Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi

Semut adalah jenis serangga yang keberadaanya sering mengganggu kehidupan kita, semut memiliki beberapa jenis yaitu merah api, pudak, gramang, hitam, rangrang bahkan dari beberapa jenis meraka ada yang memiliki sayap sehingga bisa terbang. Umumnya semut memiliki kegemaran mengerubung makanan manis yang mengandung gula, bersarang pada tempat yang sulit dijangkau seperti di dalam lemari pakaian, mobil, kandang ternak burung, dan sebagainya, tentu saja hal tersebut kerap kali membuat kita jengkel.

Tak heran, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mengusirnya dari dalam rumah, mulai dengan menggunakan kapur semut, racun semut, membuat jebakan semut, dan lain sebagainya.

Penyebab Munculnya Semut

Jika di rumah anda mendadak menjadi markas tempat berkumpulnya semut-semut, maka idealnya anda mencari tahu apa yang menjadi alasannya. Bisa saja beberapa penyebab munculnya banyak semut tersebut karena beberapa hal ini.

1. Rumah Kurang Bersih

Ketika sedang sibuk melakukan pekerjaan yang tak ada habisnya, terkadang pekerjaan seperti bersih-bersih rumah sering kita kesampingkan. Sampah bungkus makanan yang tergeletak begitu saja tanpa dibuang ke tempat sampah dan ceceran sisa makanan yang belum dibersihkan dapat memancing semut untuk mengerubunginya.

2. Sampah Yang Menumpuk

Sampah yang terkumpul berhari-hari di tempat sampah dan menggunung, belum sempat dikeluarkan dari dalam rumah untuk diangkut petugas kebersihan ke tempat pembuangan akhir. Sampah yang menggunung seperti ini yang pada akhirnya dapat memancing semut untuk datang mencari sisa-sisa makanan.

3. Cuaca Terlalu Panas

Biasanya semut ingin mencari tempat yang sedikit lebih sejuk saat cuaca di luar terlalu panas, bagian dalam rumah anda yang lumayan terlindung dari cuaca panas akan menjadi tempat terbaik bagi semut untuk berlindung.

4. Lantai Rumah Yang Berlubang

Lantai rumah yang mulai berlubang entah karena disebabkan pengaruh cuaca panas dingin atau karena usianya yang sudah tua. Semut akan menjadikan lantai yang mulai retak ini sebagai tempat bersarang yang nyaman. Nah, untuk itu, jika ada lantai rumah yang retak, lakukan perbaikan segara, supaya tidak dijadikan tempat semut.

5. Kayu Yang Berusia Tua

Kayu-kayu baik jendela, pintu pada rumah yang sudah berusia tua sering kali mulai keropos. Kayu-kayu yang keropos tersebut juga sering kali digunakan semut membangun rumahnya.

Cara Alami Mengusir Semut Menurut Islam

Untuk mengusir semut-semut di rumah anda banyak cara yang bisa dilakukan. Bahkan di pasaran sudah banyak dijual obat yang bisa digunakan mengusir serangga ini. Namun bila anda ingin menggunakan cara alami, anda bisa mencoba beberapa bahan-bahan alami dibawah ini.

1. Cuka

Metode yang efektif menyingkirkan semut adalah dengan menyemprotkan cuka pada tempat-tempat yang sering dilewati oleh semut. Bau yang kuat dari cuka akan membuat semut menghindarinya.

2. Mentimun

Mentimun ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan dan kecantikan, mentimun juga ampuh untuk mengusir semut. Caranya mudah, cukup meletakkan irisan mentimun di sekitar sarang semut atau dapat anda blender, kemudian letakkan di jalur semut. Dijamin semut-semut pasti akan pergi karena ternyata semut tidak menyukai bau mentimun.

3. Mint

Kantong teh mint bekas dinilai efektif untuk mengusir semut. Cukup letakkan kantong teh mint di mana banyak terdapat semut. Atau anda dapat menggunakan daun mint yang dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk untuk kemudian ditaburkan di tempat yang banyak semut.

4. Baking Soda

Taburkan baking soda ke tempat-tempat yang menjadi akses bagi semut untuk dapat masuk ke dalam rumah. Selain itu, anda juga dapat mencampur baking soda dengan gula bubuk, gula akan membuat semut terkecoh untuk mengonsumsi campuran tersebut, ragi yang terkandung dalam baking soda dapat membunuh semut setelah memakan campuran tersebut.

5 Parfum

Celupkan bola kapas dalam parfum yang memiliki bau kuat, kemudian letakkan bola kapas tersebut di daerah yang ingin terbebas dari semut misalnya dekat penyimpanan gula atau makanan. Semut tidak menyukai bau parfum sehingga akan cenderung menghindarinya. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan menyemprotkan parfum langsung ke sarang atau kerumunan semut untuk mengusirnya.

6. Bawang Putih

Bawang putih memang jadi bumbu dapur yang umum ada di dapur rumah anda. Jadi anda tak perlu repot-repot untuk mengusir semur, segera mengupas dan iris bawang putih secukupnya. Kemudian letakkanlah irisan bawang putih tersebut pada pojok ruangan di mana Anda sering melihat semut berkeliaran. Atau Anda dapat juga meletakkan potongan bawang putih di dekat stoples gula yang ada di dapur agar terhindar dari semut.

7. Bubuk Cabai Rawit

Selain menjadi bumbu dapur yang menyehatkan bagi tubuh, anda bisa menggunakan cabai sebagai bubuk pengusir semut yang cukup ampuh. Cabai memang dikenal sebagai rempah pedas yang cukup manjur untuk mengusir semut-semut yang berkeliaran di rumah anda. Jika anda ingin mengusir semut agar tidak sampai mengusik gula di dapur, Maka cukup letakkan saja bubuk cabai rawit di dekat wadah gula tersebut. Sehingga keberadaan semut-semut tersebut tidak akan berani mendekati gula, maupun makanan manis yang telah dihidangkan.

8. Lada

Anda bisa meracik semprotan alami jika semut-semut sudah menyebar di sekitar ruangan rumah. Caranya dengan menggunakan lada sebagai bahan dasarnya. Cukup anda campurkan lada yang sudah dihaluskan dengan air panas secukupnya. Masukkan campuran tersebut ke dalam satu wadah lalu semprotkan pada ruangan rumah, meja makan, maupun dapur yang sering dihuni semut.

9. Kayu Manis

Bau khas yang ditimbulkan oleh kayu manis ditakuti oleh semut. Sehingga mereka tidak segan-segan menjauh bila terdapat bau yang terdapat dari kayu ini. Cara menggunakannya adalah masukkan sebatang kayu manis ke dalam wadah gula untuk mengusir semut agar tidak mendekati gula. Jika anda berniat untuk memberantas semut di ruangan tertentu, maka anda bisa taburkan serbuk kayu manis di sekeliling ruangan tersebut. Dengan begitu, semut-semut akan menjauh dari meja makan atau ruangan rumah anda.

10. Larutan lemon

Selain cuka, Anda dapat menggunakan bahan lain untuk dijadikan cairan insektisida alami, yaitu menggunakan lemon. Lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai semut. Campurkan air dengan perasan lemon dengan perbandingan 1 buah lemon dan 3 bagian air, semprotkan langsung pada kerumunan semut atau bagian-bagian rumah yang rentan dikerubungi semut. Larutan lemon ini dapat dijadikan alternatif jika Anda tak menyukai bau cuka.

11. Bedak bayi

Semut tidak menyukai dengan aroma wangi yang ditimbulkan oleh bedak bayi, mereka pasti akan menjauh jika mencium aromanya. Selain itu semut tidak suka dengan tepung yang kering. Maka dari itu anda cukup menaburkan bedak bayi ini ke daerah yang sering dilalui oleh semut.

Cara Mencegah Semut Datang Lagi

Selalu jaga kebersihan rumah anda, bersihkan lantai secara rutin agar sisa makanan tidak ada yang berceceran. Buang sampah secara teratur, jangan biarkan sampah menumpuk di dalam rumah. Selalu tutup rapat tempat gula anda. Bersihkan lelehan di sisi kaleng madu atau sirup dan pastikan juga anda sudah menutupnya dengan ketat sehabis menggunakannya. Berikan penghalang agar semut tidak masuk ke rumah anda.

Jadi bagaimana? Setelah membaca tulisan di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan salah satu dari daftar sebagai pengusir semut? Atau Anda memiliki alternatif lain yang lebih aman? Jika ada, mohon tambahkan cara tersebut di kolom komentar ya! Agar menjadu bermanfaat bagi saudara kita yang lain.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar