5 Kiat Mengerjakan Tugas Kuliah Dengan Baik

Mengerjakan tugas kuliah memang tidak semudah kita mengerjakan tugas-tugas SMA. Hal ini dikarenakan materi tugas kuliah sudah lebih kompleks dibandingkan materi pelajaran saat duduk di bangku SMA. Mahasiswa memang erat sekali kaitannya dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah. Apalagi kebanyakan dosen mata kuliah memperingatkan mahasiswa yang tak mengerjakan tugas akan mendapatkan nilai yang buruk. Hal tersebut tentu menjadi momok para mahasiswa yang masih belum mengerti tentang metode perkuliahan sepenuhnya. Jika nantinya sudah tingkat akhir kamu juga harus mengetahui tips mengerjakan skripsi agar tidak kesulitan

Lalu, Bagaimana Kiat Mengerjakan Tugas Kuliah Dengan Baik?

Kamu sebenarnya dapat mengerjakan tugas kuliah dengan mudah jika Kamu lebih memperhatikan detail tugas yang diberikan oleh dosen. Di bawah ini, beberapa tips yang bisa Kamu terapkan saat menghadapi tugas yang diberikan dosen, seperti berikut :

1. Membuat Outline Secara Umum

Kunci kesuksesan menghadapi tugas kuliah yaitu dengan merencanakan pengerjaan tugas kuliah dengan baik. Dalam hal ini, Kamu harus membuat beberapa kisi dari yang ingin Kamu tulis nantinya. Jika perlu, ketika dosen mulai memberikan tugas, Kamu sudah memiliki bayangan bagaimana Kamu mengerjakan tugas tersebut setibanya di rumah. Rencanakan semuanya di kepala Kamu, namun jika perlu tulis apa saja yang terlintas di pikiran Kamu, baik di ponsel maupun di buku.

2. Hindari Hal-Hal yang Membuat Kamu Terdistraksi

Hal ini memang tidak bisa dihindari bagi para mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa yang sulit mengerjakan tugas kuliah mereka biasanya dikarenakan pikiran mereka terdistraksi oleh hal-hal yang tidak penting. Sebagai solusinya, matikan ponsel dan TV sebab kedua komponen ini dapat menyita perhatian Kamu lebih banyak. Apabila memungkinkan, sebaiknya kerjakan tugas kuliah Kamu di ruangan terpisah dari ruang TV dan dari ponsel. Musik dapat membantu Kamu berkonsentrasi, akan tetapi hindari mendengarkan music dari ponsel Kamu. Cukup dengarkan musik di siaran radio, sebab Kamu akan terpancing untuk mengganti-ganti lagu kesukaan jika menggunakan ponsel untuk mendengarkan lagu.

3. Gunakanlah waktu sebaik-baiknya

Apabila Kamu memiliki waktu yang kurang, jadikan waktu tersebut untuk membantu Kamu. Pastikan Kamu memenuhi target waktu pengerjaan tugas, misalnya selama 10 menit berapa jumlah tugas yang sudah Kamu kerjakan. Berapa jumlah paragraph yang dapat Kamu hasilkan selama 30 menit. Kemudian lihat hasil pekerjaan sesudah 1 jam. Dalam hal ini, Kamu bisa memberikan penilaian.

4. Kerjakan Tugas Kuliah Sesuai Tema yang Kamu Kuasai

Di masa-masa kuliah, Kamu akan disuruh mengerjakan tugas Paper hingga berkali-kali, dan bukan satu kali saja. JIka tugas paper tersebut sangat mendadak, pilih saja tema paper yang Kamu kuasai atau yang pernah dibahas di hasil karya tulis sebelumnya. Kamu bisa mengambil fokus atau sudut pkamung yang sebelumnya tidak pernah Kamu telusuri pada tema tersebut.

5. Hindari Kecerobohan Saat Menghadapi Tugas

Perilaku plagiat sebenarnya bukan soal menjiplak serta mengakui hasil kerja orang lain saja sebagai hasil kerja Kamu. Plagiarisme dapat terjadi secara tidak sengaja, dan menimpa seseorang yang tidak berniat mencuri karya atau ide orang lain. Inilah yang dinamakan sebagai accidental plagiarism.

Akan tetapi, plagiarisme adalah hal yang serius, terlebih lagi di bidang akademik. Berbagai alasan untuk membela Kamu di depan dosen, tentu tak akan diterima apapun itu. Bahkan jika hal tersebut dijumpai pada penulisan skripsi, Kamu bisa-bisa kehilangan gelar sarjana. Untuk itu, ketika mencari referensi atau sumber data, maka pastikan Kamu tidak asal copas saja. Jadi, penting sekali untuk tidak ceroboh saat mengerjakan tugas kuliah, kamu juga bisa membaca hidupkita.com agar tidak suntuk tentang tugas kuliah yang banyak.

Tinggalkan komentar