Cara Mengusir Lebah dan Tawon Dari Rumah

Anda sedang merasa terganggu karena di sekitar rumah terdapat sarang lebah? Bingung bagaimana cara mengusir lebah tanpa takut tersengat?

Tenang, karena pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi terkait, bagaimana tips mengusir lebah yang paling ampuh dan mudah untuk dilakukan. Langsung saja, mari simak baik-baik pembahasannya di bawah ini.

Kenapa lebah bisa membuat sarang di rumah anda?

Sebelum melangkah pada pembahasan bagaimana cara mengusir lebah, Alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab hewan penghasil madu yang satu ini bisa membuat sarangnya di rumah anda.

Sebenarnyapenyebabnya sendiri bermacam-macam, namun, di antaranya adalah karena anda kurang bisa menjaga kebersihan lingkungan, sehingga lebah sangat menyukai atmosfer lingkungan yang seperti itu dan memutuskan untuk membuat sarang di sana.

Selain itu, peralatan yang tidak terpakai bisa menarik kawanan lebah madu untuk datang, karena mereka menganggap akan lebih mendapatkan perlindungan jika membuat tempat tinggal didekat peralatan tersebut.

Jika anda jarang membuang makanan atau minuman manis dalam keadaan tertutup pada tong sampah, penciuman lebah yang kuat akan terpancing dan akhirnya lebah tersebut akan datang. Semakin sering anda melakukan kebiasaan ini, maka rumah anda pun akan menjadi pilihan strategis untuk lebah membuat sarang.

Dan terakhir, adanya celah atau titik masuk potensial yang ditemukan oleh lebah, sehingga mereka ingin membuat sarang di tempat tersebut. jika celah rumah anda banyak, dan jarang ditutup, maka potensi lebah untuk masuk pun semakin besar.

Cara mengusir lebah di dalam rumah

Anda bisa memberantas segala jenis lebah ataupun tawon yang bersarang di atap kayu pada rumah anda, cara yabg paling umum ialah debgan menggunakan asap namun kami merangkum beberapa cara berikut ini untuk anda coba.

1. Singkirkan Sarang Lebah
Tips yang pertama adalah dengan cara menyingkirkan sarangnya. Lebah yang berada di atap rumah sebenarnya tidak terlalu mengganggu, akan tetapi anda bisa menyingkirkan sarangnya jika tidak ingin lebah-lebah tersebut beterbangan di sekitar rumah anda.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mencermati saat-saat di mana lebah pergi meninggalkan sarang. Lalu ketika lebah-lebah tersebut sudah pergi, kikislah sarang tersebut dengan menggunakan pisau sampai sarang itu benar-benar hancur.
Nah, saat lebah tersebut kembali dan dia mendapati rumahnya sudah tidak ada, maka dengan sendirinya dia akan meninggalkan tempat tersebut dan mencari tempat yang baru.

2. Usir Dengan Menggunakan Ban Bekas
Anda punya ban bekas mobil atau motor yang tidak terpakai?

Jangan dulu dibuang!

Kenapa? Karena ternyata, nih, ban tersebut bisa anda manfaatkan supaya bisa mengusir lebah yang membuat sarang di area sekitar rumah anda.

Loh, kok, bisa? Lantas bagaimana caranya?
Caranya mudah, kok, anda hanya perlu membakar ban tersebut sampai mengeluarkan bau yang khas. Kemudian dekatkanlah ban bekas itu ke dekat sarang lebah, setelah itu, anda harus segera bersembunyi dari jangkauan lebah yang beterbangan.

Suhu panas serta aroma ban bekas yang telah dibakar akan membuat lebah lari pontang-panting berhamburan keluar dari sarangnya. Nah, pada saat sarangnya sudah kosong, segera buang sarang tersebut jauh-jauh. Simple sekali, bukan?

3. Membuat Perangkap Menggunakan Cuka
Tips berikutnya adalah dengan membuat ramuan khusus. Ada 2 jenis perangkap lebah yang bisa anda buat sendiri. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Cara pertama:

  • Silahkan anda ambil botol soda bekas dengan ukuran 1,5 liter. Lalu potonglah seperempat dari bagian atas botol tersebut, kemudian masukkan potongannya ke dalam dengan keadaan terbalik.
  • Isilah botol dengan menggunakan larutan cuka apel dan juga sabun cair yang biasa dipakai untuk mencuci piring. Kemudian masukkan satu atau beberapa daging mentah untuk memancing lebah.
  • Gantungkan botol tersebut di dekat sarang lebah, maka lebah pun akan terpancing dengan sendirinya, lalu dia akan masuk ke dalam botol dan tenggelam.

Cara kedua:

  • Untuk perangkap yang kedua ini, anda tidak perlu memotong dan menggantung botol soda bekas terlebih dahulu.
  • Anda hanya perlu menyediakan beberapa ember atau wadah apapun yang telah berisi cuka, air gula, dan sabun cair pencuci piring. Lalu tunggulah para lebah mendekati perangkap tersebut, jika berhasil masuk maka mereka akan langsung tenggelam di dalamnya.

4. Mengubah Lingkungan Tempat Tinggal
Untuk tips yang keempat ini mungkin sedikit lebih mahal, karena anda dituntut untuk mengeluarkan kocek yang tidak sedikit.
Untuk membuat lebah tidak kembali lagi ke sekitar rumah anda, mulailah dengan cara menebang pohon yang bisa dijadikan sarang bagi lebah atau bisa juga dengan cara mengecat tembok pada tempat yang biasa dijadikan sarang.

Suasana yang tampak lebih fresh dan berbeda akan membuat lebah kebingungan dan akhirnya mencari tempat yang baru.
Walaupun tips yang satu ini terbilang tidak efektif, namun tips ini bisa anda lakukan jika kebetulan anda juga sedang ingin merenovasi rumah. Dengan demikian anda sudah melakukan 2 hal sekaligus yaitu mengusir lebah dan merenovasi rumah.

5. Semprot Dengan Menggunakan Insektisida
Keberadaan lebah memang cukup mengganggu. Apalagi jika anda pernah mengalami sengatan dari lebah tersebut secara langsung. Hii … tentu saja hal itu tidak ingin terulang lagi, bukan?
Cara mengusir lebah berikutnya yang terbukti ampuh adalah dengan cara menyemprot sarangnya dengan menggunakan insektisida.

Saran dari kami, carilah waktu pada saat lebah masih berada di dalam sarang, sehingga anda dapat membasmi hewan yang satu ini dengan jumlah yang banyak.
Sebagai tambahan, persiapkan juga baju yang tertutup beserta helm khusus untuk melindungi wajah dan leher anda dari sengatan lebah.

6. Memanggil Jasa Pembasmi Lebah
Jika seluruh tips di atas tak kunjung juga berhasil mengusir lebah, maka cara yang terakhir adalah anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pembasmi lebah.

Jasa profesional pengusir lebah dapat membantu anda untuk mengusir hewan tersebut dari rumah.Selain mudah, anda pun jadi tidak perlu khawatir lagi akan disengat oleh kawanan lebah. asalkan anda tidak berada dekat dengan petugas jasa pembasmi tersebut.

Tips menghindari dan mengatasi sengatan lebah

Apa yang terjadi jika anda terkena sengatan lebah? Yup, kulit yang disengat oleh lebah biasanya akan membengkak dan terasa perih bila disentuh. Walaupun sengatan hewan ini tidak menyebabkan kematian, tapi jika anda disengat dalam jumlah banyak, tentu saja risikonya adalah tetap nyawa anda sendiri.

Lantas bagaimana supaya bisa terhindar dari sengatan lebah? Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dengan mudah.

1. Bilas Botol Minuman Sebelum Dibuang
Tahukah anda, percaya atau tidak lebah adalah hewan yang menyukai minuman yang manis. Nah, apabila anda hendak membuang botol minuman manis, sebaiknya anda bilas terlebih dahulu botol tersebut dengan air, sebelum nantinya dibuang ke tempat sampah.

Hal ini cukup efektif untuk mencegah lebah berada di dekat tempat sampah yang ada di rumah anda.

