Cara Membasmi Lintah Di Rumah dan Kamar Mandi

Bagi kebanyakan orang, lintah atau pacet sering kali dianggap sebagai hewan yang menjijikkan. Pasalnya hewan ini memiliki bentuk fisik yang mirip seperti cacing. Dan parahnya lagi, hewan ini juga memiliki sifat parasit, yaitu menghisap darah hewan dan manusia.

Di alam liar, lintah biasanya hanya menghisap darah hewan saja. Namun begitu dalam kondisi tertentu (terutama ketika kita tengah berkeliaran di alam terbuka) lintah terkadang juga turut menghisap darah manusia.

Kemampuan lintah dalam menghisap darah benar – benar sangat luar biasa. Pasalnya, meskipun menghisap darah, lintah cenderung tidak menimbulkan rasa sakit (pada korbannya). Hal ini dikarenakan lintah memiliki zat penghilang rasa sakit alami yang bekerja layaknya obat bius di dunia kedokteran.

Poin Penting

Penyebab banyak lintah di rumah

Habitat utama lintah normalnya berada di daerah perairan seperti sawah, sungai, parit, selokan, dll. Namun begitu, dalam kondisi tertentu, lintah terkadang juga dapat menyerbu ke areal dalam rumah, terutama areal – areal yang basah, seperti kamar mandi, kolam renang, dan juga wc.
Beberapa penyebab utama masuknya lintah ke dalam rumah adalah sebagai berikut:

1. Rumah Habis Kebanjiran
Karena lintah tinggal di daerah aliran air, maka ketika banjir, secara otomatis lintah akan terbawa arus banjir. Nah, ketika rumah Anda kebanjiran, maka secara otomatis lintah akan berpotensi terbawa arus banjir dan masuk ke rumah Anda.

2. Rumah Anda Berada di Dekat Selokan atau Sungai
Sama seperti halnya manusia dan makhluk hidup yang lainnya, lintah juga memiliki insting bertahan hidup yang tinggi. Ketika habitat mereka tengah terancam, mereka secara otomatis akan mencari habitat baru atau pun habitat sementara yang menurut mereka lebih aman.

Ketika parit dan selokan sedang banjir / dipenuhi air misalnya, lintah biasanya akan mencari habitat baru yang ia anggap lebih aman. Dalam hal ini, habitat baru / sementara tersebut bisa saja areal sekitar rumah Anda.

Di lain sisi, migrasi lintah ke areal sekitar rumah Anda juga dapat terjadi karena lintah tengah berupaya untuk mencari mangsa. Dalam hal ini, ketika mereka tidak berhasil menemukan mangsa di areal sekitar tempat tinggal mereka, maka lintah akan bergerak ke areal sekitar habitatnya.

3. Masuk Melalui Lubang Saluran pembuangan Air
Jika Anda sering melihat lintah di areal sekitar kamar mandi, maka kemungkinan besar lintah tersebut masuk ke kamar mandi Anda melalui lubang saluran pembuangan air.

Dalam hal ini, kemungkinan besar tutup lubang saluran pembuangan air di rumah Anda masih kurang rapat, sehingga lintah pun masih bisa melalui cela lubang tersebut dengan mudah.

Cara Membasmi Lintah yang Ampuh

Jika rumah ataupun di dalam air kolam ikan Anda kemasukan lintah, Anda harus segera membasminya. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda dan anggota keluarga Anda tidak digigit oleh lintah.
Untuk menbunuh lintah Anda dapat menerapkan beberapa alternatif cara membasmi lintah di bawah ini:

1. Menggunakan Garam
Selain dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, garam ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi lintah yang masuk ke dalam rumah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, lintah merupakan hewan yang berkulit licin. Nah, permukaan kulit lintah yang licin ini cenderung sangat sensitif terhadap garam. Berangkat dari fakta tersebut, kita dapat memanfaatkan garam untuk mengusir dan membasmi lintah yang masuk ke dalam rumah.

Secara keseluruhan, cara membasmi lintah menggunakan garam tergolong cukup mudah. Dalam hal ini Anda hanya perlu menaburkan garam ke seluruh permukaan tubuh lintah. Biasanya begitu terkena garam, lintah akan langsung menggeliat dan tampak kesakitan. Dalam hitungan beberapa menit, lintah pun akan langsung mati.

2. Menggunakan Bensin
Selain dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, minyak bensin juga sangat ampuh untuk dijadikan sebagai bahan untuk membasmi lintah. Cukup siramkan bensin ke seluruh permukaan tubuh lintah, dalam beberapa saat, lintah akan langsung menggeliat kesakitan dan berakhir mati.

3. Menggunakan Pestisida
Dalam dunia pertanian, lintah juga tergolong sebagai hama yang berpotensi merusak tanaman pertanian. Maka dari itu, kebanyakan produk pestisida yang beredar di pasaran saat ini biasanya juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai bahan untuk membasmi lintah.

Untuk membasmi lintah menggunakan pestisida, Anda hanya perlu menyemprotkan pestisida murni ke lintah secara langsung. Nantinya, begitu terkena cairan pestisida, lintah akan langsung menggeliat kesakitan dan berakhir mati.

4. Dengan Dipotong dan Dibakar
Penting untuk diingat, lintah adalah hewan avertebrata alias tidak memiliki tulang belakang. Karena tidak memiliki tulang belakang, lintah cenderung mampu bertahan hidup meskipun telah diinjak hingga pipih / penyet.

Maka dari itu, jika Anda ingin membasmi lintah, Anda sebaiknya jangan menginjaknya. Cukup potong tubuh lintah menjadi dua bagian, maka lintah akan langsung mati seketika. Bila perlu Anda juga dapat membakarnya di atas api yang panas.

Tips Mencegah Gigitan

Secara keseluruhan, gigitan lintah tak ubahnya sama seperti sebuah kecelakaan. Dalam hal ini, kita tidak bisa 100 persen menjamin tidak akan digigit lintah sama sekali, terutama ketika kita sedang berada di alam terbuka. Namun begitu kita dapat berusaha sebisa mungkin untuk menghindari gigitan lintah. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Kaos Kaki
Sampai saat ini masih banyak orang yang keliru dalam menghindari gigitan lintah di alam liar. Biasanya, agar bisa terhindar dari gigitan lintah banyak orang yang menggunakan sepatu yang tebal.

Sayangnya, beberapa di antara mereka biasanya lupa menggunakan kaus kaki yang tebal.

Padahal, meskipun sudah menggunakan sepatu, lintah tetap bisa masuk ke dalam sepatu untuk kemudian menggigit dan menghisap darah tanpa kita sadari

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, ketika Anda tengah berada di alam terbuka, sebisa mungkin gunakanlah kaus kaki yang tebal. Dengan begitu, meski pun lintah berhasil masuk ke dalam sepatu Anda, namun ia tidak akan bisa menggigit dan menghisap darah Anda.

2. Selalu Masukkan Baju ke Dalam Celana
Cara mencegah gigitan lintah yang selanjutnya adalah dengan selalu memasukkan baju / pakaian ke dalam celana.

Selain terlihat rapi, memasukkan baju ke dalam celana juga dapat mencegah lintah untuk masuk dan menggigit tubuh Anda. Nantinya, ketika baju dimasukkan ke dalam celana, maka secara otomatis lintah tidak akan memiliki celah untuk bisa menjangkau tubuh Anda.

Dengan begitu, perjalanan Anda di alam liar akan menjadi lebih aman.

3. Hindari Bersandar Pada Apapun
Jika Anda sedang berada di tepian sungai atau pun habitat – habitat lintah yang lain nya, Anda sebaiknya tidak bersandar pada apapun, baik itu pepohonan mau pun batu. Pasalnya, area – area tersebut biasanya adalah tempat favorit lintah untuk menunggu mangsa.

4. Selalu Membawa Obat Semprot Anti Serangga dan Garam
Lintah cenderung tidak menyukai aroma obat semprot anti serangga. Maka dari itu, kita dapat memanfaatkannya untuk menjauhkan lintah dari tubuh kita selama kita berada di alam terbuka.

Di lain sisi, garam bisa kita jadikan sebagai penangkal lintah dengan cara ditaburkan di sekeliling areal tempat kita beristirahat. Dengan begitu, lintah dan hewan – hewan lain nya tidak akan berani mendekati tubuh kita.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar