Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Kecantikan, Wajah, Bibir, dan Rambut

Siapa sih yang tak kenal dengan madu? Sari alami yang dihasilkan oleh lebah ini dikenal sejak dari dulu memiliki berbagai manfaat dalam berbagai hal, terutama adalah untuk kesehatan, wajah, kecantikan, bibir, dan rambut.

Banyak sekali produsen produk kecantikan memanfaatkan madu sebagai bahan utama dalam pembuatnya, tak hanya itu saja loh! Madu juga banyak digunakan sebagai campuran beberapa merek minuman penambah stamina. Maka tak heran jikalau madu sangat ampuh digunakan dalam berbagai hal.

Dalam segi bentuk, madu merupakan cairan yang hampir menyerupai sirup namun madu memiliki tekstur yang lebih kental dan rasanya yang lebih menyegarkan sekaligus melegakan, pasalnya madu dihasilkan oleh lebah dari nektar yang diperoleh dari sari bunga dan rasa manis pada madu di karenakan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang merupakan perasa manis alami.

Madu merupakan campuran dari gula dan unsur senyawa lainnya, yang masih sehubungan dengan karbohidrat, terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%). Kandungan karbohidrat pada madu yang tersisa yaitu maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Sama seperti semua pemanis bergizi pada umumnya, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit vitamin atau mineral, selain itu madu juga mengandung beberapa senyawa yang dianggap berfungsi sebagai antioksidan, diantaranya: chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

Setelah mengetahui penjelasan diatas, pastinya akan memberikan gambaran ataupun kesimpulan bahwa manfaat madu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat madu untuk kesehatan

Sudah tidak diragukan lagi, peran madu bagi kesehatan sangat diperlukan guna menjaga tubuh bagian dalam atau luar manusia agar terhindar dari penyakit atau masalah lainnya, berikut ulasannya:

1. Sumber nutrisi yang lengkap

Seperti halnya penjelasan diatas, kandungan yang terdapat dalam madu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi madu setiap hari, anda telah memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Karena madu kaya akan kandungan nutrisi, cukup dengan mengkonsumsi madu setiap hari, tanpa disadari metabolisme dalam tubuh Anda akan meningkat.

3. Meningkatkan stamina

Apabila nutrisi dalam tubuh tercukupi akan membuat metabolisme tubuh meningkat, sehingga akan berdampak pula pada meningkatnya stamina. Tak sedikit minuman penambah stamina menggunakan campur madu.

4. Memusnahkan bakteri dalam tubuh

Pada sebuah penelitian atau studi klinis, madu memliki peran dalam membasmi bamter jahat yang ingin menyerang dan menurunkan kekebalan tubuh sehingga tubuh akan mudah sakit seperti E coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa.

5. Mengurangi batuk

Kandungan senyawa dekstrometorfan dama, yang terdapat didalam madu ternyata dapat mengurangi sekaligus menenangkan batuk berdahak sehingga Anda tidak mengganggu aktivitas Anda. Jika Anda mengalami batuk-batuk, cukup meminum madu ditambah dengan sedikit air hangat maka batuk Anda akan berkurang danakhirnya hilang.

6. Meningkatkan daya ingat

Karena alasan inilah madu dianjurkan untuk digunakan oleh bayi atau anak yang sendang masa pertumbuhan, hal ini akan meningkatkan daya kerja & ingat pada otak. Tak hanya bagus bagi anak-anak, madu cocok untuk orang dewasa yang mengalami gangguan short term memory. Untuk mendapatkan manfaat madu Anda cukup meminum 20g madu dalam setiap hari (boleh ditambahkan sedikit air hangat).

7. Mencegah kanker

Manfaat yang menakjubkan lainnya ialah kandungan Antioksidan yang terdapat pada madu dapat mencegah dan mengurangi risiko terkana penyakit kanker di kemudian hari. Untuk mendapatkan manfaat madu Anda cukup meminum 20g madu dalam setiap hari (boleh ditambahkan sedikit air hangat).

8. Mengurangi risiko terkena serangan jantung

Selain dapat mencegah kanker, manfaat istimewa madu lainnya adalah dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, pasalnya kandungan antioksidan pada madu sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

9. Mencegah dan mengobati diabetes

Madu terbuat dari kombinasi fruktosa dan glukosa, sehingga rasa manis pada madu berbeda dengan gula ataupun pemanis buatan lainnya. Justru tersebut dapat membantu tubuh mengatur kadar gula dalam darah.

10. Mengobati luka luar

Pada suatu penelitian menyatakan bahwa madu telah terbukti sangat efektif digunakan untuk mengobati luka. Cukup dengan mengoleskan madu murni yang belum diproses, luka akan sembuh dengan cepat dan lebih steril sehingga luka akan hilang lebih optimal.

11. Membantu mengobati dan menghilangkan alergi

Tak hanya bisa mengobati batuk & luka, madu dapat dimanfaatkan untuk mengobati ataupun menghilangkan. Pasalnya serbuk sari bunga dan paparan alergen yang merupakan bahan utama pembuatan madu dapat memerangi reaksi alergi.

12. Menurunkan kolesterol

Kandungan niasin yang terdapat didalam madu cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat Madu untuk ibu hamil

Kaya akan kandunga penting seperti vitamin K, B1, B2, B6, Riboflavin, Thiamin, Koagulasi, Piridoksin, menjadikan ibu hamil sangat disarankan untuk dikonsumsi madu agar tidak terjadi hal-hal yang buruk pada janin, berikut manfaat luar biasa dari madu untuk janin dan ibu hamil yang jarang diketahui, antara lain:

  1. Menambah tenaga.
  2. Memperkuat daya tahan tubuh selama kehamilan.
  3. Meningkatkan nafsu makan, memudahkan bab.
  4. Membantu janin tumbuh dan berkembang dengan sehat.
  5. Menguatkan janin.
  6. Mengurangi rasa mual.
  7. Mengurangi insomnia pada ibu hamil.
  8. Meningkatkan hemoglobin ibu hamil.
  9. Mengatasi morning sickness
  10. dan mencegah ibu hamil terserang berbagai penyakit.

Manfaat madu untuk wajah dan kecantikan

Madu kaya akan vitamin C, B2, Asam askrobat, anti-oksidan, Anti-bakteri, Fosfor, Zat besi, Riboflavin, maka tak heran jikalau madu juga sangat efektif digunakan merawat kecantikan wajah dan tubuh secara alami, berikut diantaranya:

  1. Pelembap alami wajah yang kering
  2. Mengangkat sel kulit mati
  3. Menghilangkan komedo
  4. Menyamarkan noda bekas jerawat
  5. Menyamarkan flek hitam
  6. Mengecilkan pori-pori wajah
  7. Menghaluskan wajah
  8. Membasmi jerawat
  9. Menangkal radikal bebas
  10. Mencegah penuaan dini
  11. Mencegah kulit keriput

Untuk mendapatkan manfaat madu pada wajah dan bagian tubuh lainnya, Anda cukup menggunakan madu sebagai masker, baik dijadikan masker wajah ataupun lulur tubuh. Disarankan untuk melakukannya dengan rutin setiap hari dan rasakan manfaatnya.

Manfaat madu untuk bibir

Selanjutnya manfaat madu lainnya ialah sebagai cara memerahkan bibir , pasalnya didalam madu terdapat kandungan Nutrisi, Nutrium, Magnesium, Vitamin B9, Asam folat, berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan setelah menggunakan madu pada bibir:

  1. Melembapkan bibir
  2. Mengatasi bibir pecah-pecah
  3. Memerahkan bibir
  4. Menjadikan bibir elastis

Untuk mendapatkan manfaat madu pada bibir, Anda cukup menggunakan madu sebagai masker atau dioleskan pada permukaan bibir.

Manfaat madu untuk rambut

Manfaat selanjutnya ialah untuk rambut, pasalnya didalam madu terdapat kandungan Nutrisi, Vitamin B9, C, B2, Asam askrobat, anti-oksidan, Anti-bakteri, Asam folat, Kalium, maka tak heran dengan kandungan tersebut madu sangat efektif digunakan sebagai perawatan rambut secara alami, berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan setelah menggunakan madu pada rambut:

  1. Menguatkan akar rambut
  2. Membuat rambut lebih berkilau
  3. Menghitamkan rambut dan uban
  4. Membasmi kutu rambut
  5. Menumbuhkan rambut
  6. Meluruskan rambut
  7. Mencegahrambut berminyak

Untuk mendapatkan manfaat madu pada rambut, Anda cukup menggunakan madu sebagai masker atau cukup dioleskan secara merata pada rambut disertai pijatan lembut.

Demikianlah informasi mengenai manfaat madu untuk kesehatan, wajah, kecantikan, bibir, dan rambut, ibu hamil, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Tinggalkan komentar