Landasan Hukum Usaha Pembelaan Negara

Ketentuan-ketentuan mengenai dasar landasan hukum usaha pembelaan negara diatur dalam peraturan perundang-undangan. Adapun landasan hukum dalam usaha pembelaan negara sebagai berikut:

1. Landasan Konstitusional

a. UUD 1995
  1. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak ikut serta dalam upaya pembelaan negara. 
  2. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. 
  3. Pasal 30 ayat (2) UUD 1945 menyatakan bahwa "usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat, sementara TNI dan POLRI sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung".

2. Landasan operasional

a. Undang - undang nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia
Pasal 68 Undang - undang nomor 39 tahun 1999 menyatakan,  "setiap warga Negara wajib ikut dalam upaya pembelaan Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan".

b. Undang-undang No 56 Tahun 1999 tentang Rakyat Terlat
Pasal 3 menyatakan,  "rakyat terlatih merupakan salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga Negara sebagai perwujudan hak dan kewajiban dalm usaha pembelaan Negara yang menunjukkan sifat kesemestaan dan keserbagunaan dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan Negara".

c. Ketetapan MPR RI No VI/MPR/2000 tentang Pemisahan Tentara Nasional Republik Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

d. Ketetapan MPR RI No VII/MPR/2000 tentang Pemisahan Tentara Nasional Republik Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

e. Undang-undang No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. 
f. Undang-undang nomor 34 Tahun 2004 tentang tentara Nasional Indonesia. 
g. Undang-undang no 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. 

Dilihat dati perundang-undangan, kewajiban membela negara dapat ditelusuri dari ketentuan dalam UUD 1945 dan Undang-undang nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Terkait:


Itulah pembahasan singkat mengenai dasar landasan hukum tentang usaha pembelaan terhadap negara, apabila menurut Anda ada beberapa yang masih kurang bisa menambahkan nya melalui kolom komentar dibawah dan berinteraksi dengan admin. Salam, terima kasih.

Anda Membaca: Landasan Hukum Usaha Pembelaan Negara

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "Landasan Hukum Usaha Pembelaan Negara"

Post a Comment

Silahkan komentar secara relevan dengan bahasan di atas, Dilarang keras SPAM & PROMOSI