Cara Membasmi Cacing Di Kamar Mandi

Pernahkah Anda melihat cacing masuk ke kamar mandi? Apa yang Anda lakukan saat itu? Apakah Anda langsung menyiramnya ke lubang saluran pembuangan air atau Anda hanya membiarkannya saja, mengingat cacing tidak menggigit?

Nah, ternyata meskipun tidak menggigit, bukan berarti cacing tidak berbahaya. Jika dibiarkan begitu saja, cacing yang berkeliaran di kamar mandi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.
Maka dari itu, sebisa mungkin upayakanlah agar kamar mandi Anda selalu terbebas dari cacing. Jika Anda melihat cacing masuk ke kamar mandi Anda, segera basmi cacing tersebut. Dengan begitu kamar mandi Anda bisa menjadi lebih bersih dan sehat.

Penyebab masuknya ccacing di rumah atau kamar mandi

Sampai saat ini masih banyak orang yang bertanya – tanya mengapa cacing bisa masuk ke kamar mandi mereka. Pasalnya, selain tertutup rapat kamar mandi mereka juga selalu rutin dibersihkan secara teratur.

Nah, ternyata penyebab masuknya cacing ke kamar mandi cenderung tidak berhubungan secara langsung dengan faktor kebersihan kamar mandi. Dalam hal ini, meski pun kamar mandi Anda selalu dalam kondisi bersih dan tertutup rapat, cacing tetap berpotensi masuk ke sana.

Mengapa? Karena kamar mandi adalah tempat yang basah dan lembab. Dan cacing sendiri adalah hewan yang suka menetap di tempat – tempat yang basah dan lembab. Maka dar itu, selama kamar mandi Anda basah, maka peluang cacing untuk masuk ke kamar mandi Anda masih tetap terbuka lebar.

Beberapa penyebab utama masuknya cacing di rumah atau pun kamar mandi sendiri adalah sebagai berikut:

1. Saluran Air
Meskipun Anda menggunakan air dari PDAM, bukan berarti air yang Anda dapatkan benar – benar dapat steril dari hama cacing. Pasalnya, meskipun dikelola dan dirawat dengan baik, pipa saluran air PDAM tetap berpotensi mengalami kebocoran. Ketika hal ini terjadi, cacing dapat masuk ke dalam pipa saluran air dan tersalurkan ke bak mandi Anda.

2. Melalui Saluran Pembuangan Air
Saluran pembuangan air merupakan tempat utama yang paling sering digunakan cacing untuk masuk ke kamar mandi dan rumah. Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap kamar mandi pasti dilengkapi dengan saluran pembuangan air. Nah, karena saluran tersebut memiliki rongga, cacing dapat melalui rongga tersebut dengan cukup bebas untuk kemudian masuk ke kamar mandi dan ke ruangan lain yang ada di rumah Anda.

3. Melalui Lantai / Dinding Kamar Mandi yang Berongga
Dalam beberapa kasus, rongga yang terdapat pada lantai dan dinding kamar mandi terkadang juga dapat menjadi akses masuk cacing ke dalam kamar mandi dan rumah. Bahkan, dalam kasus tertentu, rongga yang terdapat di area sekitar lantai dan dinding kamar mandi terkadang malah digunakan sebagai tempat cacing berkembangbiak.

Maka dari itu, ketika lantai atau dinding kamar mandi Anda berongga, sebisa mungkin langsung tutup rongga tersebut menggunakan semen.

Bahaya yang ditimbulkan oleh cacing

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, meskipun tidak menggigit, cacing tetap berpotensi menimbulkan ancaman yang cukup serius pada manusia.

Ketika cacing berkeliaran di kamar mandi, cacing dapat menyebarkan bakteri dan bibit – bibit penyakit. Di lain sisi, cacing juga dapat menginfeksi Anda dan keluarga Anda. Jika sudah begini, maka potensi Anda dan keluarga Anda untuk mengalami cacingan akan menjadi semakin besar.

Menurut hasil penelitian, keberadaan cacing di kamar mandi telah terbukti dapat menimbulkan beberapa penyakit di bawah ini:

1. Penyakit Kulit
Jika digunakan untuk mandi, air yang sudah terkontaminasi cacing biasanya akan menimbulkan gatal – gatal dan penyakit kulit.

Dalam praktek nya, meskipun cacing sudah dikeluarkan dari bak mandi, namun telur cacing masih tetap dapat menimbulkan ancaman yang serius. Maka dari itu, jika bak mandi Anda kemasukan cacing, sebisa mungkin segera kuras dan bersihkan bak mandi Anda tersebut menggunakan produk antiseptik.

2. Diare
Selain dapat menimbulkan rasa gatal dan penyakit kulit, jika dikonsumsi, air yang sudah terkontaminasi cacing biasanya juga dapat menyebabkan diare. Pasalnya, meskipun tidak terlihat secara kasat mata, air yang dimasuki cacing biasanya sudah mengandung telur cacing.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari lah penggunaan air yang sudah dimasuki / terkontaminasi cacing.

3. Penyebab Cacingan Pada Anak
Seperti yang telah kami sebutkan di atas, keberadaan cacing di kamar mandi akan meningkatkan risiko Anda dan keluarga Anda untuk mengalami penyakit cacingan.

Nah, dalam praktek nya nanti, orang yang paling beresiko mengalami cacingan karena keberadaan cacing di kamar mandi adalah anak – anak. Pasalnya, dibandingkan dengan orang dewasa, anak – anak cenderung jauh lebih rentan mengalami cacingan.

Cara membasmi cacing di kamar mandi

Penting untuk diingat, mengeluarkan cacing dari kamar mandi dengan cara menyiramnya ke arah saluran pembuangan air bukanlah solusi yang tepat. Pasalnya, meskipun cacing sudah keluar dari kamar mandi, namun kemungkinan besar cacing tersebut sudah meninggalkan telur dan bakteri penyebab penyakit di sekitar kamar mandi Anda.

Maka dari itu, jika cacing masuk ke kamar mandi Anda, selain mengeluarkannya dengan cara disiram, Anda harus turut membasmi telur dan bakteri yang ditinggalkan cacing di kamar mandi Anda.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Karbol
Karbol khusus kamar mandi biasanya sudah dilengkapi dengan zat antiseptik atau pun bahan kimia yang dapat membunuh bakteri dan telur cacing yang ada di kamar mandi Anda.

Dalam praktek nya nanti, meski pun kamar mandi Anda tidak dimasuki cacing, sebisa mungkin bersihkanlah kamar mandi Anda secara rutin menggunakan cairan karbol setiap 1 – 2 minggu sekali.

2. Garam
Selain dapat membasmi cacing, garam juga dapat dipakai untuk membasmi bakteri dan telur yang ditinggalkan cacing di kamar mandi. Cukup basahi lantai dan dinding kamar mandi Anda menggunakan larutan garam, nantinya bakteri dan telur cacing yang ada di kamar mandi Anda akan bersih dengan sempurna.

Cara mencegah cacing masuk ke rumah dan kamar mandi

Setelah dibasmi dengan cara di atas, agar cacing tidak kembali masuk ke dalam rumah dan kamar mandi Anda, Anda dapat menerapkan beberapa alternatif cara mencegah cacing masuk ke rumah dan kamar mandi berikut ini:
1. Rajin Membersihkan Lantai dan Dinding Kamar Mandi
Kamar mandi yang kotor biasanya cenderung jauh lebih disukai oleh cacing. Maka dari itu, sebisa mungkin bersihkanlah kamar mandi Anda secara rutin minimal setiap 1 – 2 minggu sekali.
2. Jangan Biarkan Kamar Mandi Anda Berlubang / Berongga
Lubang dan rongga di lantai atau pun dinding kamar mandi berpotensi dijadikan sebagai tempat cacing berkembangbiak. Maka dari itu, jika kamar mandi Anda berlubang atau berongga, langsung tambal lubang dan rongga tersebut menggunakan semen.
3. Gunakan Penutup Saluran Drainase yang Rapat / Berongga Halus
Agar cacing tidak masuk melalui saluran pembuangan air, sebisa mungkin gunakan lah penutup saluran drainase yang rapat atau pun berongga halus. Dengan begitu, selain air, tidak ada lagi benda – benda atau pun hewan yang bisa lewat melalui saluran tersebut.
Itulah beberapa alternatif cara membasmi cacing di rumah atau kamar mandi yang bisa Anda terapkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar