Pantangan Setelah Membersihkan Karang Gigi

Baca Juga:
Setelah melakukan perawatan pembersihan karang gigi skeling (scaling & root planing), kamu harus menghindari beberapa pantangan agar mendapatkan hasil maksimal sesuai harapan anda, apa sajakah pantangan tersebut? Mari kita simak, pantangan berikut ini:
pantangan setelah membersihkan karang gigi
pantangan setelah membersihkan karang gigi
  • Jangan langsung makan setelah skeling.
Umunya saat melakukan pembersihan dengan perawatan skeling menggunakan bius, obat ini akan membuat syaraf dekat gigi mati rasa seperti bibir, gusi dan lidah. Apabila tetap memaksa untuk makan hal itu bisa mengakibatkan lidah, bibir atau pipi tergigit selama mengunyah makanan, dan rasa sakitnya akan muncul setelah reaksi bius tersebut sudah hilang. Kamu pasti tidak mau kan?
  • Lupa minum obat.
Apabila setelah melakukan skeling kamu diberikan obat, jangan sampai lupa untuk diminumnya sesuai anjuran. Umunya obat ini berfungsi sebagai pereda rasa sakit yang membuat kamu tidak nyaman.
  • Mengkonsumsi makanan / minuman terlalu panas atau terlalu dingin.
Perawatan Skeling akan membuat lapisan enamel pada gigi menipis untuk sementara. Penipisan lapisan enamel ini akan menjadikan gigi kamu menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin dalam kurun waktu selama 1 - 3 hari. Sehingga rangkaian dalam 3 - 4 hari kamu harus menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu panas dan dingin.
  • Makanan keras.
Perawatan Skeling akan membuat lapisan enamel pada gigi anda menipis dalam waktu beberapa hari yang menjadikan akar gigi terbuka. Sehingga bila gigi digunakan untuk mengunyah makanan keras hal itu akan membuat anda merasa tidak nyaman seperti rasa menusuk di gigi dan nyut-nyutan di kepala. Jadi, anda disarankan untuk menghindari makanan keras dalam beberapa hari sampai gigi anda kembali normal.
  • Makanan kecil yang menusuk.
Selain beberapa pantangan diatas kamu juga harus menghindari beberapa makanan kecil tajam yang bisa menusuk gusi sehingga menyebabkan luka dan infeksi, hal itu akan dapat menunda penyembuhan dan bisa memperparahnya, contoh kacang goreng, keripik, jagung goreng.
  • Kondisi mulut kurang bersih.
Karang gigi terjadi karena sisa makanan yang mengeras, maka sebaiknya kamu setelah melakukan makan segera untik membersihkan gigi dengan menggosok gigi. Setelah itu, berkumur dengan memakai obat kumur yang teruji berkualitas atau pakai air garam hangat 2 kali sehari dalam seminggu setelah perawatan skeling.
  • Merokok.
Merokok selain berbhaya untuk kesehatan juga dapat memengaruhi proses penyembuhan jaringan gusi jadi terganggu bahkan malah dapat membuat iritasi yang menjadikan komplikasi, bahkan lebih parahnya lagi menyebabkan munculnya kanker, pasti kamu tidak mau kan? Maka dari itu sebaiknya dalam seminggu kamu harus menghindari merokok, atau kalau bisa selamanya.

Selain menggunakan perawatan pembersih karang gigi seperti scaling kamu juga membaca cara menghilangkan karang gigi secara alami atau cara menghilangkan karang gigi dengan jeruk nipis guna menambah wawasan kamu tentang menangani masalah karang gigi.

Nah itulah artikel singkat yang menjelaskan beberapa pantangan setelah membersihkan karang gigi yang harus benar-benar kamu hindari ya, semoga mendapatkan hasil yang kamu inginkan dan sehat selalu kawan.!!

Anda Membaca: Pantangan Setelah Membersihkan Karang Gigi

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "Pantangan Setelah Membersihkan Karang Gigi"