Cara Mengusir Kelabang Masuk Rumah

Kelabang atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan lipan merupakan hewan artropoda yang mempunyai kaki beruas-ruas. Dan bahayanya, binatang bernama kelabang ini adalah hewan yang berbisa dan dapat menggigit manusia.

Walaupun memang bisa yang dimiliki kelabang tidak mematikan, tapi tetap saja hewan yang satu ini tergolong menyeramkan, menjijikan sehingga tidak disukai oleh banyak orang.

Nah, apakah disekitar rumah anda terdapat banyak kelabang? Bingung bagaimana cara mengusir dan mencegah kelabang tersebut supaya tidak datang kembali? Jangan khawatir, kami akan membagikan solusinya untuk Anda.

Penyebab Kelabang Masuk ke Rumah

Pada dasarnya kelabang adalah salah satu jenis hewan yang sangat menyukai tempat yang mempunyai kondisi lembab, karena spesies yang satu ini umumnya memang tidak memiliki lilin kultikula seperti hewan arachnida.

Oleh karena itu kelabang lebih mudah kehilangan air, dan itulah sebabnya dia cenderung suka berkeliaran di tempat-tempat yang lembab seperti di tanah dan kamar mandi.

Apabila kelabang menemui tempat yang terlalu kering atau basah, maka dia akan mencari tempat berlindung yang memiliki kelembaban dengan kondisi lebih baik, misalnya seperti di kamar mandi, di dekat sapu, di bawah batu, dan lain sebagainya.

Cara Mengusir Kelabang Dari Dalam Rumah Dengan Cepat

1. Menaburkan Garam

Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk mengusir kelabang adalah dengan menaburkan garam. Caranya mudah, anda hanya perlu menaburkan garam tersebut pada tubuh kelabang atau ditempat-tempat yang biasa disinggahi oleh kelabang. Dijamin kelabang tersebut pasti akan segera kabur dari rumah anda.

2. Pasang Perangkap Serangga

Yup, dijaman sekarang sudah banyak sekali perangkap serangga yang terbukti ampuh untuk membasmi berbagai serangga dalam jenis apapun. Salah satu perangkap serangga yang cukup populer adalah berupa kertas yang sudah dilapisi dengan lem pekat. Nah, anda bisa memasang perangkap tersebut untuk mengusir kelabang pergi dari rumah anda.

Caranya mudah, anda hanya perlu menjebak kelabang dengan cara meletakkan perangkap di depan pintu masuk yang biasa disinggahi oleh kelabang. Contohnya seperti di depan pintu kamar mandi. Nah, letakkanlah di sana. Oh, ya, jika kelabangnya berukuran besar, bisa saja kelabang tersebut mampu meloloskan diri dari perangkap apabila lemnya tidak terlalu keluar. Maka dari itu sebaiknya anda membeli dan menggunakan perangkap yang memiliki lem super kuat.

3. Daun Pandan

Aroma daun pandan memang begitu menggoda, terlebih lagi jika digunakan untuk memasak ketan, santan dan lain sebagainya. Sst… tahukah anda, bagi kelabang, aroma daun pandan ini, termasuk aroma yang sangat dia benci, loh.

Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan kelemahannya tersebut. Irislah daun pandan supaya aromanya semakin menyeruak keluar. Kemudian letakkan irisan daun pandan tersebut pada sudut-sudut ruangan atau tempat yang biasa dilewati oleh kelabang. Dijamin, saat kelabang mencium aroma pandan itu, dia akan langsung minggat dan tidak mau lagi datang ke rumah anda.

4. Kapur barus

Seperti yang kita tahu, biasanya kapur barus dipakai untuk mencegah aroma tak sedap dalam suatu ruangan dan juga sering digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Ternyata, khasiat dari kapur barus tidak hanya untuk dua hal di atas loh. Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa kapur barus juga terbukti ampuh untuk mengenyahkan kelabang.

Caranya mudah, anda hanya cukup meletakkan kapur barus di tempat yang rawan dijadikan tempat tinggal kelabang. Dan jika anda mau, anda juga bisa meletakkan kapur barus pada tempat yang lembab seperti kamar mandi, dan tempat lembab lainnya yang ada di dalam atau sekitar rumah anda.

5. Serbuk Cabe

Tips berikutnya adalah, dengan menggunakan serbuk cabe atau merica bubuk. Cabe yang bisa anda pakai adalah cabe yang biasa anda beli dari minimarket atau supermarket terdekat.

Taburkan cabe tepat pada bagian tubuh kelabang, maka kelabang tersebut akan merasa kepanasan dan langsung pergi. Anda juga bisa menaburkannya pada tempat-tempat yang biasa didiami oleh kelabang, atau jika berhasil menemukan sarangnya, anda juga bisa menaburkannya di sana.

6. Cuka Garam dan Soda Api

Nah, jika anda ingin membasmi kelabang tapi malas membunuh hewan berkaki banyak tersebut, tenang saja, anda bisa memanfaatkan soda api serta cuka garam untuk mengusirnya.

Silahkan masukkan sekitar 5 sendok makan cuka dan 1 sendok makan soda api. Kemudian masukkanlah larutan yang sudah anda buat tersebut pada air yang bersih. Nah, gunakanlah untuk mengepel lantai di rumah.

Anda bisa memakai tips ini satu minggu sekali. Aroma dari semua bahan di atas yang telah anda campurkan, akan membuat kelabang malas untuk singgah ke rumah anda.

Oh, ya, sebagai catatan, jangan lupa untuk selalu memakai sarung tangan dan juga sandal, karena umumnya soda api yang masih dalam keadaan basah, sensitif dan berbahaya bila terkena kulit manusia.

Cara Mencegah Kelabang Datang Kembali

1. Menggunakan Perangkap Serangga Elektrik

Tahukah anda, bahwa makanan favorit kelabang ketika dia menjadi bagian penghuni di dalam rumah anda, adalah serangga. Serangga yang kami maksud adalah seperti semut, lalat, nyamuk dan lain sebagainya.

Nah, dengan demikian supaya rumah anda tidak menjadi tempat favorit populasi kelabang, maka cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan membasmi serangga yang merupakan makanan utama si kelabang. Anda bisa memasang alat perangkap serangga elektrik, untuk membasmi serangga di rumah anda dengan cepat.

2. Jaga Bagian Rumah Anda Supaya Tetap Kering

Kelabang menyukai tempat-tempat yang lembab, berarti jika rumah anda selalu dalam keadaan bersih dan kering maka kelabang pun pasti tidak mau datang ke rumah anda.

So, jagalah selalu kebersihan rumah anda, dan usahakan semua bagian ruangan tetap memiliki kondisi yang kering. Saran tambahan dari kami, tutuplah saluran pembuangan serta lubang-lubang lain supaya tidak ada lagi celah yang bisa membuat kelabang masuk ke dalam rumah.
Itulah pembahasan lengkap mengenai cara mengusir dan mencegah kelabang. Selamat mencoba tips dari kami.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar