Cara Mengusir Dan Membunuh Belatung

Belatung atau maggot merupakan larva lalat yang biasanya mengerumuni bangkai ataupun makanan busuk. Bentuknya mirip dengan ulat, namun ukuran belatung lebih beragam. Ada yang besar menyerupai ulat bulu, tapi ada juga yang kecil menyerupai cacing.

Belatung atau maggot sering kita temui dibawah karpet ataupun tempat sampah. Belatung bisa sampai disana karena ada lalat yang masuk dan bertelur di tempat itu. Sedangkan lalatnya, bisa sampai disana karena ada aroma makanan busuk yang menarik minatnya. Lantas, bagaimana cara mengusir belalang tersebut?

Penyebab Munculnya Belatung

Sebelum membahas mengenai cara mengusir belatung dan mencegahnya untuk datang kembali. Ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab munculnya belatung. Agar hasil yang anda dapatkan nanti bisa lebih maksimal.

1. Telur Lalat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa belatung sebenarnya adalah telur lalat. Jadi sebelum menjadi lalat dewasa, ada fase yang harus dilalui oleh bayi lalat yaitu sebagai belatung. Nah, jika di lingkungan anda terdapat banyak lalat, maka kemungkinan munculnya belatung jadi lebih besar.

2. Tempat yang lembab

Setelah lalat jantan dan betina melakukan perkawinan, maka lalat betina pun akan menyimpan telur di perutnya hingga menetas. Lalu setelah menetas, lalat betina akan membuang bayinya di tempat yang lembab. Tempat lembab dipilih karena disana memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi lalat untuk tumbuh menjadi lalat dewasa.

3. Tempat tertutup

Lalat mempunyai kecepatan terbang yang cukup tinggi, sehingga sangat mudah baginya untuk berpindah tempat. Selain itu, proses pembuangan bayi lalat pun memerlukan waktu yang sangat singkat. Jadi, saat anda menemui belatung di tempat yang tertutup. Hal ini bisa menandakan bahwa lalat sebenarnya pernah hinggap disana dan bertelur dengat sangat cepat.

Cara Mengusir Belatung Dalam Waktu Singkat

Banyak cara mengusir belatung yang bisa dilakukan. Nah berikut beberapa diantaranya:

1. Menggunakan Permethrin

Permethrin merupakan zat kimia sintetis yang sering digunakan untuk membasmi serangga, insektisida, dan juga kutu. Bentuk sediaannya ada yang berupa krim dan juga cair.

Untuk menggunakannya, anda cukup merebus air dan menambahkan permethrin ke dalamnya. Setelah mendidih, barulah anda bisa menuangkannya ke belatung tersebut.

Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan pemutih, pembasmi serangga raid, hairspray, pembersih segala permukaan (Pledge), pembersih serbaguna (fantastic), oli motor, pembersih kaburator, dan pemberih rem.

2. Menyiramnya dengan Air Mendidih

Cara ini lebih efektif digunakan pada belatung yang berkumpul di tempat sampah. Cara melakukannya yaitu dengan mendidihkan air terlebih dahulu. Setelah itu, tuangkan air ke arah kerumunan belatung. Dan terkahir, tutup tempat sampah untuk menjaga suhu air tetap panas.

3. Menaburkan Tanah Diatom

Tanah diatom merupakan jenis tanah sedimen yang bisanya dimanfaatkan untuk membunuh serangga seperti kutu dan belatung. Untuk menggunakannya, anda cukup menaburkan tanah diatom ke arah belatung.

Tanah yang menempel pada belatung ini, akan membuatnya kehilangan banyak cairan. Sehingga belatung pun akan mati dikarenakan banyaknya cairan yang hilang tadi.

Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan garam ataupun limau. Perlu anda ingat, limau yang dimaksud disini bukan jeruk limau. Tapi limau yang mengandung banyak kalsium.

4. Menggunakan Cuka

Belatung sangat tidak menyukai sesuatu yang sifatnya asam. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan cuka untuk mengusir belatung yang sedang berkumpul. Caranya cukup dengan menuangkan cuka ke arah belatung secara bekala.

5. Menggunakan Bir

Jika belatung yang anda temui ini jumlahnya sedikit dan tidak berkumpul, anda bisa menggunakan bir untuk menarik perhatiannya. Dengan meletakkan bir di sebuah wadah, belatung pun perlahan-lahan akan mendekati dan tercebur kedalam bir yang sudah anda siapkan.

6. Menyimpan Belatung di Lemari Pendingin

Cara ini bisa dilakukan jika jumlah belatung hanya sedikit. Anda bisa mengumpulkan belatung dengan alat bantu seperti sendok ke dalam plastik klip. Setelah dirapatkan tutup/klipnya, taruh plastik ke dalam lemari pendingin. Dan biarkan hingga belatung mati.

Cara Mencegah Belatung Datang Kembali

Setelah belatung berhasil anda singkirkan dengan cara di atas. Ada lagi beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mencegah belatung datang kembali. Nah, berikut beberapa diantaranya:

1. Mengatur tempat sampah

Salah satu tempat favorit lalat membuang bayinya adalah di tempat sampah. Terutama pada media ikan dan daging yang sudah busuk. Untuk mencegah lalat membuang bayinya disana, anda bisa membungkus ikan dan daging yang sudah busuk sebelum menaruhnya di tempat sampah.

2. Perangkap lalat

Jika lalat di rumah anda tak kunjung hilang. Anda bisa menggunakan perangkap lalat yang diletakkan pada tempat berkerumunnya lalat, seperti tempat sampah dan cuci piring.

3. Siram pemutih di saluran pembuangan

Selain tempat sampah, saluran pembuangan juga jadi tempat favorit lalat berkembang biak. Untuk mencegahnya, anda bisa menuangkan pemutih ke dalam saluran pembuangan secara berkala. Tujuannya, untuk membunuh bakteri yang bisa menjadi nutrisi bagi bayi lalat.

Nah, itulah beberapa cara mengusir belatung dan tips ampuh untuk mencegahnya datang kembali, selamat mencoba.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar