Mengapa Usaha Pembelaan Negara Penting Dilakukan

Ada beberapa alasan mengapa usaha pembelaan negara penting dilakukan oleh setiap warga negara, diantaranya yaitu:
  1. Untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman.
  2. Untuk menjaga keutuhan wilayah negara. 
  3. Merupakan panggilan sejarah. 
  4. Merupakan kewajiban setiap warga negara. 

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, maka bela negara merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kedaulatan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Sebagai warga negara yang cinta akan tanah air dan bangsa, kita harus siap siaga dan waspada terhadap ancaman, gangguan dan hambatan yang dapat membahayakan keselamatan bangsa dan negara. 

Alasan-alasan pentingnya usaha pembelaan negara tersebut dapat dihubungkan dengan:
  1. Teori fungsi negara.
  2. Unsur-unsur negara.
  3. Aspek sejarah perjuangan bangsa. 
  4. Peraturan perundang-undangan tentang kewajiban membela negara.
Pertama: Bagaimana keterkaitan teori fungsi negara dengan usah pembelaan negara? Pada dasarnya fungsi-fungsi negara tersebut berkaitan dengan usaha pembelaan negara. Salah satu fungsi negara yang sangat penting bagi jaminan kelangsungan hidup negara adalah fungsi pertahanan negara. 
Fungsi pertahanan negara dimaksudkan terutama untuk menjaga dan mempertahankan negara dari segala kemungkinan serangan dari luar. 

Kedua: berkaitan dengan unsur-unsur negara. Hubungan unsur-unsur negara dengan upaya bela negara memiliki keterkaitan dan kedudukan yang sangat penting. Unsur penduduk (dalam arti warga negara) merupakan unsur pendukung dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara. 
Warga negara (dalam posisinya masing-masing) memiliki peranan penting dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara serta keutuhan wilayah negara dati berbagai ancaman yang datang dari dalam maupun luar negeri. 

Ketiga: dilihat dari aspek sejarah perjuangan bangsa, masyarakat Indonesia telah membuktikan darinya yang selalu berpartisipasi dan manunggal dengan aparat pertahanan dan keamanan dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pembinaan rasa kebangsaan itu telah dirintis sejak kebangkitan nasional tahun 1908 yang kemudian dipertegas pada tahun 1928 dengan adanya Sumpah Pemuda, dan akhirnya diproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Keempat: Peraturan perundang-undangan tentang kewajiban membela negara. Negara Indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 bertekad bulat untuk membela, mempertahankan dan menegakkan kemerdekaan, serta kedaulatan negara dan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. 
Tekad tersebut kemudian dinyatakan dengan tegas dalam UUD 1945 alinea ke-4 bahwa "Negara melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia"

Untuk memperjelas kata:
"Segenap bangsa" dapat diartikan seluruh warga negara Indonesia yang meliputi rakyat dan pemerintah. Sedangkan "tumpah darah Indonesia" dapat dimaknai dengan tanah air (wilayah) Indonesia. 

Alasan penting usaha pembelaan negara dapat dikelompokkan dalam 3 aspek yaitu:
a. Aspek demografis antara lain adalah:
  1. Indonesia adalah negara dengan penduduk yang sangat besar. 
  2. Indonesia adalah negara majemuk, yaitu multisuku, multibudaya, dan multiagama.
  3. Persebaran penduduk Indonesia tidak merata karena ada daerah yang memiliki penduduk yang sangat padat, dan ada pula yang memiliki penduduk sangat jarang. 
b. Aspek historis antara lain adalah:
  1. Sejak dahulu banyak negara yang ingin menguasai Indonesia. 
  2. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing kurang lebih selama tiga setengah abad. 
  3. Kemerdekaan Indonesia berkat kegigihan pejuang seluruh rakyatnya. 
  4. Rakyat indonesia memiliki semangat rela berkorban untuk melindungi negaranya. 
c. Aspek geografis antara lain adalah:
  1. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. 
  2. Indonesia terletak pada posisi silang dunia. 
  3. Wilayah indonesia sangat strategis. 
  4. Geografi Indonesia yang berupa kepulauan memerlukan kekuatan pertahanan yang bermutu, mahir dalam melaksanakan operasi-operasi gabungan, serta memiliki kemampuan untuk melindungi tanah, air, dan udara yang menjadi kedaulatan Republik Indonesia. 
  5. Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah ruah, tetapi sekarang sudah semakin langkah. 

Terkait:

Itulah pembahasan singkat mengenai alasan pentingnya melakukan usaha pembelaan negara untuk dilakukan oleh setiap orang / warga negara, apabila menurut Anda ada beberapa yang masih kurang bisa menambahkan nya melalui kolom komentar dibawah dan berinteraksi dengan admin. Salam, terima kasih.

Anda Membaca: Mengapa Usaha Pembelaan Negara Penting Dilakukan

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "Mengapa Usaha Pembelaan Negara Penting Dilakukan"

Post a Comment

Silahkan komentar secara relevan dengan bahasan di atas, Dilarang keras SPAM & PROMOSI