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

6. Cengkeh

cara mengusir tikus dengan cengkeh
cara mengusir tikus dengan cengkeh via Google.com

Cengkeh bisa juga jadu alternatif mengusir tikus, cara ini terbilang cukup ampuh dan mudah, kenpa menggunakan cengkeh? Didalami cengkeh memiliki kandungan minyak esensial yang berfungsi sebagai anestetik dan antimikrobial berguna untuk menbjnuh bakteri berukuran kecil umumnya cengkeh sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi.

Selain dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, kandungan dari minyak esensial mampu membuat tikus terganggu sehingga secara tidak langsung akan mengusir tikus dari rumah kamu.

Untuk menggunakannya, kamu cukup taburkan bubuk atau cengkeh yang sudah kering pada tempat yang sering dilalui oleh tikus dan tempat bersarang tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

7. Baking Soda

cara mengusir tikus dengan baking soda
cara mengusir tikus dengan baking soda via brilio

Tikus merupakan hewan yang tidak dapat bersendawa atau muntah, untuk memanfaatkan kelemahan tersebut kamu dapat menggunakan baking soda, kenapa? Baking soda mengandung gas yang cukup tinggi, bila tikus tersebut memakannya maka perut tikus akan terisi gas dan tidak dapat dikeluarkan, lama kelamaan dapat menyebabkan tikus mati secara perlahan.

Untuk mengakali tikus dengan jebakan ini, kamu bisa bisa menggunakan makanan favorit tikus seperti ikan, kecu ataubl lainnya, lalu balurkkan bubuk baking soda pada makanan tersebut, lalu letakkan pada tempat yang sering dilalui oleh tikus dan tempat bersarang tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

8. Daun Salam

cara mengusir tikus dengan daun salam
cara mengusir tikus dengan daun salam via merdeka.com

Umunnya daun salam digunakan sebagai penyedap makanan, namun bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir tikus, loh. Tahu kenapa? Daun salam mengandung minyak asiri, sitral, egeunol, tanin, flavonoid, dan metil kavikol. Selain itu hasil ekstrak etanol yang terdapat dari daun salam ini berfungsi sebagai zat antijamur dan antibakteri, karena itulah tikus tidak suka dengan bau yang keluarkan oleh daun salam.

Untuk menggunakannya cukup meletakkan daun salam pada tempat yang sering dilalui oleh tikus dan tempat bersarang tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

9. Bawang Merah

cara mengusir tikus dengan bawang merah
cara mengusir tikus dengan bawang merah via brilio.net

Bawang merah memiliki kandungan flavonoid dan fenol yang merupakan senyawa aktif didalam bawang merah yang biasa membuat anda mengeluarkan air mata saat mengupas kulitnya.

Dengan alasan itulah kita akan memanfaatkan bawang merah sebagai alternatif mengusir tikus.!

Cara penggunaan kamu cukup kupas dan tiris-tiris menjadi bagian kecil, lalu letakkan irisan-irisan tersebut pada tempat yang sering dilalui oleh tikus dan tempat bersarang tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

10. Bubuk Lada

cara mengusir tikus dengan bubuk lada
cara mengusir tikus dengan bubuk lada via merdeka.com

Lada memiliki aroma menyengat dan rasa pedas yang tidak disukai oleh tikus, apabila kamu menburkannya pada tempat yang sering dilalui oleh tikus atau tempat bersarangnya tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui, secara tidak langsung tikus akan tergaggu dan pergi dari sarang atau rumah kamu.

11. Buah Mengkudu

cara mengusir tikus dengan buah mengkudu
cara mengusir tikus dengan buah mengkudu via bligspot.com

Buah mengkudu juga memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pedas. Apalagi kalau mengkudu yang sudah matang, aroma yang dikeluarkan sangat tidak disukai oleh tikus, karena itulah mengkudu bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengusir tikus.

Cara penggunaan; kamu cukup taruh buah mengkudu atau lebih maksimal jadikan irisan-irisan kecil kemudian taruh pada tempat yang sering dilalui oleh tikus atau tempat bersarangnya tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui, secara tidak langsung tikus akan tergaggu akhirnya pergi dari sarang atau rumah kamu, deh.

12. Buah Durian

cara mengusir tikus dengan kulit durian
cara mengusir tikus dengan kulit durian via Huffington Post

Buah durian merupakan sejenis buah yang cukup disukai manusia sebab memiliki rasa yang lezat. Selain kelezatan, buah ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengusir tikus yang cukup efektif.

Durian mempunyai bau yang sangat menyengat ditambah tikus memliki indara penciuman yang tajam, sehingga bau dari kulit durian ittu akan sangat mengganggu pada akhirnya tikus akan pergi dari rumah.

Adapun cara menggunakannya: kamu bisa menggunakan kulit ataupun daging durian, yang perlu kamu lakukan cukup taruh durina tersebut pada tempat yang sering dilalui oleh tikus atau tempat bersarangnya tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

13. Memelihara Kucing

cara mengusir tikus dengan kucing
cara mengusir tikus dengan kucing via okezone.com

Tikus merupakan hewan mamalia yang disuka oleh kucing sebagai santapan, khususnya untuk kucing liar, berbeda dengan kucing rumahan yang lebih jinak serta lebih memilih membiarkan tikus tersebut.
Ini bukanlah cara terbaik untuk mengusir tikus dari rumah, kenapa? Kucing liar sulit untuk dikendalikan, bisa-bisa malah melawan kamu sendiri dan membahayakan orang disekitar.

14. Bulu Burung Hantu

Inilah salah satu cara yang sangat ampuh harus kamu coba untuk mengusir tikus, bukan hanya mampu membuat takut tikus saja, hewan pengerat ini masuk dalam daftar makanan favorit burung hantu ini.

Apa yang harus dilakukan? Kamu cukup memelihara burung hantu ini dengan cara pasang ring pada kakinya lalu ikat dengan tali yang agak panjang, pada malam harinya burung ini akan bekerja sendiri.

15. Ular Plastik

Kenapa menggunakan ular plastik? Apa bisa menakuti tikus? Alasan pertama aman, yang kedua kalo tidak dicoba mana tahu kan! Hehe. Kelemahan cara ini harus pada tempat yang terang agar tikus melihat keberadaan ular plastik tersebut.

Cara penggunanya; taruh ular plastik pada tempat yang sering dilalui oleh tikus atau tempat bersarangnya tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

16. Saus Cabai Dan Deterjen

Cara ini cocok buat kamu yang suka beberburu, dengan mencampurkan saus cabai yang super pedas dengan deterjen pakaian yang sudah dilarutkan dalam air, kemudian masukkan dalam botol spray (semprotan). Nah selanjutnya kamu harus siap siaga dengan menaruh botol spray disebelah kamu, pada saat tikus muncul kamu langsung semprotan pada tikus secara terus menerus. 
Note: Kamu harus berhati-hati dalam memakai ataupun saat penyimpannya. Karena cukup berisiko jika terkena mata.

17. Ammonia

Ammonia merupakan zat yang terkandung di dalam urin manusia, dengan memanfaatkan cairan ini kamu dapat mengusir tikus yang bersembunyi dirumah kamu. Cara penggunanya pun cukuplah mudah, yakni dengan menyemprotkan ammonia ke beberapa daerah yang biasa ditempati atau dilalui tikus.
Note: Jangan menggunakan cairan ini terlalu banyak, bisa-bisa semua rumah kamu malah bau pesing.

18. Rambut Manusia

Cara ini mungkin terdengar aneh ya? Namun tikus tidak tahan terkena helai rambut manusia dan akan menggigiti nya lama kelamaan tikus akan terkulai lemas pada akhirnya bisa mati.
Cara penggunanya: letakkan beberapa helai rambut didalam lubang tikus atau daerah yang biasa ditempati tikus.

19. Bedak Bayi

Meski cara ini belum terbukti keefektifan nya, apa salahnya kalo dicoba sesekali, pada kenyataannya tikus tidak menyukai bau yang menyengat meskipun menurut kita harum.
Kamu cukup taburkan bedak bayi pada tempat yang sering dilalui oleh tikus atau tempat bersarangnya tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

20. Buah Bintaro

Buah ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat tertentu di indonesia, sebagai langkah alternatif mengusir dan membasmi hama tikus di sawah ataupun pekarangan. Cara mengolahnya memang sedikit ribet, namun cara ini terbilang telah terbukti cukup efektif dan sangat ampuh.

Caranya: Haluskan buah bintaro campurkan dengan sedikit sabun colek dan air. setelah itu, fermentasikan hingga 2 hari, kemudian cairan air hasil fermentasi di semprot kan pada tempat yang sering dilalui oleh tikus atau tempat bersarangnya tikus tersebut seperti pipa, dibawah meja atau jalan yang sering dilalui.

Bau-Bau yang Dibenci Tikus

Dengan mengetahui bau yang tidak disukai tikus kamu bisa memanfaatkan hal tersebut, kenapa? Dengan menggunakan bahan alami yang dapat mengeluarkan bau-bau yang tidak disukai tikus dan menaruhnya pada sarang atau tempat yang sering dilalui maka hal itu dapat mengganggu, secara tidak langsung akan memicu perginya tikus dari rumah.

Berikut bahan alami yang bisa mengeluarkan bau yang tidak disukai tikus:

  • Bau Minyak Kayu Putih
  • Bau Tembakau
  • Bau Sirsak
  • Bau Cengkeh
  • Bau Durian
  • Bau Merica
  • Bau Mint
  • Bau Kopi

Itulah beberapa bahan alami yang dapat mengeluarkan bau yang tidak disukai tikus.

Demikianlah cara mengusir tikus di rumah dengan cepat dan aman dilakukan. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memberantas tikus ya! Adakah pengalaman menarik saat mengusir tikus dirumah? Ayo tambahkan di kolom komentar, saya tunggu!

Anda Membaca: 20 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah (99% Terbukti)

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "20 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah (99% Terbukti)"