Pengertian Usaha Pembelaan Negara

Dalam UUD 1945 tidak dijelaskan pengertian usaha pembelaan negara. Unruk mengetahui hal tersebut, dapat dilihat dalam UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tantang pertahanan negara. Istilah yang digunakan dalam undang-undang tersebut bukan "Usaha pembelaan negara" tetapi menggunakan istilah lain yang mempunyai makna sama yaitu "Upaya Pembelaan Negara".

Dalam penjelasan tersebut ditegaskan, bahwa upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Dengan demikian pengertian usaha pembelaan negara tidak terbatas memanggul senjata, tetapi meliputi berbagai sikap dan tindakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara.

Untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara, misalnya dengan usaha untuk mewujudkan keamanan lingkungan, keamanan pangan, keamanan energi, keamanan ekonomi.

Terkait:



Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian usaha pembelaan negara, apabila menurut Anda ada beberapa yang masih kurang bisa menambahkan nya melalui kolom komentar dibawah dan berinteraksi dengan admin. Salam, terima kasih.

Anda Membaca: Pengertian Usaha Pembelaan Negara

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "Pengertian Usaha Pembelaan Negara"

Post a Comment

Silahkan komentar secara relevan dengan bahasan di atas, Dilarang keras SPAM & PROMOSI