Cara Membasmi Tungau

Tungau kasur atau kutu busuk (tumila) merupakan serangga yang ukurannya sangat kecil, sehingga digolongkan sebagai serangga mikroskopis yang tidak dapat dilihat dengan mata biasa. Jika anda pernah merasa gatal, panas, atau kemerahan pada kulit setelah bangun tidur. Mungkin itu disebabkan oleh gigitan tungau yang ada di kasur anda.

Penyebab munculnya tungau

Sebelum membahas cara membasmi tungau scabies, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya serangga yang satu ini.

  1. Jarang ganti sprei dan menjemur kasur.
  2. Menumpuk pakaian kotor diatas tempat tidur.
  3. Tidur dengan badan yang berkeringat.
  4. Kamar tidur yang lembab dan hangat.
  5. Tempat tidur yang kotor dan berdebu.

Cara mengusir tungau di kasur dan tubuh secara tradisional

1. Bersihkan Tungau dengan Menggunakan Vacuum Cleaner

Menjemur kasur tidak selalu bisa anda lakukan setiap saat. Karena terkadang, sinar matahari juga bisa tertutup oleh mendung. Solusi untuk situasi ini, yaitu dengan membersihkan tempat tidur menggunakan vacuum cleaner.

Selain itu, debu juga akan tersedot ke dalam vacuum cleaner. Sehingga membuat kasur anda lebih sehat dan tidak mengganggu saluran pernapasan anda.

2. Menaburkan Gel Silika

Gel silika bisa anda temui di kotak obat atau sepatu, fungsinya untuk menjaga kelembaban dan mencegah tumbuhnya jamur. Sedangkan bentuknya, seperti serbuk kaca yang terbuat dari natrium silikat.

Nah, anda cukup menaburkannya di atas dan sekitar tempat tidur. Nanti, tengau yang terkena gel silika akan mati dengan sendirinya.

3. Air Purifer di Kamar Anda

Air perifer merupakan sebuah alat untuk menjaga kelembaban udara, yang bisa mengurangi virus, polusi, debu, dan bakteri. Untuk menghilangkan tengau, anda cukup mengatur kelembaban udara ke angaka 35%.

4. Obat Pembasmi Serangga

Insektisida atau obat pembasmi serangga, bisa anda dapatkan dengan mudah disekitar anda. Untuk menggunakannya, anda cukup menyemprotkan obat ini ke arah sarang tengau. Kelemahan cara mengusir tungau ini yaitu hanya membunuh tengaunya saja, namun tidak berefek pada telur-telurnya.

5. Meletakkan Kulit Durian di Kamar Anda

Setelah anda memakan durian, anda bisa menggunakan kulitnya untuk mengusir tengau. Caranya, dengan meletakkan kulit durian di bawah dan sudut-sudut tempat tidur anda. Baunya yang sangat menyengat, bisa membuat tengau tidak nyaman dan mati secara perlahan.

6. Jus Bawang Putih dan Merah

Campuran bawang putih dan merah juga tidak disukai oleh tengau. Untuk menggunakannya, anda cukup menghaluskan bawang putih dan merah dengan blender. Lalu, saring dan ambil sarinya.

Selanjutnya, oleskan ini di celah-celah dan sudut-sudut tempat tidur anda. Tunggu beberapa jam, dan lihatlah tungau yang keluar dan berjatuhan.

7. Air Garam

Selain menggunakan obat pembasmi serangga, anda juga bisa menggantinya dengan air garam. Caranya, cukup dengan mencampurkan garam kedalam air dan memindahkannya ke botol semprot. Lalu, semprotkanlah cairan ini kearah sarang tungau dan sekitarnya. Tunggu beberapa jam, dan lihat berapa banyak tungau yang keluar dan mati berjatuhan.

8. Menyemprotkan Minyak Pohon Teh

Jika anda tidak menyukai aroma dari beberapa cara mengusir tungau diatas, anda bisa menggantinya dengan menggunakan minyak pohon teh. Anda cukup memasukkan minyak ini kedalam botol semprot dan menambahkan sedikit air. Lalu, semprotkanlah di sudut dan celah tempat tidur anda. Aroma yang menyengat dari minyak pohon teh memang besahabat dengan hidung kita, tapi tidak untuk tengau.

9. Memasang Perangkap Tengau

Perangkap tengau bisa anda buat dari isolasi, double tape, atau perekat lainnya. Pasanglah perangkap tersebut mengelilingi tempat tidur anda dan perbanyak di bagian sudutnya.

Nanti saat ada tengau yang lewat dan tertempel di perangkap, tengau tersebut tidak akan bisa keluar lagi dan akhirnya mati. Diamkan perangkap ini selama satu minggu dan lihat berapa tungau yang terjebak.

Perlu anda ingat, bahwa cara mengusir tungau ini tidak terlalu effektif secara keseluruhan. Namun, cara ini cukup berhasil untuk mengurangi jumlah tengau yang ada.

Cara mencegah tungau kembali lagi

1. Cuci Perlengkapan Tidur Anda dengan Air Panas

Selain menggunakan deterjen khusus anti bakteri, anda juga harus menggunakan air panas saat mencuci perlengkapan tidur anda. Cuci semua perlengkapan tidur anda, mulai dari selimut, seprei, guling, dan bantal.

Setelah itu, jemur semua perlengkapan tidur anda dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Hal ini dilakukan untuk membunuh tungau yang lolos saat proses pencucian.

Sebelum mengangkat jemuran, pastikan semuanya benar-benar kering. Karena jika tidak, tungau akan lebih senang saat tinggal di tempat yang lembab.

2. Jaga Kebersihan Tempat Tidur

Jangan pernah malas untuk membersihkan tempat tidur anda. Tebahlah tempat tidur anda setiap hari sebelum digunakan. Selain itu, anda juga harus teratur mengganti sprei setiap bulannya.

Sterilkan tempat tidur anda secara alami, dengan cara menjemurnya dibawah terik matahari selama 5 jam. Lakukan penjemuran ini setiap 3 bulan sekali.

3. Menggunakan Bunga Lavender

Selain mengusir, bunga lavender juga bisa mencegah tungan untuk datang ke tempat tidur anda. Untuk menggunakannya, anda cukup mengeringkan bunga lavender ini dan meletakkannya di atas tempat tidur anda. Jika anda ingin bunga lavender lebih tahan lama, anda bisa membukusnya terlebih dahulu dengan kain sebelum meletakkannya di atas tempat tidur anda.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi tungau yang mudah dan bisa anda lakukan dirumah sekarang juga. Silahkan dipraktekkan.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar