Cara Mengusir Kelelawar Dari Rumah

Kelelawar merupakan jenis mamalia yang sering muncul di malam hari. Hewan ini umumnya bisa ditemukan suka bergelantungan di langit-langit gua. Namun, di jaman sekarang kelelawar sudah lazim ditemukan diperkotaan. Bahkan, hewan yang juga memiliki nama lain kalong ini bisa masuk ke rumah anda serta mengotori rumah.

Penyebab munculnya kelelawar

Kelelawar merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Kemudian untuk mencari makan dilakukan hanya pada malam hari. Untuk bersarang, kelelawar mencari tempat-tempat yang terlindungi dari cahaya matahari. Contohnya seperti gua, bangunan-bangunan tua, lubang-lubang pohon, gulungan daun pisang dan bahkan loteng rumah. Karena loteng rumah kita termasuk salah satu tempat yang tak pernah disinari matahari, karena itu kelelawar betah tinggal disana.

Cara mengusir kelelawar

Nah, jika rumah anda termasuk salah satu tempat favorit kelelawar, maka sebaiknya simak tips mengusir kelelawar berikut ini.

1. Nyalakan lampu di loteng dan bagian luar rumah

Seperti yang kami singgung diatas, kelelawar memang lebih suka berada di tempat yang gelap. Bila saat mengusir laron anda harus mematikan lampu, maka kebalikannya saat anda hendak mengusir kelelawar dari rumah, idealnya harus memasang dan menyalakan lampu yang sangat terang di luar rumah atau loteng yang menjadi tempat bersarang kelelawar tersebut. Cahaya dari lampu tersebut akan membuat kelelawar merasa tidak nyaman.

2. Pasang jaring-jaring di atas loteng

Jebakan yang cukup baik untuk menangkap dan mengusir kelelawar adalah dengan memasang jaring-jaring di langit-langit rumah atau loteng. Jaring yang dipasang berfungsi untuk menjerat kelelawar yang berterbangan. Meskipun hal ini tidak menjamin semua kelelawar yang masuk ke rumah bisa tertangkap, tetapi tak ada salahnya bila anda ingin mencobanya. Toh tak sulit untuk membuat jebakan ini.

3. Gunakan aplikasi suara ultrasonik

Gunakan aplikasi suara ultrasonik. Perlu anda ketahui, kelelawar adalah hewan yang menggunakan gelombang ultrasonik sebagai pengganti matanya saat berada ditempat gelap. Untuk itu, anda dapat mengecoh navigasi hewan ini dengan mengunduh aplikasi yang memancarkan suara ultrasonik. Perlu anda ketahui bahwa manusia tidak mampu mendengar gelombang ultrasonik. Jadi, cara ini tidak akan mengganggu anda maupun tetangga.

4. Nyalakan aplikasi tersebut setelah anda sukses mengunduhnya serta menginstalnya

Lalu letakkan smartphone anda di tempat yang biasa disinggahi kelelawar. Suara ultrasonik yang dihasilkan oleh aplikasi yang anda instal tadi bisa membuat hewan tersebut tidak nyaman dan meninggalkan rumah anda.

5. Gunakan aroma belerang

Tahukah anda jika ada beberapa jenis bau yang tidak disukai kelelawar? Aroma belerang merupakan salah satu jenis aroma yang sangat tidak disukai kelelawar. Jadi, anda dapat manfaatkan belerang ini guna mengusir kelelawar dari rumah. Caranya dengan membakar belerang lalu pastikan asapnya terbang hingga ke atap rumah, tempat di mana kelelawar bersarang.

Cara yang satu ini merupakan cara yang cukup ampuh karena aroma belerang yang sangat menyengat merupakan kelemahan dari kelelawar. Selain itu, harga belerang yang cukup terjangkau membuat anda tak perlu merogoh kocek terlalu besar dalam upaya mengusir hewan ini.

6. Pelihara katak di rumah

Jika di rumah anda terdapat katak-katak liar, tangkaplah katak-katak liar tersebut untuk dipelihara. Pasalnya, suara katak membuat kelelawar merasa terganggu. Bila perlu bisa meletakkan katak ini dalam suatu wadah tertutup, tapi jangan lupa untuk memberi celah keluar masuknya udara. Kemudian, anda bisa meletakkan wadah berisi katak ini di atap atau di tempat dekat kelelawar berkeliaran di rumah anda. Apabila katak yang anda tangkap tersebut aktif mengeluarkan suara, maka bisa dipastikan kelelawar tidak akan kembali lagi ke rumah anda.

7. Letakkan terasi di dekat sarang kelelawar

Salah satu bumbu dapur yang terkenal memiliki aromanya yang sangat menyengat adalah terasi. Bahkan terkadang ada beberapa orang yang juga tidak menyukai aroma terasi. Begitu pun dengan kelelawar. Mamalia yang satu ini dijamin akan langsung kabur ketika mencium aroma terasi. Cara mengusir kelelawar dengan terasi sangatlah mudah. Anda cukup meletakkan terasi di atap atau tempat lain yang biasa disinggahi kelelawar. Bila perlu anda bisa mengoleskan terasi di tempat kelelawar biasanya menggantung. Selain lebih hemat, cara ini juga praktis dan sangat mudah, bukan?

8. Semprotkan insektisida

Insektisida atau obat pembasmi serangga juga terkenal dengan aromanya yang sangat kuat. Manusia akan menjadi pusing bila mencium bau insektisida terlalu lama. Akan tetapi, insektisida ini bisa anda memanfaatkan sebagai produk untuk mengusir kelelawar.

Semprotkan insektisida ke tempat-tempat di mana kelelawar biasa bertengger. Selain dengan cara tersebut, anda juga dapat mengintai kelelawar dari jauh kemudian menyemprotkan insektisida langsung ke tubuhnya. Cara ini cukup efektif untuk membuat kelelawar meninggalkan rumah anda tanpa membunuhnya.

9. Usir dengan benda yang panjang

Cara yang satu ini merupakan cara yang banyak dipakai oleh sebagian masyarakat di indonesia. Anda hanya perlu menyiapkan benda tajam, seperti sapu atau linggis, untuk mengusir kelelawar. Namun, anda harus menunggu ketika kelelawar tersebut bertengger di rumah anda untuk melakukannya. Angkat benda yang anda bawa, lalu gapailah kelelawar tersebut untuk mengusirnya pergi. Lakukan cara ini berulang kali setiap kelelawar datang ke tempat anda.

Cara mencegah kelelawar kembali lagi

1. Pangkas ranting pohon yang berada di dekat rumah

Seperti yang kita ketahui kelelawar adalah hewan pemakan buah. Rumah anda sangat rawan disinggahi hewan ini apabila anda memiliki pohon dengan buah yang ranum di pekarangan rumah anda. Untuk mencegah kelelawar yang singgah di pohon tersebut dan masuk ke dalam rumah, anda bisa memangkas ranting pohon yang berada di dekat rumah anda. Jika anda mengetahui kelelawar ini sering memakan buah-buahan anda, pertimbangkan untuk memotong pohon tersebut

2. Tutup jalan masuk kelelawar

Cara yang satu ini sedikit ribet jika kelelawar bertengger di atap rumah anda. Karena artinya, anda harus menutup lubang yang biasa digunakan sebagai jalan masuk kelelawar. Dengan begitu hewan ini tidak akan singgah lagi di atap rumah anda. Lakukan penutupan lubang ini pada saat kelelawar tidak sedang berada dalam. Jika kelelawar ada di bawah atap, usir dengan membakar belerang atau mendekatkan suara ultrasonik ke dekat kelelawar.

3. Melindungi buah dengan kelongsong

Salah satu makanan kelelawar adalah buah-buahan. Jika di rumah anda ada pohon yang sedang berbuah, bisa saja hal itu mengundang kelelawar untuk mampir dan tinggal di rumah anda. Untuk mencegah hal tersebut, anda bisa membungkus buah-buahan yang ada di pekarangan atau kebun anda dengan kelongsong.

Anda bisa menggunakan kelongsong yang terbuat dari bambu, kertas, kantong semen, kain bekas dan lain sebagainya. Untuk ukurannya, anda bisa mengira-ngira dari ukuran buah yang akan anda bungkus tersebut.

Bagaimana, tak terlalu sulit bukan, cara mengusir kelelawar serta cara mencegahnya datang kembali ke rumah anda. Selamat mencoba.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar