Cara Mengatasi Bibir Kering Dengan Madu

Bibir kering dan pecah-pecah kerap menjadi suatu masalah yang sering dialami setiap orang saat cuaca tak menentu, jika kondisi tersebut tak segera diatasi dapat menyebabkan kulit bibir pecah-pecah, mengelupas hingga berdarah.

Lalu bagaimana cara mengatasi nya?

Bibir kering sering terjadi karena disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh, hal itu bisa diobati dengan konsumsi cairan dan nutrisi bervitamin tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Agar mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan keinginan, kamu bisa menerapkan pengobatan dari luar seperti memberikan pelembap pada bibir.

Lip balm dapat menjadi pilihan paling praktis untuk dilakukan sebagai pertolongan pertama, namun semua tak sesuai harapan! Pasalnya pada penelitian medis menyatakan bahwa sebagian orang justru mengalami pengelupasan, atau akan memperparah kondisi bibir setelah penggunaan.

Untuk itu sebelum kamu mencoba pelembab berbahan kimia, ada baiknya jika mencoba ramuan pelembap bibir alami seperti masker bibir yang direkomendasikan para ahli misalnya pakai madu.

1. Madu saja

Kandungan antibiotik, lengket, antioksidan, anti-radang, vitamin, mineral, antiseptik, pelembap, osmotik, dan anti-bakteri pada madu menjadikan ia sangat bagus apabila digunakan untuk perawatan bibir, khususnya memerahkan bibir hitam, mengobati bibir kering dan pecah-pecah yang berkepanjangan ataupun parah.

Kandungan Antibiotik, Antiseptik, Probiotik, Antibakteri dan Asam alami dapat membunuh bakteri, mencegah peradangan sekaligus berperan mengangkat kotoran sehingga akan mencerahkan bibir.

Sedangkan…

Kandungan antioksidan, osmotik, sifat lengket pada madu berguna dalam melembabkan bibir, mencegah kerusakan dari radikal bebas, dan meregenerasi sel kulit mati sehingga akan menjadikan kulit akan terlihat sehat, kencang, kenyal dan elastis.

  • Siapkan madu secukupnya.
  • Oleskan madu pada permukaan bibir secara merata dan tebal disertai pijatan kecil.
  • Biarkan hingga 10-15 menit, kemudian ulangi pengolesan sekali lagi.

Note: Penggunaan ramuan ini dapat digunakan untuk segaka usia seperti anak anak, dewasa.

Lakukan tips diatas 2x dalam sehari (pagi dan sore), minimal selama seminggu penuh guna mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan.

Baca juga: cara mengatasi bibir pecah pecah dan berdarah

2. Masker madu dan petroleum jelly (vaselin)

Kandungan air dan minyak pada Petroleum jelly menjadikan ia sangat bagus digunakan sebagai masker bibir, dan terbilang aman tanpa efek samping karena pembuatannya menggunakan bahan alami, pengguna petroleum jelly secara rutin dapat melembabkan bibir, membuat bibir lebih lembut dan lebih halus.

Jadi penggunaan madu dan vaselt menjadikannya perpaduan yang bagus untuk dicoba dan rasakan manfaatnya.

  • Siapkan madu, vaselin dan wadah kecil.
  • Taruh 2sdm madu dan 1sdt vaselin pada wadah kecil.
  • Aduk hingga tercampur merata.
    Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada bibir secara merata dan juga tebal disertai pijatan kecil.

Note: Gunakan petroleum jelly pada malam hari, dapatkan bibir yang lembut dan halus pada pagi harinya. atau bisa gunakan sehari penuh guna melindungi bibir dari radikal bebas.

Baca juga: cara memerahkan bibir secara alami dan cepat tanpa lipstik

3. Madu dan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang paling bermanfaat diantara segala jenis minyak lainnya dan harga terjangkau. Hal itu dikarenakan, didalam minyak zaitun terdapat kandungan penting diantaranya vitamin A, C, D, E, B1, B2, Mineral, Dan Zat besi.

Vitamin C berperan mengangkat sel kulit mati pada bibir, vitamin A dan D berfungsi sebagai antioksidan yang melancarkan peredaran darah dalam bibir, sedangkan… kandungan mineral bermanfaat sebagai pelembab alami agar bibir terlihat sehat dan elastis sepanjang hari.

Jadi, penggunaan antara kedua bahan ini menjadi perpaduan yang paling menakjubkan.

  • Siapkan minyak zaitun, vaselin dan wadah kecil.
  • Taruh 2sdm madu dan 1sdt minyak zaitun pada wadah kecil.
  • Aduk hingga tercampur merata.
    Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada bibir secara merata dan juga tebal disertai pijatan kecil.

Note: Gunakan petroleum jelly pada malam hari, dapatkan bibir yang lembut dan halus pada pagi harinya. dan cukup gunakanu minyak zaitun keesokan harinya guna melindungi bibir dari radikal bebas yang diakibatkan polusi dan terik matahari.

Baca juga: merk minyak zaitun untuk bibir

Sebagai tambahan, Anda juga perlu membaca cara memerahkan bibir dengan es batu yang sudah saya tulis pada kesempatan sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, bila ada kekurangan atau anda memiliki pengalaman bisa tambahkan melalui kolom komentar di bawah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba.

Tinggalkan komentar