Cara Mengatasi Bibir Kering Dengan Minyak Zaitun

Bibir kering dan pecah pecah merupakan masalah yang perlu di perhatikan dengan serius, jika tidak! Akan memicu peradangan yang mengakibatkan terjadinya luka dan akhirnya berdarah, hal itu akan mempersulit anda dalam penanganannya.

Bibir kering umumnya disebabkan oleh dua faktor, yaitu tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) dan cuaca panas yang ekstrem sehingga bibir tak mampu menjaga kestabilan kelembaban kulit bibir, untuk mengatasi hal itu diperlukan pelembab dari luar yaitu dengan memanfaatkan minyak zaitin.

Kenapa menggunakan minyak zaitun? Pada saat tubuh kekurangan cairan atau panas yang ekstrem, bibir tak hanya memerlukan pelembab, tapi juga nutrisi agar kesehatan bibir tetap terjaga sehingga pada kondisi seperti ini peran minyak zaitun menjadi sangat penting. Berbeda jika kamu hanya menggunakan pelembab dan berbahan kimia, justru akan memperburuk kondisi, karena pada kondisi seperti ini bibir akan menolak penggunaan pelembab sehingga akan cepat kering.

Bagi anda yang ingin mencoba ramuan ini, bisa mengikuti tahapan-tahapan sesuai dengan aturan di bawah ini:

1. Minyak zaitun

  • Cuci bersih wajah dan bibir, dimalam hari sebelu tidur.
  • Keringkan wajah dan bibir dengan menggunakan handuk bersih atau tisu.
  • Oleskan minyak zaitun secara merata pada permukaan bibir kamu, disertai pijata lembut dan untuk meratakan minyak zaitun pada permukaan bibir.
  • Diamkan hingga semalaman, kamu bisa tidur dengan minyak zaitun yang menempel pada bibir kamu.
  • Ketika bangun di pagi hari, kamu bisa membersihkan wajah dan bibir kamu untuk menghilangkan sisa-sisa minyak zaitun yang masih menempel.

Lakukan cara ini secara rutin kalau perlu setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Note: Di pagi hari sebelum melakukan aktivitas sebaiknya juga menggunakan minyak zaitun untuk dilindungan bibir dari radikal bebas, sehingga anda akan mendapatkan hasil luar biasa.

Baca juga: cara mengatasi bibir bengkak

2. Minyak zaitun dan lidah buaya

Lidah buaya mengandung segala jenis vitamin kecuali vitamin D, diantaranya ialah vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B6, dan B12, vitamin tersebut memiliki peran utama sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan melembabkan sekaligus menutrisi kulit agar kesehatan bibir tetap terjaga dengan baik dan elastis, sedangkan khusus vitamin C memiliki peran penting yaitu membantu mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan produksi kolagen dan sel kulit baru, memperlambat kerusakan sel, dan mengencangkan kulit.

  • Siapkan lidah buaya 1 batang, minyak zaitun dan wadah kecil.
  • Kupas kulit lidah buaya, dan ambil gel-nya saja, haluskan hingga menjadi cream.
  • Taruh lidah gel lidah buaya yang telah dihaluskan pada wadah dan tambahkan 2sdm minyak zaitun, aduk hingga tercampur rata.
  • Bersihkan bibir dengan air hangat, keringkan menggunakan handuk halus.
  • Oleskan ramuan lidah buaya tersebut pada bibir secara merata.
  • Biarkan hingga 10 menitan atau mengering.

Lakukan tips diatas 2x dalam sehari (pagi dan sore), minimal selama seminggu penuh guna mendapatkan hasil sesuai harapan anda.

Baca juga: cara menghilangkan bibir hitam akibat rokok

3. Minyak zaitun dan madu

Siapa sih yang tak kenal dengan madu? Sari alami dengan tekstur kental yang dihasilkan lebah dari serbuk bunga. Bahan herbal ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang telah teruji terutama pada bibir. Bukan tanpa alasan, kandungan antibiotik, bersifat lengket, antioksidan, anti-radang, vitamin, mineral, antiseptik, pelembap, osmotik, dan anti-bakteri pada madu memiliki peran masing-masing.

Kandungan antibiotik, antiseptik, probiotik, antibakteri dan aasam alami dapat membunuh bakteri sekaligus berperan mencerahkan kulit bibir.

Sedangkan…

Kandungan antioksidan, osmotik, sifat lengketpada madu berguna dalam mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, dan meregenerasi sel kulit mati sehingga akan menjadikan kulit akan terlihat sehat dan juga menjadi pelembab bibir alami.

Kedua bahan alami ini akan menjadi perpaduan paling sempurna dalam mengatasi masmasalah bibir kering dan pecah pecah sekaligus mencerahkan dan memerahkan bibir hitam.

Cara penggunaan:

  • Siapkan madu, minyak zaitun dan wadah kecil.
  • Tuangkan 1sdm madu dan 1sdm minyak zaitun pada wadah kecil, aduk hingga tercampur rata.
  • Bersihkan bibir dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk halus.
  • Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada permukaan bibir secara merata dan tebal disertai pijatan lembut.
  • Biarkan hingga sekitar 10 menitan atau mengering.

Lakukan tips diatas 2x dalam sehari (pagi dan sore), minimal selama seminggu penuh guna mendapatkan hasil sesuai harapan anda.

4. Lidah buaya dan mentimun

Mentimun memiliki sifat diuretik, pendingin, pembersih alami, dan kandungan air yang tinggi sehingga menjadikan ia sangat bagus untuk mengatasi berbagi masalah kulit bibir terutama sebagai pelembab alami. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin A, B, dan C, serta mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika berfungsi menutrisi bibir agar kesehatan bibir tetap terjaga.

Bahkan penggunaan masker kulit yang mengandung sari mentimun dapat membatu mengencangkan kulit yang kerutan, loh!

  • Siapkan mentimun, minyak zaitun dan wadah kecil.
  • Haluskan mentimun secukupnya dengan cara diblander hingga menjadi halus seperti cream.
  • Tuangkan mentimun yang sudah halus pada wadah, tambahka 1sdm minyak zaitun dan 1sdm susu murni, aduk hingga tercampur rata.
  • Bersihkan bibir dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk halus.
  • Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada permukaan bibir secara merata dan tebal disertai pijatan lembut.
  • Biarkan hingga sekitar 10 menitan atau mengering.

Lakukan tips diatas 2x dalam sehari (pagi dan sore), minimal selama seminggu penuh guna mendapatkan hasil sesuai harapan anda.

Sebagai tambahan, Anda juga perlu membaca cara mengatasi bibir kering dengan jeruk nipis yang sudah saya tulis pada kesempatan sebelumnya guna menambah wawasan anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, bila ada kekurangan atau anda memiliki pengalaman bisa tambahkan melalui kolom komentar di bawah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba.

Tinggalkan komentar