Cara Mengusir Kalajengking

Meski kalajengking sering dijadikan sebagai binatang peliharaan, namun sebagian besar orang merasa takut sekaligus jijik dengan binatang satu ini. Sebab, ketika kalajengking merasa terancam, dia akan melindungi dirinya dengan menggunakan capit yang berbisa. Dan jika ini sampai mengenai anda, maka akan muncul efek yang sangat tidak nyaman, seperti nyeri atau ngilu yang menyiksa. Oleh karena itu, wajar bila banyak orang melakukan berbagai cara untuk bisa mengusir kalanjengking dari dalam rumahnya.

Nah, untuk membantu anda mengatasi permasalahan tersebut. Pada kesempatan ini akan kami bagikan beberapa cara mengusir kalajengking dari rumah anda. Namun sebelum itu, akan kita bahas dulu mengenai penyebab kenapa kalajengking bisa masuk ke dalam rumah. Berikut penjelasannya.

Penyebab Munculnya Kalajengking di Rumah

1. Barang Bekas di Luar Rumah

Barang bekas yang ada di gudang atau luar rumah, biasanya menjadi tempat favorit kalajengking. Terkadang, serangga ini akan berdiam diri dibawah barang bekas tersebut. Bahkan ada juga yang sampai masuk kedalamnya, sehingga anda tidak menyadari keberadaan kalajengking saat membawa barang bekas tersebut ke dalam rumah.

2. Mulsa atau Penutup Tanaman

Jika anda suka berkebun, sebaiknya anda berhati-hati saat menggunakan mulsa untuk menjaga kelembapan tanaman. Karena tempat yang lembab juga menjadi tempat favorit kalajengking. Jadi, pastikan jarak kebun dan rumah anda tidak terlalu dekat, agar kalajengking tidak masuk ke rumah anda.

3. Rumah yang Kotor

Pada dasarnya, kalajengking menyukai tempat yang kotor dan lembab. Nah, jika anda tidak pernah membersihkan rumah secara menyeluruh. Tentu hal ini dapat mengundang kalajengking untuk datang ke rumah anda.

Cara Mengusir Kalajengking dari Rumah

Sebenarnya tak sulit mengusir kalajengking dari rumah anda. Nah, berikut kami bagikan beberapa caranya.

1. Tanaman Lavender

Selain mudah tumbuh dan aromanya yang menyegarkan, ternyata lavender juga bisa digunakan untuk mengusir kalajengking. Selain itu, anda juga bisa mencampur minyak dengan aroma lavender ke dalam pewangi rumah.

Sebagai alternatif lain, anda juga bisa menggunakan tanaman sitrun/jeruk-jerukan yang ditanam di sekitar pintu masuk. Agar kalajengking tidak berani untuk masuk ke rumah anda karena aromanya.

2. Cuka

Anda tidak perlu panik saat melihat kalajengking sudah berada di dalam rumah anda. Segera pergi ke dapur untuk menyiramkan cuka ke tubuh kalajengking. Hal ini dapat merusak dan mengganggu sensor tubunya, sehingga membuat kalajengking bingung dan menyengat dirinya sendiri.

Sebagai alternatif lain, anda juga bisa menaburkan “tanah diatom” di sekitar pintu atau jendela rumah anda. Sifat dari tanah ini bisa merusak cangkang kalajengking hingga membuatnya mati secara perlahan-lahan. Anda tidak perlu khawatir jika anak anda memegang tanah ini, karena tidak berbahaya bagi manusia.

3. Gelombang Pemancar

Pada umumnya, suara ultrasonik atau alat pemancar gelombang bisa membuat hewan pergi untuk menjauhinya. Tak terkecuali kalajengking. Karena serangga ini juga akan menjauhi sumber suara ultrasonik yang didekatkan kepada mereka.

4. Cairan Keras

Salah satu tempat favorit kalajengking yaitu di saluran pembuangan rumah anda. Untuk membersihkannya, anda tidak bisa hanya mengandalkan air biasa. Anda bisa menggunakan cairan keras seperti HCL yang mudah didapatkan di toko, untuk membersihkan saluran pembuangan ini.

Perlu anda ingat, bahwa cairan keras seperti HCL ini harus digunakan secara berkala untuk membersihkan saluran pembuangan di rumah anda. Jangan lupa juga untuk melihatnya dari sisi yang lain, agar anda mengetahui berapa banyak hewan yang bersarang di saluran pembuangan rumah anda.

Cara Mencegah Kalajengking Datang Kembali

Setelah anda berhasil mengusir kalajengking dari rumah anda, bukan berarti semuanya sudah selesai. Karena, masih ada kemungkinan serangga ini kembali ke rumah anda. Oleh karena itu, sebaiknya anda simak tips mencegah kalajengking datang kembali, berikut ini.

1. Menutup Retakan atau Celah yang ada di Rumah Anda

Meminimalisir jalan masuk kalajengking bisa anda tempuh dengan mendepul celah-celah yang ada di pipa, sekitar ventilasi, jalur leding, dan lainnya. Pastikan semua celah yang bisa menjadi akses kalajengking masuk, sudah anda dempul untuk menutupnya.

Bahkan yang ada di area atas atau langit-langit. Perlu anda ketahui, bahwa kalajengking juga bisa memanjat. Jadi jangan sampai melewatkan bagian atas atau langit-langit.

2. Memelihara Hewan yang bisa Membasmi Kalajengking

Hewan peliharaan yang bisa anda pilih misalnya anjing atau kucing. Karena sifat alami hewan ini akan membuatnya memburu serangga termasuk kalajengking. Namun perlu anda ingat, bahwa tidak semua jenis anjing atau kucing bisa melakukan tugas ini. Pastikan jenis anjing atau kucing yang anda pelihara memiliki sifat predator dan gesit.

Nah, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan terkait cara mengusir kalajengking dan mencegahnya kembali ke rumah anda. Semoga bermanfaat.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar