Pengertian Bentuk Negara Kesatuan dan Serikat

a. Negara kesatuan
Negara kesatuan disebut juga negara unitaris. Ditinjau dari segi susunannya, negara kesatuan adalah negara yang tidak tersusun dari beberapa negara, seperti halnya dalam negara federal.
Negara kesatuan hanya ada satu pemerintah, yaitu pemerintah pusat yang mempunyai kekuasaan atau wewenang tertinggi dalam segala lapangan pemerintah. Pemerintah pusat inilah yang dapat memutuskan segala sesuatu di dalam negara kesatuan tersebut. 
Negara kesatuan adalah negara yang tersusun tunggal. Negara yang hanya terdiri dari satu negara saja atau pemerintah, satu kepala negara dan satu legislatif untuk seluruh kawasan negaranya. 
Dalam praktik negara kesatuan diadakan pembagian daerah yang berdiri sendiri, dan memiliki pemerintah sendiri, namun wewenang tertinggi dalam pemerintahan tetap dipegang oleh pemerintah pusat. 

Negara kesatuan yang mengadakan pembagian seperti itu disebut sebagai negara kesatuan desentralisasi. Sedangkan yang tidak mengadakan pembagian disebut negara kesatuan dekonsentrasi. 
Dalam negara kesatuan terdapat dua alternatif pembentukan negara kesatuan yang dapat berbentuk:
  1. Negara kesatuan dengan sistem desentralisasi, dalam bentuk ini daerah-daerah yang diberikan keleluasaan dan kekuasaan mengurus rumah tangganya sendiri (otonomi).
  2. Negara kesatuan dengan sistem sentralisasi, dimana segala sesuatu dalam negara langsung diatur dan diurus oleh pemerintah pusat, termasuk segala hal yang menyangkut pemerintah dan kekuasaan daerah. 

b. Negara serikat
Negara Serikat adalah negara yang merupakan gabungan dari beberapa negara yang berdiri sendiri, masing-masing dengan perlengkapan yang cukup, dengan kepal negaranya sendiri, pemerintahan sendrit, badan legislatif dan yudikatif sendiri. 
Pada negara federasi tidaklah semua urusan itu diserahkan kepada pemerintah gabungannya atau pemerintah federal, tetapi masih ada beberapa urusan tertentu yang tetap diurus sendiri.
Urusan-urusan negara bagian kepada pemerintah federal adalah Urusan-urusan yang menyangkut kepentingan bersama dari semua negara-negara bagian tersebut, misalnya urusan keuangan, urusan angkatan bersenjata, urusan pertahanan dan sebagainya. Hal itu untuk menjaga kesatuan diantara negara bagian.

Demikianlah informasi mengenai pengertian bentuk negara kesatuan dan serikat, semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda, baca juga pengertian negara.

Anda Membaca: Pengertian Bentuk Negara Kesatuan dan Serikat

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!

0 Response to "Pengertian Bentuk Negara Kesatuan dan Serikat"

Post a Comment

Silahkan komentar secara relevan dengan bahasan di atas, Dilarang keras SPAM & PROMOSI