Unsur Unsur Negara Menurut Para Ahli

Pada kesempatan sebelumnya saya telah menulis mengenai pengertian negara menurut para ahli, fungsi dan tujuan negara menurut para ahli kali ini saya akan membahas tujuan dan fungsi negara.

Unsur negara merupakan hal pokok yang harus dapat dipenuhi oleh berdirinya suatu negara, sehingga tanpa adanya unsur negara tersebut mustahil negara dapat berdiri.
Unsur-unsur negara sebagai berikut:

a. Penduduk
Setiap negara mempunyai penduduk, dan kekuasaan yang menjangkau seluruh penduduk didalam wilayahnya. Dalam mempelajari soal penduduk ini, maka perlu diperhatikan faktor-faktor seperti kepadatan penduduk, tingkat pembangunan, tingkat kecerdasan, homogenitas, dan masalah nasionalisme.

b. Wilayah
Wilayah adalah bagian tertentu dari permukaan bumi dimana penduduk suatu negara bertempat tinggal secara tetap. Wilayah suatu negara meliputi wilayah daratan, lautan, dan udara.
Tidak semua negara memiliki wilayah seperti itu. Ada negara yang hanya memiliki wilayah daratan dan udara saja, sedangkan wilayah lautan tidak ada. Contohnya: Negara Indonesia yang memiliki tiga wilayah yaitu wilayah daratan, lautan, dan udara.

c. Pemerintah
Pemerintah adalah lembaga atau orang uang membuat dan melaksanakan suatu aturan-aturan yang berlaku bagi masyarakat tertentu. Setiap komunitas tentu saja mempunyai lembaga pengatur bagi komunitasnya sendiri.
Pemerintahan suatu negara harus berdaulat baik ke luar ataupun ke dalam.
  • Berdaulat ke luar artinya mempunyai kedudukan yang sederajat dengan negara-negara lain, sehingga bebas dari campur tangan negara lain. 
  • Berdaulat ke dalam artinya berwibawa, berwewenang, dan menegakkan hukum atas warga dan wilayah negaranya. 

d. Pengakuan dari negara lain
Suatu negara akan mendapatkan pengakuan daru negara lain bila negara tersebut mampu berhubungan dengan negara-negara lain.
Hubungan dengan negara lain baru dimungkinkan bila suatu negara telah mendapat pengakuan dari negara lain.
Pengakuan mempunyai dua sifat yaitu membentuk (to constitute) dan menyatakan (to declare).
  • Sebagai pernyataan yang membentuk dimaksudkan bahwa dengan diberikannya pengakuan, barulah dapat dikatakan bahwa eksistensi pihak lain yang diakui benar-benar merupakan kenyataan. Jadi tanpa adanya pengakuan dari pihak lain, eksistensi pihak yang belum mendapat pengakuan itu sama sekali tidak ada.
  • Sedangkan sebuah pertanyaan dapay diartikan bahwa pengakuan hanyalah sekadar merupakan pernyataan saja dati pihak yabg memberikan pengakuan atas kenyataan eksistensi dari pihak yabg diberikan pengakuan.

Itulah pembahasan singkat mengenai Unsur-unsur negara, baca juga pengertian negara. Apabila menurut Anda ada beberapa yang masih kurang bisa menambahkan nya melalui kolom komentar dibawah dan berinteraksi dengan admin. Salam, terima kasih.

Anda Membaca: Unsur Unsur Negara Menurut Para Ahli

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "Unsur Unsur Negara Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Silahkan komentar secara relevan dengan bahasan di atas, Dilarang keras SPAM & PROMOSI