Cara Mengusir Lalat Dirumah Secara Alami, Cepat, Aman, dan Permanen

Lalat adalah salah satu jenis serangga yang masuk dalam keluarga ordo Diptera, yaitu dalam kelompok serangga yang memiliki dua sayap dan aktif di siang hari, hewan ini hampir menyerupai nyamuk, ngengat, dan agas.

Kehadiran lalat tak hanya mengganggu anda ataupun keluarga saja, bahkan tak jarang beberapa penyakit muncul diakibatkan oleh hewan ini salah satunya penyakit cacingan. Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya lalat sering hinggap pada makanan basi atau sampah basah sehingga menjadikan hewan sumber penyakit yang perlu diwaspadai dan dibasmi secepatnya.

Untuk membasmi hewan ini diperlukan bahan alami agar tidak membahayakan seisi rumah, saat ini kamu tak perlu khawatir karena rosyad.web.id akan membagikan trik tradisional yang aman untuk memberantas lalat, namun sebelum iti kamu harus mengetahui penyebab ada lalat dirumah.

Penyebab Munculnya Lalat

Agar proses pemberantasan berhasil sesuai dengan yang anda harapkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan sarang atau tempat berkembang biaknya lalat, diantaranya:

1. Sampah
Penyebab adanya lalat di sekitar rumah yang pertama adalah tempat kotor atau ada banyak tumpukan sampah di sekitar rumah yang membuat lalat tertarik untuk hinggap dan berkembang biak.

2. Bangkai
Lalat juga menyukai bangkai, entah itu bangkai serangga, hewan seperti cicak, tikus, dan daging ayam, apalagi jika bangkai tersebut sudah mulai membusuk hal itu akan menimbulkan bau busuk pastinya memancing kedatangan lalat.

3. Sisa makanan
Sisa makanan yang mengeluarkan bau juga dapat memancing kemunculan lalat.
Note: Segera bersihkan segala jenis sampah yang dapat memicu kemunculan lalat agar kesehatan keluarga tetap terjaga.

Cara Mengusir Lalat Secara Alami

Berikut beberapa cara mengusir lalat dengan cepat dan tidak berbahaya yang dapat kamu lakukan dengan mudah di rumah:

1. Daun pandan

Aroma wangi yang dikeluarkan daun pandan tak hanya mampu sebagai cara mengusir semut, tapi juga ampuh mengusir lalat, karena daun pandan merupakan bahan alami jadi tidak akan mencemari makanan sehingga sangat aman digunakan.

Caranya:

Iris daun pandan kecil-kecil, lalu letakkan di mangkuk atau piring. Kemudian, tempatkan wadah berisi daun pandan ini di tempat yang sering disinggahi lalat, terutama di meja makan. Lalat akan menyingkir karena tidak menyukai aroma daun panda tersebut.

2. Susu dan Lada

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang dapat menarik perhatian lalat untuk mendekat, jadi tak heran jika ada gelas yang berisi susu akan segera dikerumuni lalat apabila tak ditutup dengan rapat, untuk itu kamu bisa memanfaatkan susu untuk menjebak dna membunuh lalat.

Caranya:

  • Rebus susu dalam panci, dan tambahkan gula pasir secukupnya dengan air 1,5 gelas
  • Masukkan lada bubuk ke dalam rebusan susu dan tunggu hingga air tersisa menjadi 1 gelas.
  • Letakkan rebusan susu tersebut kedalam mangkuk dan sajikan di atas meja makan, tanpa penutup apapun agar lalat terperangkap dan mati.

3. Daun Kemangi

Daun ini akan terdengar asing bila anda hidup diperkotaan dan belum pernah ke desa..? kemangi adalah semacam daun yang biasanya dimanfaatkan sebagai lalap makanan nasi dan sambal, contohnya ‘tempe penyet’, ‘lele penyet’, ‘ayam goreng’, daun ini memiliki aroma wangi harum yabgvtak disukai oleh lalat, karena itu kamu bisa memanfaatkan daun ini sebagai alternatif pengusir lalat tanpa efek samping

Caranya:

Pertama:

  • Siapkan daun kemangi 15-20 lembar.
  • Masukan kedalam panci beserta 2 gelas air bersih.
  • Masak hingga mendidih atau air tinggal 1 gelas.
  • Biarkan hingga dingin.
  • Setelah dingin masukan ke botol penyemprot, gunakan apabila ada lalat mendekat.

Kedua:
Kamu cukup menanam beberapa tumbuhan ini di sekitar rumah atau menjadikan ia sebagai tanaman hias dan menaruh pada tiap-tiap ventilasi udara seperti dijendela atau pintu rumah dengan menggunakan pot plastik.

4. Nyalakan Kipas Angin

Cara ini terbilang paling mudah dan aman untuk dilakukan, dengan menyalakan kipas angin tak hanya akan mnegusir lalat, tapi juga menjadi penyejuk ruangan dalam.

Caranya:

Anda cukup nyalakan kipas angin kearah serangga khususnya lalat, maka dengan cara ini lalat atau serangga terbang pengganggu lainnya akan langsung terusir karena terbawa oleh angin.

5. Daun Cengkeh

Ternyata daun cengkeh juga dapat digunakan pengusir lalat loh? demikian itu bukan tanpa alasan, pasalnya aroma wangi serta menyengat yang dikeluarkan oleh cengkih dapat mengganggu lalat, secara tidak langsung akan mengusir lalat dari dalam rumah.

Caranya:

Kamu cukup taburkan atau dengan memasukan cengkeh kedalam plastik dengan sedikit sobekan biar aroma cengkeh dapat keluar pada ventilasi udara seperti jedela atau pintu.

6. Lilin

Pasti kamu pernah melihat di warung makan ada beberapa lilin nyala meski di sinag hari? yups, alasan utama menyalakan lilin didalam warung tersebut ialah untuk mengusir lalat, hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya serangga pengganggu yang satu ini takut dengan panas dan juga bau yang dikeluarkan oleh lilin.
Oleh karena itu cukup dengan menyalakan beberapa lilin lalat yang ada didalam rumah akan hilang dengan cepat.

7. Sapu Lidi

Meski cara ini akan menguras tenaga, namun hasil yang akan kamu dapatkan lebih permanen dan lalat tak mudah kembali, pasalnya dengan melakukan alternatif ini akan membunuh lalat seketika.

Caranya:

Siapkan sapu lidi disamping anda, apabila ada lalat mendekat langsung pukul denfam sekuat tenaga, nah satu persatu lalat yang terkena akan mati.

8. Minyak Kayu Putih

Cara alami yang aman digunakan ialah menggunakan minyak kayu putih, kenapa? aroma menyengat yang dikeluarkan oleh minyak kayu putih secara perlahan dapat mengusir lalat dari rumah.

Caranya:

Semprotkan minyak kayu putih tempat yang sering dihinggapi oleh lalat, untuk memaksimalkan, pengusiran lalat taruh kayu putih di beberapa tutup botol aqua dan tempatkan pada ventilasi udara dirumah anda, seperti di jendela dan pintu.

9. Cuka Apel

Lalat merupakan hewan yang mudah untuk dijebak, untuk membuat jebakan tersebut Anda bisa memanfaatkan cuka apel yang memiliki aroma yang disukai alakat sehingga dapat menarik perhatian lalat untuk mendekatinya.

Caranya:

  • Gunakan botol air mineral ukuran 1500ml yang sudah bekas.
  • Gunting di bagian tengahnya, lalu isi botol tersebut dengan cuka apel secukupnya.
  • Setelah itu, buatlah tutup untuk botol tersebut menggunakan kertas dengan diberi lubang seukuran lalat (agar lalat dapat masuk dan terjebak).
  • Letakkan botol atau jebakan tersebut di tempat yang banyak lalatnya, maka tak memerlukan waktu lama lalat akan masuk ke dalam botol dan terperangkap.
  • Setalah itu terserah mau kamu apakan!

10. Plastik Yang Diisi Air

Meski tergolong cara unik, namun siapa sangka kita dapat memanfaatkan plastik dan air untuk mengusir lalat, selain mudah dilakukan juga cukup aman dan ramah lingkungan, loh!

Caranya:

  • Siapkan beberapa plastik, isi dengan air jernih hingga melembung kemudian ikat.
  • Letakkan plastik tersebut pada tempat yang sering dihinggapi lalat.

Cara ini memang sedikit tidak masuk akal, namun ketika ada lalat yang datang, lalat tersebut akan bingung dan menghilang karena adanya pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh plastik.

11. Lem Lalat

Lem lalat sangat ampuh digunakan untuk membasmi lalat. Lem ini sudah banyak dijual pada toko-toko tradisional terdekat atau toko khusus menjual obat pembasmi serangga.

Caranya:

Kamu bisa mengikuti aturan pakai yang sudah tertulis dilampiran lem tersebut.

12. Raket Nyamuk

Pasti kamu sudah tahu apa itu raket nyamuk kan? yups.. raket nyamuk dapat mengeluarkan tegangan listrik yang tinggi, sehingga serangga yang berukuran kecil pasti akan mati bila masuk ke raket tersebut. Meski raket ini memang diperuntukkan pada nyamuk namun kamu bisa menggunakannya untuk membunuh lalat.

Caranya:

Kamu cukup gunakan raket ini seperti anda gunakan pada nyamuk yaitu dengan mengayunkan ke udara atau ke arah lalat.

13. Bunga Lavender

Cara ini hampir sama hal nya dengan menggunakan daun pandan atau daun kemangi yaitu wangi-wangian alami. Bunga Lavender memiliki aroma sangat wangi yabg tak disukai oleh lalat sehingga aroma tersebut dapat mengusir lalat dari rumah anda.

Caranya:

Kamu cukup menanam buang lavender ini di sekitar rumah atau kamu bisa menaruhnya di tiap-tiap ventilasi udara seperti dijendela atau pintu rumah dengan menggunakan pot plastik.

14. Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga bisa digunakan untuk mengusir lalat loh? nyatanya bau yang dikeluarkan oleh kulit jeruk juga salah satu bau paling dibenci oleh lalat. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan sebagai alternatif.

Caranya:

  • Ambillah jeruk, kemudian kupas dan gunakan kulitnya saja.
  • Taruh pada sebelah makanan atau tempat yang sering dihinggapi lalat.

Note: sebaiknya jika kamu mencuci piring atau jenis alat makan menggunakan sabun dengan campuran jeruk agar lalat dan juga serangga lainnya tak mendekati.

15. Garam Dapur

Garam yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Selain mudah didapat menggunakan garam terbilang sangat ampuh.

Caranya:

Ambil garam secukupnya dan taburkan garam pada tempat yang sering hinggapi lalat, sebagai contoh taburkan disekitar makanan atau dapur. dengam menggunakan garam tak hanya akan mengusir lalat, tapi juga semut dan kecoa pun juga akan terusir.

16. Tirai Nyamuk

Meski diperuntukkan untuk nyamuk, tirai ini dapat mencegah lalat masuk kedalam ruangan khusus seperti tempat makan. Sehingga dengan penggunaan ini makanan anda jadi tidak tercemar oleh lalat.

17. Semprotan Serangga

Cara ini memang sangat ampuh dengan hasil cepat, namun dibalik keefektifan tersebut terdapata efek yabg dapat membahayakan anggota keluarga, karena pada dasarnya semprotan serangga mengandung racun yang berbahaya.
Dengan semprotan serangga tak hanya lalat saja yang akan mati, tapi juga serangga jenis lainnya pun ikut mati seperti kecoa, semut.

Note: Cara ini diperuntukkan untuk membunuh serangga membandel, namun dengan catatan harus berhati-hati dalam penggunaannya.

Cara Mencegah Agar Lalat Tak Kembali

Pada dasarnya lalat menyukai tempat kotor, kumuh dan bau, oleh karena itu sebaiknya anda segera membuang segala jenis kotoran dengan membersihkan secara teratur agar lalat tak datang kembali, dengan lingkungan bersih kesehatan anggota keluarga pun akan terjaga.

Nah demikianlah penyebab, cara mengusir lalat, dan mencegah lalat datang yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya pembaca. Apabila anda memiliki pengalaman menarik dalam mengusir lalat bisa menambahkannya melalui kolom komentar agar menjadi lebih bermanfaat bagi saudara kita lainnya. sekian dan terima kasih.

keyword: cara, obat, mengusir, membasmi, lalat dan nyamuk di kandang ayam, pada sapi , di siang hari, buah, penghisap darah, obat lalat muscagav semprot, cara membuat racun sendiri secara tradisional untuk pengendalian lalat

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

cara mengusir lalat
gambar lalat
lalat nakal
lalat buah
pengusir lalat
cara membasmi lalat
cara menghilangkan lalat
aplikasi pengusir lalat
banyak lalat di rumah pertanda apa
cara membasmi lalat buah secara alami
mengusir lalat buah dengan kapur barus
membasmi lalat buah
cara mengusir lalat di warung
cara mengusir tikus rumah
lalat ijo
lalat kecil

Tinggalkan komentar