Cara Mengusir Kecoa Di Rumah

Sebagaimana yang kita tahu, kecoa adalah serangga yang memiliki bentuk tubuh oval, pipih dorso-ventral. Kepalanya berada tersembunyi di bawah pronotum, dilengkapi dengan satu mata tunggal dan sepasang mata majemuk, sayap dua pasang menjadikan kecoa bisa terbang, antena panjang, dan tiga pasang kaki. Hewan satu ini identik sebagai hewan yang menjijikkan.

Meskipun kecil, nyatanya banyak orang yang akan menjerit-jerit kala dihinggapi hewan ini, terutama untuk wanita. Selain bentuknya yang menjijikkan, nyatanya kecoa juga bisa menimbulkan banyak penyakit bagi manusia.

Penyebab Munculnya Kecoa

1. Pembuangan kamar mandi yang langsung mengarah ke sungai dan got

Jika lubang pembuangan langsung mengarah ke sungai dan got, maka besar kemungkinan kecoa-kecoa yang berasal dari sana akan dengan sangat mudah memasuki kamar mandi rumah anda.

2. Lubang floor drain tidak tertutup dengan baik dan kotor

Floor drain yang memiliki lubang pori yang besar atau rusak atau tidak dapat tertutup rapat, dapat dimanfaatkan kecoa untuk masuk ke dalam rumah. Tentunya, floor drain yang kotor dapat menimbulkan bau yang akan menarik kecoa untuk datang.

3. Rumah yang kotor dan bau

Bukan hanya got atau saluran air yang bau, nyatanya rumah yang kotor atau yang mengeluarkan bau tidak sedap juga menjadi favorit kecoa. Terlebih bila kotoran berserakan di lantai. Pastinya hal ini dapat mengundang kecoa masuk dalam rumah.

4. Banyak sisa makanan yang berserakan

Sisa makanan yang ada di mana-mana, seperti di dapur, di atas meja makan atau bahkan di ruang tamu dapat mengundang kecoa datang pada malam hari dan memanfaatkan sisa makanan tersebut sebagai sumber makanan favoritnya.

5. Tidak mengecek dan membersihkan rak buku, rak baju, atau kotak-kotak penyimpanan

Kecoa memanfaatkan tempat-tempat dalam rumah, terutama rak buku, box, dan rak baju. Tempat-tempat seperti ini akan digunakan kecoa melindungi diri dari cahaya yang tidak mereka sukai, seperti halnya di dalam mobil.

Mengusir Kecoa Dari Dalam Rumah Dengan Cara Yang Menyenangkan

1. Daun Salam

Daun salam yang merupakan bahan atau bumbu dapur yang cukup umum digunakan ini ternyata memiliki bau yang tidak disukai oleh kecoa. Lantas, bagaimana penggunaannya agar bisa dimanfaatkan untuk memberantas kecoa? Caranya cukup mudah. Hanya letakkan daun salam dekat lubang atau retakan dimana kecoa biasa bertelur serta membentuk sarang. Jika kecoa juga mengganggu pakaian dan buku Anda, letakkan lembaran daun salam ke dalam tempat-tempat tersebut juga.

2. Larutan Amonia

Kecoa sering sekali bersembunyi dalam pipa pembuangan air. Buat larutan campuran antara amonia dan air kemudian siramkan dalam larutan pembuangan untuk membersihkan pipa. Bau amonia yang sangat menyengat akan mencegah kecoa bersarang di pipa tersebut.

3. Kapur Barus

Letakkan beberapa kapur barus di tempat-tempat yang Anda inginkan bebas dari kecoa. Kapur barus sangat efektif digunakan untuk memerangi serangga termasuk juga kecoa, karena kecoa tidak menyukai bau dari kapur barus. Selalu berhati-hati saat penggunaan benda ini, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak.

4. Minyak Aromaterapi Mint

Semprotkan minyak mint langsung ke kecoa atau di pojok-pojok dapur dan kamar mandi tempat kecoa biasa bersarang. Tips ini tidak langsung bekerja dengan cepat seperti metode yang lainnya, namun karena sifatnya alami dan tidak beracun, maka dapat membantu mengusir kecoa.

5. Mouthwash

Larutan yang biasanya digunakan sebagai antiseptik untuk berkumur ini ternyata juga dapat bekerja sebagai desinfektan yang mampu mengusir kecoa di rumah Anda. Caranya, larutkan mouthwash dengan air dan semprotkan ke pojok atau dinding tempat-tempat dimana kecoa biasa bersarang.

6. Jebakan Grease (Gemuk)

Buatlah jebakan dengan cara memasukkan makanan dalam toples bening yang bagian dalamnya telah dilumuri dengan grease. Biarkan semalaman. Kecoak akan terperangkap ke dalam toples karena dinding yang licin oleh grease.

7. Pemutih

Pemutih merupakan jenis desinfektan umum yang biasa ada di rumah dan dijamin bisa digunakan mengusir kecoa. Penggunaanya mudah, cukup larutkan pemutih ke dalam air dan tuangkan ke atas lantai atau bak cuci dapur.

8. Lemon

Lemon memiliki sifat anti pathogenic atau mencegah pertumbuhan bakteri, sehingga bisa dipastikan kecoa tak suka denga lemon ini. Jadi, anda bisa menambahkan perasan jeruk lemon ke dalam air, lalu gunakan untuk mengepel bagian rumah Anda. Selain bisa membunuh kuman, tentunya juga ampuh untuk mengusir kecoa.

9. Boraks

Taburkan boraks di sudut-sudut, retakan, bak cuci dapur, pipa dapur dan kamar mandi setelah itu biarkan selama semalam. Boraks dapat mengeringkan bagian dalam tubuh kecoa yang melakukan kontak dengannya. Selain itu, boraks juga bersifat sebagai racun bagi kecoa.

10. Larutan Sabun

Buat larutan sabun yang pekat dan semprotkan langsung ke kecoa. Sebagian besar dari kecoa akan mati, sebab larutan sabun diyakini bisa membuat kecoa susah bernafas.

11. Campuran Lada, Bawang Putih serta Bawang Bombay

Buat campuran antara satu sendok kecil lada, satu siung bawang putih, serta bawang bombay. Hancurkan lalu tambahkan satu liter air. Tambahkan larutan sabun bila perlu, setelah itu semprotkan ke dapur tempat kecoa biasa muncul. Dapat juga sebagai campuran untuk mengepel lantai karena kecoa akan tidak tahan dengan baunya

12. Timun

Letakkan potongan timun dan letakkan di tempat-tempat kecoa sering muncul. Penggunaan metode ini cukup aman karena timun bersifat tidak beracun, bagi manusia. Namun bagi kecoa sangat mengganggu.

13. Cairan Penyemprot Berbahan Dasar Cabai

Ambil 2 sendok teh saus cabai dan campurkan dengan air. Lalu tuangkan ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada daerah di mana biasanya kecoa muncul. Gunakan masker dan sarung tangan saat melakukan penyemprotan ini.

14. Baking Soda

Yang terakhir adalah baking soda. Sebagaimana yang kita tahu, baking soda merupakan salah satu bahan kue yang cukup populer digunakan masyarakat. Dan nyatanya bahan ini bisa dimanfaatkan untuk membasmi kecoa. Caranya, cukup campurkan baking soda dengan gula, lalu taburkan di daerah-daerah yang terdapat banyak kecoanya.

Tips Mencegah Kecoa Datang Lagi

Percuma kita berusaha keras mengusir kecoa, bila kita tak berusaha menemukan cara agar kecoa tidak berani datang lagi. Nah, untuk itu simak dan terapkan tips berikut ini guna mencegah kecoa datang kembali.

  1. Singkirkan sampah kebun yang ada di luar rumah Anda.
  2. Tutupi celah-celah pada rumah Anda agar kecoa tidak dapat masuk.
    Tutupi semua celah lemari piring di dapur Anda.
  3. Beri penutup ke semua bukaan pipa di dapur dan kamar mandi.
  4. Pasanglah perangkap penangkal kecoa.
  5. Semprot pestisida pada perangkap baik dalam bentuk gel ataupun cair.
  6. Pastikan untuk membersihkan dengan seksama tempat serta benda yang Anda gunakan untuk memukul/menginjak. Ketika induk kecoa mati, telurnya masih dapat menetas jika tidak disingkirkan dengan benar.
  7. Selalu buang keluar sampah Anda setiap malam sebelum tidur.
  8. Bersihkan rumah anda secara teratur.

Nah, itulah diatas beberapa tips mengusir kecoa dengan mudah, dan pastinya sangat efektif. Selamat mencoba.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar