Cara Membasmi Hama Kutu Putih Pada Tanaman

Bagi Anda para pecinta tanaman hias, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hama kutu putih. Ya, hama ini merupakan salah satu jenis hama yang paling sering hinggap dan merusak keindahan tanaman hias yang ada di pekarangan rumah.

Biasanya, ketika tanaman hias sudah dihinggapi oleh hama kutu putih maka secara otomatis tanaman tersebut akan layu dan mati secara perlahan – lahan.

Selain menyerang tanaman hias, hama kutu putih biasanya menempel pada buah ataupun daun tanaman yang berbuah seperti cabai, pohon mangga, pepaya, serkaya, pisang, dan masih banyak lainnya.

Untuk mengatasi serangan hama kutu putih, mayoritas orang biasanya akan langsung menyingkirkan tanaman yang terserang hama tersebut. Pasalnya jika tidak segera disingkirkan, hama kutu putih tersebut biasanya akan menyebar dan menyerang tanaman – tanaman lain nya yang ada di sekitarnya.

Pertanyaannya, apakah menyingkirkan tanaman yang terserang hama kutu putih adalah satu – satunya cara terbaik untuk membasmi hama ini? Adakah cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir hama ini tanpa harus membuang tanaman yang sudah terinfeksi?

Untuk mengetahui jawabannya, Anda dapat membaca penjelasan lengkap kami di bawah ini:

Apakah hama kutu putih yang menempel pada tanaman dapat dihilangkan?

Hal penting pertama yang harus Anda ketahui adalah hama kutu putih pada dasarnya dapat dihilangkan. Ya, sama seperti hama – hama yang lain nya, hama ini juga dapat dihilangkan tanpa harus membuang tanaman yang sudah terinfeksi.

Maka dari itu, jika Anda memiliki tanaman hias atau pun tanaman biasa yang terinfeksi dengan hama kutu putih, sebisa mungkin tanaman tersebut jangan langsung dibuang ya! Terlebih jika tanaman hias tersebut merupakan tanaman hias yang mahal.

Cukup terapkan beberapa alternatif cara membasmi hama kutu putih di bawah ini, tanaman hias Anda pasti akan langsung terbebas dari hama kutu putih dan bisa terlihat cantik kembali.

Cara mengusir kutu putih yang menyerang tanaman

Secara keseluruhan, ada dua alternatif cara yang dapat ditempuh untuk memberantas keberadaan hama kutu putih di tanaman.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan bahan alami, dan cara ke dua adalah dengan menggunakan alat mekanik.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat membaca penjelasan di bawah ini:

1. Menggunakan Air Rebusan Batang Sereh

Cara membunuh hama kutu putih yang pertama adalah dengan menggunakan air rebusan batang sereh.
Seperti yang telah kita ketahui bersama, batang sereh memiliki aroma yang khas dan cukup menyengat. Nah, ternyata aroma khas yang dimiliki oleh batang sereh ini sangat tidak disukai oleh berbagai macam hama yang ada pada tanaman, termasuk salah satunya adalah hama kutu putih.

Nah, berangkat dari fakta tersebut, Anda dapat memanfaatkan batang sereh untuk dijadikan sebagai anti hama. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 kg batang sereh, lalu potong – potong hingga halus;
  • Setelah dipotong, haluskan kembali dengan menggunakan blender. Atau jika tidak ada blender, Anda dapat menumbuk atau pun menggepreknya dengan menggunakan batu / palu kayu;
  • Jika sudah halus / sudah digeprek, rebus sereh tersebut menggunakan 3 liter air hingga mendidih;
  • Setelah mendidih, diamkan hingga dingin, lalu saring menggunakan saringan santan;
  • Ambil bagian airnya, lalu tambahkan sekitar ½ sendok makan sabun cuci ke dalamnya;
  • Aduk hingga merata, lalu masukkan ke dalam alat penyemprot;
  • Semprot tanaman Anda yang terserang hama kutu putih dengan air tersebut secara rutin setiap 2 hari sekali hingga hama kutu putih di tanaman tersebut hilang dengan sempurna.

2. Menggunakan Air Sabun Cuci Piring

Jika cara di atas terasa repot, Anda dapat mengganti sereh dengan sabun cuci. Dalam hal ini ada dua alternatif cara menghilangkan hama kutu putih menggunakan sabun cuci piring yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  • Dengan menyikat bagian tanaman hias yang terserang hama kutu putih menggunakan air sabun cuci piring;
  • Dengan menyemprotkan air sabun cuci piring menggunakan alat penyemprot ke bagian tanaman yang terserang hama kutu putih secara rutin setiap 2 hari sekali.

Dibandingkan cara ke dua, cara pertama biasanya jauh lebih efektif. Namun begitu cara tersebut cenderung membutuhkan effort yang lebih besar.

Jika nantinya setelah disikat atau pun disemprot dengan air sabun, hama kutu putih di tanaman Anda sudah berhasil hilang dengan sempurna, Anda kami sarankan untuk tetap menjalankan perawatan rutin dengan cara menyemprot tanaman Anda menggunakan air sabun cuci piring setiap 1 bulan sekali.

3. Menggunakan Penyemprot Debu

Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika dilihat sekilas hama kutu putih memiliki tampilan yang sangat mirip dengan debu. Nah, karena tampilannya yang mirip dengan debu, kita dapat memanfaatkan alat penyemprot debu untuk menghilangkan hama kutu putih dari batang dan daun tanaman.

Cukup arahkan bagian moncong alat penghisap debu ke permukaan tanaman yang terserang hama kutu putih, secara otomatis hama kutu putih tersebut akan langsung hilang dan tersedot ke dalam vacum cleaner.

Itulah sedikit informasi mengenai cara menghilangkan hama kutu putih pada tanaman yang dapat kami bagikan ke pada Anda. selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar