22 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami (100% Terbukti)

Tak sedikit orang kesal dengan adanya ganguan yang disebabkan oleh nyamuk di rumah, apalagi jika gangguan tersebut pada saat kita sedang tidur. Selain sangat mengganggu, nyamuk juga berbahaya pasalnya tak sedikit orang menderita penyakit ganas yang disebabkan oleh ulah gigitannya.

Fak menarik tentang nayamuk: tahukah kamu waktu yang biasa dijadikan nyamuk sebagai waktu berkeliaran atau watu mencari makan yaitu darah? Waktu tersebut ialah di pagi hari hingga pukul jam 10 pagi serta sepanjang malam hari. Ingat..!! Anda harus waspada pada waktu tersebut.

Nyamuk sulit untuk dibasmi, meski sudah melakukan berbagai macam cara untuk memberantasnya, akan tetapi nyamuk terus datang lagi dan lagi, seolah-olah tak ada habisnya. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya tempat untuk nyamuk berkembang biak yang ada disekitar atau didalam rumah Anda.

cara mengusir nyamuk secara alami

Cara Agar Rumah Tidak Ada Nyamuk

Untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk, langkah paling efektif yaitu membasmi bibit atau jentik-jentik sebelum menjadi nyamuk agar populasinya cepat berkurang, maka dari itu kamu wajib melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Rajin menguras bak mandi.

Kamu harus rajin membersihkan tampung air di rumah kamu, agar tidak dijadikan sebagai tempat berkembangnya nyamuk.
Jika tidak mau repot-repot membersihkan nya, kamu cukup gunakan obat untuk membunuh telur nyamuk yang ada didalam air, diapotik terdekat atau bisa dengan memelihara ikan hias dengan begitu jentik-jentik bakal menjadi santapan untuk ikan.

2. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Kamu harus pastikan bahwa disekitat rumah bersih, seperti tidak ada daun, kotoran atau genangan air, jika ada segera bersihkan dan buat aliran air lancar mengalir.

3. Hindari penyimpan pakaian dengan cara menggantungnya.

Menggantungkan pakaian sembarang bisa menjadi sarang nyamuk untuk bersembunyi, mak dari itu disarankan untuk menggantungkan pakai di dalam lemari serta di beri bau wewangian dan tutup dengan rapat.

4. Segera cuci pakaian kotor anda.

Bila terdapat pakaian kotor, segerat cuci sebelum menumpuk membuatmu malas untuk mencucinya dan menjadi tempat paling bagus untuk bersarang serangga kecil seperti nyamuk, kecoa, jangkrik dan kecoa.

5. Perhatikan kondisi saluran air.

Entah dimana pun kamu berada, selalu perhatikan kondisi saluran air disekitar rumah Kamu agar lingkungan tetap bersih dan terbebas dari genangan air.

6. Segera buang sampah.

Seperti diatas, jangan biarkan sampah lama-lama di sekitar rumah, jika kamu melihat sampah segera buang pada tempatnya agar tidak menjadi sarang u til berkembang biak nyamuk.

7. Perbanyak menanam tanaman atau bunga yang tidak disukai nyamuk.

Sebagai pelengkap, Anda disarankan nuntuk menanam tanaman nyang tidak disukai oleh nyamuk seperti lavender atau jenis tanaman hias yang kamu suka.
Letakkan tanaman tersebut tempat keluar masuk seperti pintu, jendela, atau pun ventilasi dan di depan rumah.

8. Gunakan warna kuning atau orange

Jika anda ingin menghias ruangan, alangkah baiknya apabila kamu perbanyak warna kuning atau orange, karena warna tersebut tidak di sukai oleh nyamuk, jika hal itu terlalu mencolok kamu bisa mengkombinasikan beberapa warna cerah.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Bahan Alami

Setelah melakukan beberapa langkah diatas guna mencegah perkembangan biakkan nyamuk, kamu hanya perlu gunakan salah satu alternatif alami dibawah untuk mempercepat pemusnahan nyamuk hingga tuntas.

1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih tak hanya bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit akibat gigitan nyamuk. Tetap, lebih dari itu? Ternyata bau yang ditimbulkan oleh minyak kayu putih sangat dibenci oleh serangga, termasuk nyamuk, kecoa dan tikus, berikut:
Cara pemakaiannya:
  • Siapakah botol penyemprot, minyak kayu putih dan air.
  • Masukkan air dan minyak kayu putih (perbandingan 70% air dan 30% munyak kayu putih) silakan dikira-kira saja.
  • Kemudian kocok dan semprotkan pada tempat yabg biasa dijadikan sarang oleh nyamuk, kecoa atau tikus.
Lakukan dalam jangka waktu 3x dalam sehari, agar nyamuk segera pergi atau mati.

2. Minyak Lavender dan Ragi

Sama hal dengan minyak kayu putih, minyak lavender juga sangat dibenci oleh serangga khususnya nyamu dan kecoa, untuk memanfaatkan lavender dibutuhkan sedikit ragi sebagai penguat bau.
Cara pemakaiannya:
  • Siapakah botol penyemprot, minyak lavende, ragi dan air.
  • Masukkan air, ragi dan minyak kayu putih (perbandingan 40% air dan 30% minyak lavender dan 30% ragi ) silakan dikira-kira saja.
  • Kemudian kocok dan semprotkan pada tempat yabg biasa dijadikan sarang oleh nyamuk, kecoa atau tikus.
Lakukan dalam jangka waktu 3x dalam sehari, agar nyamuk segera pergi atau mati.

3. Daun Serai

Serai atau sereh mengandung minyak atsiri dapat diperoleh dengan cara penyulingan pada bagian atas tumbuhan, serai dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk, baik masih berupa tanaman ataupun minyak atsiri nya.
Selain itu sereh juga mengandung sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk, tak heran apabila serai dapat dibuat dan dimanfaatkan menjadi obat pembasmi nyamuk dan serangga lainnya.
Cara pemakaiannya:
  • Ambil beberapa batang sereh.
  • Potong tipis batang sereh.
  • Taruh potongan btatang sereh pada wadah.
  • Letakan wadah yang berisikan potongan sereh di kolong tempat tidur dan tempat lainnya yang sering dihinggai nyamuk.

4. Kulit Jeruk

Banyak yang tak percaya, bahwa kulit jeruk bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk secara alami, mau tahu alasannya? Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa lemonen merupakan jenis senyawa yang dibenci oleh nyamuk dan serangga lainnya.
Tahukah kamu mengapa? senyawa lemonen bisa merusak lapisan pelindung sistem saraf dari pernafasan pada serangga, dengan begitu serangga akan merasa tercekik kemudian mati.
Cara pemakaiannya:
Taruh kulit jeruk pada tempat atau ruangan yang dijadikan sebagai sarang oleh nyamuk, kemudian biarkan hingga kulit jeruk mengering dan ganti yang segar. Bagaimana mudah bukan?

5. Buah Lemon dan Cengkeh

Lemon tinggi akan kandungan antiseptik yang tak disukai oleh nyamuk, selain itu dengan dicampurkannya cengkeh menjadi lemon berguna dalam berbagai hal diantaranya menjadi obat nyamuk alami, membuat udara di kamar Anda akan lebih bersih, mengurangi tekanan darah, meningkatkan mood, lebih berkonsentrasi, hingga dapat membuat lebih santai
Cara pemakaiannya:
Belah lemon menjadi dua lalu tusukan beberapa cengkeh kering pada daging lemon, taruh pada tempat yang menjadi sarang nyamuk.

6. Bawang Putih

Selain biasa digunakan sebagai bumbu dapur ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai pereda memar akibat gigitan nyamuk, hal tersebut di kutip dari Allwomenstalk bahwa sebuah penelitian menyatakan dengan mengoleskan cairan yang ada didalam bawang putih.
Tak hanya itu saja, bawang putih juga bisa digunakan sebagai pembasmi nyamuk secara alami, loh? berikut.
Cara pemakaiannya:
  • Kupas kulit bawang putih 5 atau 7 siung, dan tiris kecil-kecil.
  • Kemudian rebus dengan air ½ liter, tunggu hingga menjadi separuh nya.
  • Biarkan hingga dingin.
  • Setelah itu, masukkan ke dalam botol penyemprot dan semprotkan di area yang biasa dijadikan sarang oleh nyamuk.
Catatan: jangan sampai mengenai mata.
Lakukan dalam jangka waktu 3x dalam sehari, agar nyamuk segera pergi atau mati.

7. Kopi

Tak disangka ternyata bubuk kopi selain berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit juga ampuh dimanfaatkan sebagai alternatif pengusir nyamuk paling efektif, penasaran ingin mencobanya? Berikut ini.
Cara pemakaiannya:
  • Siapkan bubuk kopi dan wadah besi dan areng atau kayu.
  • Bakar kayu tersebut hingga menjadi hingga merata.
  • Setelah menjadi bara, taruh diatas kopi yang ada diwadah besi tersebut hingga mengeluarkan asap.
  • Kemudian taruh pada tempat yang biasa digunakan sarang oleh nyamuk.

8. Kapur Barus

Kapur barus memiliki bau dengan ciri khas dan sangat menyangat, hal itu membuat nyamuk takut mendekat, untuk memanfaatkan kapur sirih diperlukan beberapa bahan alami sebagai pendukung agar lebih maksimal, berikut ini.
  • Cara pemakaiannya:
    Siapkan satu gelas berisi air tidak terlalu penuh ( 75% ).
  • Kemudian masukan separuh kapur barus dan sedikit saja gula merah.
  • Letakkan gelas tersebut yang telah berisi air dan kapur barus disudut ruangan, dibawah mejah, dibawah tempat tidur, atau tempat yang disuka nyamuk.
Catata: Perlu diperhatikan bahwa gelas yang berisi cairan tersebut harus diletakkan jauh dari anak-anak, serta di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik.
Dengan begini nyamuk yang berbeda diluar tidak akan masuk dan nyamuk yang ada didalam akan segera keluar dalam waktu singkat.

9. Menggunakan Raket Listrik Nyamuk

Penggunaan raket nyamuk terbilang alternatif paling ampuh yang harus dilakukan dan aman digunakan. Pasalnya dengan beberapa kibas nyamuk langsung bisa tertangkap dan tersengat aliran listrik yang mengalir pada bagian raket tersebut, sehingga nyamuk akan terbakar maka secara otomatis populasinya akan berkurang dengan sangat cepat.
Berbeda jika menggunakan obat nyamuk, kadang kalanya hanya mampu membuat pingsan dalam waktu beberapa saat saja, juga berbahaya pada anggota keluarga.

10. Menggunakan Plastik Dan Diolesi Dengan Minyak Goreng

Membasmi nyamuk bisa menggunakan plastik yang diolesi dengan minyak goreng, meski cara ini biasa digunakan sebagai upaya menangkap laron. Namun, apa salahnya jika dipakai untuk menangkap nyamuk. Berikut ulasannya.
Cara pemakaiannya:
  • Siapkan plastik yang berwarna bening.
    Tiup hingga mengembang.
  • Ikat ujungnya menggunakan karet.
  • Pasang tali pada bagian yang diikat.
  • Oleskan minyak goreng yang di campur dengan gula merah pada bagian seluruh permukaan plastik.
  • Kemudian gantungkan pada tempat yang biasa digunakan sebagai sarang nyamuk.
Nah, keesokan harinya tinggal lihat hasil, apakah berhasil atau tidak, selamat mencoba.

11. Gula Merah Dan Ragi

Ramuan air dan ragi dengan tambahan gula merah akan menghasilkan sebuah gas karbondioksida yang sangat disukai oleh nyamuk, sehingga nyamuk akan mendatangi bau gas tersebut dan terperangkap didalamnya, serta tidak akan dapat terbang kembali karena kelengketan pada cairan gula.
Untuk cara pembuatan nya kamu cukup menyiapkan dan mengikuti beberapa tahapan berikut ini:
Bahan yang dibutuhkan:
  • Siapkan botol plastik bekas air mineral berukuran 1,5 liter.
  • Siapkan Air +/- 200 ml.
  • Siapkan Gula merah 50 gram.
  • Siapkan Ragi 1 gram.
Langkah pembuatannya :
  • Potong botol plastik mineral tersebut menjadi 2 bagian.
  • Gunakan potongan botol bagian bawah: Taruh dan larutkan gula merah dengan menggunakan air agak panas, lalu campurkan dengan ragi.
  • Lalu letakkan potongan botol bagian atas, di atas ramuan tadi dengan posisi terbalik atau seperti corong.
  • Supaya botol bagian bawah dan atas tidak mudah lepas, gunakan lem atau lakban untuk menguatkannya.
  • Terakhir, letakkan botol ramuan tersebut pada sudut ruangan rumah anda dimalam hari dan lihat hasil pasa keesokan harinya.
Untuk menghindari semut, letakkan botol tsb di atas wadah berair.

12. Menggunakan Bunga Peppermint

Bunga peppermint juga salah satu dari sekian banyak bunga yang tak disukai oleh nyamuk, alangkah baiknya apabila Anda membuat bahan pengusir nyamuk menggunakan cairan dari extrak bunga peppermint.
Cara pemakaiannya:
  • Cukup rebus beberapa bunga peppermint dengan air ukuran 2 gelas, biarkan hingga tersisa 1 gelas.
  • Kemudian biarkan hingga dingin.
  • Lalu masukkan cairan tersebut ke dalam botol penyemprot.
  • Nah, sekarang anda bisa menggunakannya pada tempat yang biasa digunakan sebagai sarang nyamuk.

13. Gunakan Obat Nyamuk Bakar

Meski efektif namun alternatif ini busa membahayakan anggota keluarga, tapi busa kamu coba dengan beberapa menit saja atau 5-10 menit, letakkan di sudut – sudut ruangan ataupun di kolong – kolong yang sekiranya menjadi sarang nyamuk.

14. Gunakan Obat Nyamuk Elektrik

Alternatif ini akan menimbulkan aroma yang wangi namun, wewangian ini tidak baik untuk kesehatan apabila dilakukan secara terus menerus. Seperti penggunaan obat nyamuk bakar gunakan 5-10 menit saja pada sudut ruangan ataupun di kolong – kolong yang sekiranya menjadi sarang nyamuk.

Demikian itulah beberapa alternatif pengusir nyamuk secara alami yang bisa menjadi pilihan kamu dan aman untuk anggota keluarga.!! Apabila kamu memiliki pengalaman menarik dalam mengusir nyamuk ayo bagikan melalui komentar dibawah, agar berguna dan bermanfaat untuk meraka. Selamat mencoba.

Anda Membaca: 22 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami (100% Terbukti)

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "22 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami (100% Terbukti)"

Post a Comment

Silahkan komentar secara relevan dengan bahasan di atas, Dilarang keras SPAM & PROMOSI