Mengapa Hak Dan Kewajiban Harus Dilakukan Secara Seimbang

Hak dan kewajiban haruslah dilakukan dengan seimbang. Tapi tahukah kamu mengapa pelaksanaan hak dan kewajiban harus seimbang? Hak dan kewajiban merupakan suatu komponen penting dalam kehidupan bermasyarakat, kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup masyarakat.

Namun, pelaksanaan keduanya harus dilakukan secara seimbang untuk mencapai tujuan dan cita-cita dengan baik. Sebagai contohnya: "kita menuntut hak kepada pemerintah, namun kita malas membayar pajak", maka hal itu akan menimbulkan terjadi ketimpangan.

Apa itu hak? Pengertian Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya bebas tergantung keinginan kita sendiri. Contoh dari hak: 1). Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum, 2). Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak, 3). Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama dimata hukum dan didalam pemerintahan.

Apa itu Kewajiban? Pengertian Kewajiban adalah sesuatu hal yang harus dilaksanakan dan dilakukan. Sebagai contoh: wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan juga wajib membayar pajak.

Hak dan kewajiban yang dilakukan secara tidak seimbang dalam hubungan masyarakat, dapat membuat kesenjangan sosial didalamnya.

Jika kesenjangan sosial itu tetap dan terus dibiarkan, maka Negara akan terkena dampaknya, sehingga akan membuat warga Negara tidak memiliki rasa persaudaraan satu dengan lainnya, yang mengakibatkan runtuhnya rasa persatuan dalam masyarakat.

Jika sudah begitu warga Negara akan acuh dalam mempertahankan perdamaian negaranya, sehingga menimbulkan citra yang buruk dimata Negara-negara lain tentang Negara tersebut. Sekian...!!!

Anda Membaca: Mengapa Hak Dan Kewajiban Harus Dilakukan Secara Seimbang

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "Mengapa Hak Dan Kewajiban Harus Dilakukan Secara Seimbang"

Post a Comment

Silahkan komentar secara relevan dengan bahasan di atas, Dilarang keras SPAM & PROMOSI