2. Jangan Mengganggu Lebah
Nah, yang satu ini hanya berlaku apabila anda sedang berada di peternakan lebah atau pun taman yang dipenuhi oleh hewan tersebut. Jangan pernah mengganggu aktivitas lebah, karena pasalnya mereka tergolong serangga yang sangat sensitif dan akan merasa terancam dengan keberadaan anda.

Jika mereka sudah merasa terancam, maka dengan sendirinya para lebah akan langsung agresif untuk mengejar anda.
Tidak inginkan hal itu terjadi? So, jangan pernah ganggu hewan ini.

3. Jangan Terlalu Wangi
Sst … lebah adalah salah satu hewan yang sangat menggilai bunga-bunga. Nah, jadi, jika anda mengenakan krim atau wewangian apapun yang mempunyai aroma khas seperti bunga, maka dijamin lebah tersebut akan mendekati anda karena mengira ada bunga di sekitar mereka. Maka dari itu sebaiknya gunakan produk yang memiliki bau netral saja.

4. Hindari Warna Mencolok
Pernah mendengar sebuah pepatah “ada gula ada semut?”. Yup, kebanyakan lebah menyukai baik itu makanan maupun minuman yang bergula. Nah, jika anda membawa bekal makanan atau minuman yang seperti itu, sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup. Hal ini untuk meminimalisir lebah tertarik dan mendekati anda.

Dan satu lagi, gunakanlah pakaian yang berwarna terang. Sebuah penelitian menunjukan walaupun pakaian tidak memiliki efek yang besar dalam menarik lebah, tapi ternyata, nih, pakaian gelap dan merah cenderung membuat lebah marah dan menganggap anda adalah sebuah ancaman. Di samping itu, pakaian dari kulit atau yang berbulu juga dapat membuat lebah marah.

5. Memakai Alas Kaki
Banyak lebah yang tinggal di permukaan tanah. Nah, jika anda tidak sengaja menginjak sarang atau mengganggu aktivitas lebah tersebut maka bersiaplah anda akan menerima sengatan mereka. Cara terbaik untuk mencegah hal ini tidak terjadi adalah dengan selalu melindungi kaki dengan sepatu.

6. Tetap Tenang
Apabila keadaanya lebah terlanjur sudah mendekati anda, maka tetaplah bersikap tenang.
Jika anda melakukan gerakkan menghalau atau justru malah panik, hal tersebut akan membuat lebah terpancing menjadi lebih marah.
Saran dari kami, menyingkirklah secara perlahan dari tempat itu, pandang arah lain, berjalanlah dengan tenang sampai anda benar-benar berhasil menghindari lebah-lebah tersebut.

Cara mencegah lebah membuat sarang

1. Jangan Pernah Meninggalkan benda-benda yang dapat menarik lebah
Yang pertama adalah dengan cara menjaga makanan agar tetap tertutup dan simpanlah makanan-makanan dengan se-segera mungkin setelah anda selesai memakannya.

Gunakan plastik sampah serta penutup yang pas pada semua tempat sampah yang berada diluar ruangan. Jika dibiarkan begitu saja, maka dijamin lebah akan merekomendasikan pada teman-temannya yang lain untuk membuat sarang di sekitar rumah anda.

Kenapa? Karena mereka suka makanan-makanan manis yang anda biarkan terbuka begitu saja.

2. Tutup Semua Lubang yang Berpotensi menjadi Sarang
Tutuplah semua lubang yang dapat memungkinkan lebah bisa masuk dan membuat sarang. Jangan biarkan ada celah sedikitpun yang terbuka.

3. Buang Sampai Bersih bekas Sarang Lebah
Jika sebelumnya salah satu tempat di rumah anda pernah dijadikan sarang lebah, maka potensi lebah yang baru akan membuat sarang yang sama di tempat tersebut sangatlah besar. Terutama jika anda tidak membersihkan sarangnya sampai bersih. So, bersihkan sampai tuntas, ya.

Nah, demikianlah pembahasan lengkap mengenai tips mengusir lebah serta pembahasan terkait lainnya tentang lebah yang harus anda tahu. Semoga bermanfaat bagi anda, ya.

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar