Cara Menghilangkan Bau Jengkol Di Mulut

Untuk anda penggemar jengkol, baik itu semur jengkol,gule jengkol maupun tumis jengkol, pasti anda memiliki masalah saat memakan makanan ini. Apalagi kalau bukan bau menyengat khas, yang selalu ditimbulkan. Bau membandel ini tentu sangat mengganggu orang-orang yang berinteraksi dengan kita, serta membuat tidak percaya diri.

Jangan sampai hubungan Anda dengan orang-orang sekitar anda menjadi terganggu akibat bau mulut tak sedap pasca menyantap jengkol. Nah, untuk itu, kami sarankan Anda menggunakan cara-cara berikut ini dalam menghilangkan bau jengkol yang kurang sedap tersebut. Apa saja?

Cara menghilangkan bau jengkol seketika

1. Gosok Gigi dan Berkumur

Cara ini memang terbilang klasik dan memang tidak terlalu efektif, namun menggosok gigi dan berkumur menggunakan cairan penyegar nafas terbukti dapat mengurangi bau jengkol di mulut.

Jadi, segera gosok gigi anda dengan menggunakan pasta gigi beraroma segar atau aroma mint setelah memakan jengkol. Kemudian langsung lanjutkan dengan berkumur menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi.

2. Daun Mint

Aroma segar dari daun mint memang ampuh untuk menghilangkan semua jenis bau, termasuk bau mulut akibat makan jengkol.

Caranya mudah, setelah makan jengkol, kunyah 1 atau 2 lembar daun mint selama 1-5 menit. Lalu berkumurlah dengan air hangat untuk membilas sisa daun mint di dalam mulut. Selain menghilangkan bau jengkol di mulut, daun mint juga memberikan sensasi dingin dan menyegarkan di dalam mulut Anda.

3. Minuman Bersoda

Minum minuman soda setelah makan jengkol juga dapat membantu menghilangkan bau nafas tidak sedap yang diakibatkannya. Namun, jangan meminum minuman soda terlalu sering karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan.

4. Air Garam dan Daun Sirih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kombinasi garam dan daun sirih dapat memelihara kesehatan gigi dan mulut. Bahkan saat ini kedua bahan ini juga digunakan dalam satu varian produk pasta gigi ternama di Indonesia.

Tidak perlu membeli pasta gigi terseut karena setelah makan jengkol, Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan berkumur menggunakan air garam yang dicampur dengan air rebusan daun sirih. Alhasil, bau jengkol di mulut akan hilang seketika.

5. Kopi Pahit

Walaupun rasanya pahit, ternyata kopi hitam memiliki khasiat menghilangkan bau jengkol di mulut, lho. Caranya sangat gampang, Anda dapat menyeduh kopi hitam tanpa gula kemudian meminumnya atau secara langsung menelan 4 sendok kopi hitam.

Kopi dapat menetralisir aroma jengkol yang tersisa di mulut anda. Namun, jangan sekali-kali menambahkan gula ke dalam kopi pahit yang anda buat jika anda ingin menghilangkan bau mulut akibat makan jengkol, sebab gula dapat membuat bau nafas Anda menjadi semakin tidak sedap dan juga kurang baik bagi Anda yang menderita diabetes.

6. Buah-buahan Berkadar Air Tinggi

Buah merupakan pencuci mulut yang alami dan praktis. Apalagi buah-buahan ternyata bisa salah satu cara untuk menghilangkan bau jengkol di mulut. pilihlah buah-buahan yang memiliki kadar air yang tinggi, seperti melon, semangka, jeruk, dan apel. Buah-buahan tersebut sudah terbukti mampu mengurangi bau jengkol di nafas dan mulut Anda.

7. Permen Karet atau Penyegar Nafas

Mengulum permen karet atau permen penyegar nafas juga efektif mengurangi bau mulut pasca mengkonsumsi jengkol. Usahakan memilih permen dengan aroma peppermint atau menthol sehingga dapat memberikan kesegaran di mulut Anda.

8. Vitamin B

Jenis vitamin yang satu ini ternyata sangat ampuh untuk menyerap bau mulut akibat mengkonsumsi jengkol. Apalagi vitamin B ini mudah ditemukan Anda bisa mendapatkannya di apotek atau toko obat terdekat.

Selain dapat menghilangkan bau mulut, vitamin B juga dapat membuat tubuh jadi lebih sehat. Bahkan, bau urine dan bau badan akibat konsumsi jengkol juga dapat berkurang jika Anda mengkonsumsi vitamin B ini.

Baca juga: cara menghilangkan bau pete

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak bau

Setelah di atas kita membahas beberapa cara menghilangkan bau yang timbul di mulut setelah mengkonsumsi jengkol, kini Anda juga harus tahu bagaimana cara menghilangkan bau jengkol waktu dimasak agar tidak meninggalkan bau di mulut ataupun pada air kencing di dalam kamar mandi, berikut bahan khusus untuk mengurangi bau yang menempel pada jengkol secara alami dengan cepat:

1. Daun Jeruk

Olah jengkol dengan menambahkan beberapa lembar daun jeruk di dalamnya. Daun jeruk dapat meredam aroma pekat jengkol yang kurang sedap. Setelah masakan matang, Anda bisa mengambil atau membiarkan daun jeruk tersebut.

2. Daun Salam

Jika menggunakan daun salam sebagai penghilang bau jengkol, Anda dapat melakukan cara yang sama seperti penggunaan daun jeruk. Opsi lainnya adalah merebus jengkol bersamaan dengan beberapa lembar daun salam.

3. Air Kapur Sirih

Air kapur sirih dapat digunakan untuk membuat aroma jengkol menjadi berkurang. Caranya cukup mudah, anda dapat merebus jengkol ke dalam air kapur sirih hingga mendidih agar baunya sedikit berkurang. Atau cara selanjutnya adalah dengan merendam jengkol ke dalam air kapur sirih, biarkan semalaman. Niscaya, bau jengkol yang kurang sedap akan hilang.

4. Abu Gosok

Cara ini merupakan cara yang tergolong cukup ekstrem, karena nantinya abu gosok yang anda gunakan adalah abu gosok yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Nyatanya hal ini memang dapat menghilangkan bau dari jengkol lho. Hal yang harus anda lakukan adalah rebus jengkol di dalam air, kemudian tambahkan sedikit saja abu gosok. Setelah itu, tiriskan air rebusan jengkol tersebut dan ganti dengan air bersih kemudian Rendam semalaman.

5. Daun Jambu Biji dan Teh Hitam

Sebelum dimasak, anda dapat rebus jengkol dengan beberapa lembar daun jambu biji dengan 1 sendok makan teh hitam. Dengan cara ini, bau jengkol yang sangat kuat dapat dinetralisir oleh aroma yang dihasilkan dari daun jambu biji dan teh hitam. Anda juga bisa menggunakan isi teh celup bekas untuk merebus jengkol..

Kandungan Gizi Jengkol

Meskipun bau, jengkol ternyata merupakan makanan yang kaya gizi lho. Dalam 100 gram biji jengkol, terdapat kandungan energi sebesar 133 kkal, protein 23,3 gram, vitamin A 240 SI, karbohidrat 20,7 gram, vitamin B 0,7 mg, fosfor 166,7 mg, kalsium 140 mg, besi 4,7 mg, air 49,5 gram dan vitamin C 80 mg.

Sebagai catatan, angka kecukupan gizi vitamin C yang dianjurkan per hari adalah 90 mg untuk pria dewasa dan 75 mg untuk wanita dewasa. Ini berarti, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, anda cukup mengonsumsi jengkol sekitar 100 gram. Selain itu karena kaya akan zat besi, jengkol menjadi makanan yang sangat dianjurkan bagi penderita anemia.

Itulah berbagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut dan saat direbus. Anda tidak perlu lagi takut untuk mengkonsumsi jengkol favorit anda. Semoga beberapa cara menghilangkan bau jengkol di atas dapat memberikan informasi yang berguna. Mari menikmati jengkol yang enak dan banyak gizi tersebut tanpa khawatir nafas menjadi tidak sedap dan mengganggu orang-orang di sekitas anda.

Nah, itulah diatas terkait cara menghilangkan bau jengkol yang membandel, serta hal-hal lain seputar jengkol. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar