Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian hubungan internasional adalah suatu hubungan yang dilakukan antarnegara ataupun antarindividu dari negara berbeda dalam bidang tertentu untuk kepentingan kedua belah pihak. Setiap negara pastinya membutuhkan hubungan internasional, pasalnya sebuah negara memiliki kekurangan maupun kelebihan masing-masing sehingga peran hubungan sangat penting agar saling melengkapi.

Hubungan internasional nasional tidak hanya dilakukan dalam bidang kerjasama, melainkan persahabatan, persengketaan, permusuhan, maupun peperangan juga termasuk hubungan internasional. Hubungan internasional bisa dilakukan oleh antarindividu, antarkelompok, maupun antarnegara di negara yang berbeda.

Menurut Sam Suhaedi, hubungan internasional memiliki hukum untuk mengatur pergaulan hubungan internasional.

Pengertian hubungan internasional secara umum

Secara umum, hubungan internasional diartikan sebagai suatu bentuk interaksi yang dilakukan antara dua atau lebih Negara yang merdeka dan berdaulat dengan tujuan tertentu yang mencakup dalam berbagai aspek seperti politik, sosial budaya, ekonomi dan lain sebagainya.

Di Indonesia, pengertian hubungan internasional secara umum telah diatur pada pasal 1 ayat (1) UU Nomor 37 tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri. Dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan hubungan internasional, atau (hubungan luar negeri) adalah kegiatan yang menyangkut segala aspek baik itu regional atau pun internasional yang dilakukan oleh pemerintah pada tingkat pusat dan daerah ataupun lembaga-lembaga Negara, badan usaha, lembaga swadaya, organisasi masyarakat ataupun warga negara indonesia.

Arti penting hubungan internasional

Hubungan internasional dianggap sangat penting yang berguna untuk menumbuhkan rasa saling pengertian antarbangsa, persaudaraan antarbangsa dan mempererat hubungan persahabatan, saling mencukupi kebutuhan masing-masing, memenuhi rasa keadilan dan kesejahteraan, dan membina sekaligus menegakkan perdamaian dan ketertiban dunia. Jika suatu negara yang tidak mau melakukan hubungan internasional dengan negara lain, hal itu akan berdampak pada terkucilkannya dalam pergaulan dunia. Sehingga, negara tersebut akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan negara.

Pengertian hubungan internasional menurut para ahli

Ada begitu banyak pandangan mengenai pengertian hubungan internasional menurut para ahli, berikut beberapa diantaranya:

  • Menurut J.C. Johari, hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas negara.
  • Menurut Mohtar Mas’oed, hubungan internasional adalah hubungan yang melibatkan bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga diperlukan mekanisme yang kompleks dan melibatkan banyak negara.
  • Menurut Tygve Nathlessen, hubungan internasional adalah bagian dari ilmu politik, oleh karena itu komponen hubungan internasional sendiri tak lepas dari politik internasional, organisasi dan administrasi internasional serta hukum internasional.
  • Menurut Warsito Sunaryo, hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

Tinggalkan komentar