Cara Mengusir Nyamuk dengan Bumbu Dapur

Meskipun terlihat sepele dan memiliki ukuran yang sangat kecil, nyamuk merupakan hewan yang sangat berbahaya. Menurut data statistik, nyamuk saat ini bahkan tengah menduduki posisi pertama dalam daftar hewan paling mematikan di dunia. Dalam daftar ini, nyamuk berhasil mengalahkan berbagai macam hewan buas, seperti ular King Cobra, buaya, dan juga harimau.

Karena sifatnya yang sangat berbahaya, sudah semestinya kita berusaha sebisa mungkin untuk melindungi diri dan keluarga kita dari serangan dan gigitan nyamuk. Saat ini, ada banyak alternatif cara membasmi nyamuk yang bisa kita coba untuk terapkan, seperti salah satunya adalah dengan menggunakan bahan bumbu dapur.

Cara Mengusir Nyamuk Menggunakan Bumbu Dapur

Selain dapat digunakan untuk memasak, beberapa bahan bumbu dapur ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Beberapa bahan bumbu dapur yang telah terbukti ampuh untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk adalah sebagai berikut:

1. Bawang Putih

Bawang putih sangat terkenal dengan aroma nya yang menyengat. Nah, ternyata aroma menyengat yang dimiliki oleh bawang putih ini sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Berangkat dari fakta tersebut, kita dapat menggunakan bawang putih untuk mengusir nyamuk di rumah kita. Caranya, cukup haluskan beberapa siung bawang putih, lalu rebus dalam air hingga mendidih. Setelah mendidih, Anda tinggal memasukkan air rebusan bawang putih tersebut ke dalam botol semprotan.
Terakhir, Anda tinggal menyemprotkan air rebusan bawang putih tersebut ke area – area yang sering dihinggapi nyamuk.

2. Daun Sereh atau serai

Sama seperti halnya bawang putih, daun sere juga memiliki aroma yang cukup menyengat. Nah, karena aromanya tersebut, kita bisa memanfaatkan nya untuk dijadikan sebagai anti nyamuk alami.

Caranya:

  • Ambil dua ruas batang sere, lalu tumbuk hingga pecah
  • Siapkan 3 gelas air bersih, lalu rebus hingga mendidih
  • Setelah mendidih, masukkan batang sere yang telah ditumbuk sebelumnya ke dalam air tersebut, lalu biarkan hingga dingin
  • Setelah dingin, masukkan air tersebut ke dalam semprotan, lalu semprotkan ke bagian rumah Anda yang sering dihinggapi nyamuk

3. Ragi dan Gula Merah

Selain digunakan sebagai bahan bumbu masakan, ragi dan gula merah ternyata juga ampuh untuk dijadikan sebagai bahan alami pengusir nyamuk.

Caranya:

  • Siapkan satu botol plastik bening, lakban, gula merah, ragi, dan air hangat
  • Potong botol plastik menjadi tua bagian, lalu masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan posisi terbalik. Agar tidak mudah lepas, rekatkan ke dua bagian botol menggunakan lakban
  • Campurkan gula merah, ragi dan air hangat, lalu aduk hingga merata
  • Masukkan campuran air hangat, ragi, dan gula merah tersebut ke dalam botol
  • Letakkan botol tersebut di tempat yang banyak dihinggapi nyamuk
  • Nantinya nyamuk akan terperangkap di dalam botol tersebut

Jadi bagaimana? Setelah membaca tulisan di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan bumbu dapur sebagai bahan alami pembasmi nyamuk? Atau Anda memiliki alternatif lain yang lebih aman? Jika ada, mohon tambahkan cara tersebut di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar