Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Terjadinya Konflik

Konflik berasal dari kata bahasa latin "con" yang berarti bersama dan "fligere" yang berarti benturan atau tabrakan. Pengertian konflik merupakan pertentangan atau perseteruan yang dilakukan antara dua belah pihak atau lebih, disebab oleh perbedaan pandangan.

Perbedaan pandangan memiliki banyak macam dan faktornya. Misalkan dikarenakan perbedaan pendapat, perbedaan keyakinan, perbedaan ras, perbedaan suku, perbedaan tingkat social, perbedaan dalam hal politik, perbedaan budaya, dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan lainnya.

Konflik umumnya terjadi dikarenakan adanya kesenjangan sosial dan perbedaan pandangan. Terjadinya Konflik dapat menimbulkan akibat yang positif atau negatif.

Berikut dampak akibat terjadinya konflik, sebagai berikut ini:
  • Banyak korban manusia yang berjatuhan dan kerugian berupa harta benda
Timbulnya konflik dapat mengakibatkan banyak korban jiwa dan kerugian harta benda yang besar seperti kerusuhan, tawuran antar warga, pengeroyokan, dan lain-lain.
Misalnya: apabila ada tawuran antar warga akan terjadi kerusakan pada fasilitas umum, kerusakan rumah warga maupun bangunan yang lainnya, selain itu juga akan menimbulkan banyak korban jiwa yang di akibat oleh konflik.
  • Nilai-niai sosial dan norma sosial yang ada akan hancur.
Nilai dan norma sosial akan hancur dengan timbulnya konflik ini di masyarakat.
Beberapa nilai-nilai akan hancur misalnya nilai dan norma: kesopanan, kasih sayang, kesusilaan, kebiasaan, asas kekeluargaan, gotong royong dan sebagainya.
Sehingga hal itu akan menimbulkan nilai-nilai negatif didalam masyarakat seperti saling curiga, saling membenci, tidak percaya antara satu kelompok dengen kelompok lain.
  • Terjadinya perpecahan dalam lingkungan bermasyarakat
Hal ini dapat terjadi apabila konflik terjadi dalam lingkungan masyarakat yang disebabkan karena kesenjangan atau perbedaan-perbedaan lainnya, sehingga timbulah perpecahan dan perselisihan. Misalnya: pada awalnya antar individu saling percaya, namun setelah terjadinya konflik maka akan saling curiga dan tak acuh.

Anda Membaca: Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Terjadinya Konflik

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Terjadinya Konflik"

Post a Comment

Silahkan komentar secara relevan dengan bahasan di atas, Dilarang keras SPAM & PROMOSI