Cara Membasmi Rayap Kayu, Tanah, Kusen, Plafon Rumah Secara Alami

Rayap merupakan salah satu masalah di lingkungan tempat tinggal yang kerap dijumpai pada rumah atau furniture yang berbahan kayu. Selain menjengkelkan, keberadaan rayap sangat merugikan pasalnya material rumah dan perabot yang berbahan kayu menjadi rusak sehingga tak bisa bertahan lama.

Ada begiu banyak cara menghilangkan rayap dari furniture berbahan kayu, namun sebaiknya uuntu tidak menggunakan obat berbahan kimia, sebab dapat membahayakan anggota keluarga. Untuk mengatasi hal tersebut Anda teknperlu khawatir.? Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan alternatif mengusir rayap secara alami dan aman dari furniture rumah Anda.

Berikut cara praktis membasmi rayap di tanah, kayu, tembok, plafon, kusen, atap secara alami khususnya didalam rumah.

1. Jangan Pelit Ventilasi

Rayap sangat menyukai tempat yang lembap dan minim akan paparan sinar matahari, karena itulah ventilasi berperan untuk memudahkan sinar matahari masuk kedalam rumah dan mempercepat pengeringan furniture kayu yang diakibatkan oleh air.
Dengan memperbanyak ventilasi udara dirumah akan membuat rumah Anda lebih kuat sebab terhindar dari parasit merugikan yang satu ini.

2. Gunakan Pendingin Udara

Sperti yang telah disebutkan pada nomor 1, rayap sangat menyukai tempat-tempat yang lembab. Karena itulah, menggunakan pendingin pada suhu yang ekstrim menjadi alternatif membasmi rayap apling efektif.
Ingat,, rayap tidak menyukai kondisi yang terlalu dingin dan terlalu panas, apabila tidak memiliki pendingin, gunakan panas matahari dengan menaruh furniture ke luar ruang sehingga dapat terpapar sinar matahari dengan baik.

3. Memasang Jebakan Kardus

Ternyata ada alternatif yang cukup efektif untuk di coba! Jadi tak perlu menjemur atau mendingan perabotan rumah yaitu dengan memasang perangkap.

Cara pemanfaatan:
Cukup basahi kardus menggunakan sedikit air (ingat jangan terlalu basah) cukup buat kardus menjadi lembab. Kemudian, tempatkan kardus dengan lipatan agar lebih tebal pada sarang rayap, tunggu hingga 4 harian lalu cek apakah rayap sudah masuk perangkap? Apabila sudah terperangkap ambil kardus lalu bakar. Apabila gagal, silahkan dicoba kembali.

4. Bersihkan Halaman dari Genangan Air

Jauhkan furniture kayu dari genangan air, karena dimana ada genangan air, disitu pula rayap berkembang biak dengan cepat.
Untuk mencegah adanya rayap di furniture kayu, segera hilang genangan air.
Hal ini diperuntukkan pada saat musim penghujan, usahakan untuk membersihkan aliran air disekitar rumah Anda.

5. Membuat Semprotan Air Sabun

Yang kelima, membasmi atau mengusir rayap dengan semprotan air sabun yang bisa dibuat sendiri.

Caranya: campurkan 3sdm sabun cair dengan 1 gelas air, kocok hingga tercampur dengan merata, lalu masukan kedalam botol penyemprot, kemudian semprotkan pada sarang rayap.

Alternatif ini bertujuan untuk mengganggu sistem pernapasan rayap, sehingga lama-kelamaan rayap akan segera mati dengan sendirinya. Lakukan alternatif ini beberapa kali dalam sehari hingga rayap terbunuh sepenuhnya.

6. Membuat Larutan Garam

Alternatif membasmi rayap lainnya adalam menggunakan larutan air garam, cara pembuatan sama dengan semprotan air sabun.

Pertama, larutkan 3sdm kedalam mangkuk yang berisi air hangat kira-kira 75%

Setelah itu, masukkan larutan air garam tersebut ke dalam botol spray atau semprotan. Kemuadian semprotkan larutan tersebut pada sarang rayap, lakukan berulang-ulang kali sampai rayap mati sepenuhnya.

7. Larutan Kapur Sirih

Sama halnya dengan 2 langkah diatas, larutkan 2sdm  kapur sirih kedalam botol semprotan dan kocong hingga tercampur merata. Alternatif ramuan ini dapat juga digunakan untuk membasmi lalat, larva dan serangga jenis lainnya.

8. Cacing Nematoda untuk Membasmi Rayap

Cacing nematoda merupakan parasit yang bisa digunakan untuk membasmi serangga. Cacing nematoda bisa kamu temukan pada perkebunan atau halaman rumah, atau bisa kamu membeli cacing nematoda di toko pakan hewan.

Caranya: kamu cukup letakan cacing nematoda pada perabot atau kayu yang diserang rayap, kemudian biarkan rayap beserta telurnya dimakan habis oleh cacing nematoda.

9. Membasmi Rayap pada Rumah dengan Tanah Diatom

Tanah diatom dapat membuat rayap terkikis mati dan mengering, karena alasan itu rayap menghindar furniture kayu yang sudah ditaburi dengan tanah diatom.

Apabila rumah atau furniture Anda mudah diserang rayap, kamu harus mencoba tanah diatom sebagai alternatif membasmi rayap. Kamu hanya perlu menaburkan tanah diatom pada kayu atau furniture kayu dirumah.

10. Minyak jeruk

Minyak jeruk bisa dimanfaatkan sebagai alternatif membasmi rayap, cara kerja ramuan minyak jeruk adalah menghambat rayap untuk memakan furniture kayu dan mencegah rayap bertelur sehingga perlahan jumlah rayap menurun, sehingga lama kelamaan rayap akan hilang sepenuhnya.

Untuk mendapatkan minyak kamu bisa membelinya ditoko atau apotik, untuk membasmi rayap, cukup oleskan minyak jeruk berkali-kali hingga rayap benar-benar mati seluruhnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membasmi rayap secara alami hingga tuntas, semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. Punya pengalaman menarik? Ayo bagikan melalui kolom komentar.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar