Cara Mengusir Ular Dari Rumah

Siapa sih yang tidak takut dengan ular? Mayoritas orang di seluruh penjuru dunia ini (di luar pecinta reptil) pasti merasa takut ketika bertemu atau pun berhadapan dengan ular. Terlebih jika ular yang dihadapi adalah ular yang berbahaya seperti ular kobra atau pun ular piton.

Ular cenderung ditakuti karena memiliki bisa yang mematikan. Di lain sisi, meskipun jarang terjadi, beberapa ular berukuran besar yang tidak berbisa juga dapat memangsa dan menelan manusia hidup – hidup.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari lah bermain – main dengan ular. Jika ular masuk ke rumah Anda, Anda sebaiknya langsung mengusir dan membuangnya ke  keluar rumah, agar ia bisa kembali ke habitat aslinya.

Penyebab Ular Masuk Rumah

Pada dasarnya mayoritas ular yang ada di dunia ini cenderung tidak menjadikan manusia sebagai mangsa utamanya. Dalam hal ini, meskipun dalam beberapa kasus ada beberapa ular berukuran besar yang memangsa manusia, namun secara keseluruhan jumlah kasus tersebut relatif sangat sedikit.

Satu – satunya alasan kenapa ular masuk ke dalam rumah adalah karena ular tersebut tengah mencari tempat tinggal sementara yang ia rasa nyaman. Pasalnya, seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini hutan, sungai dan rawa – rawa yang merupakan habitat asli ular sudah banyak mengalami kerusakan.

Nah, karena habitatnya sudah rusak, maka ular akhirnya berusaha mencari habitat baru yang ia rasa lebih aman.

Di daerah – daerah tertentu, di musim dingin atau pun musim penghujan, ular biasanya masuk ke rumah untuk mencari tempat yang hangat. Konon, di beberapa negara beriklim subtropis seperti Amerika Serikat, setiap tahunnya ada puluhan atau bahkan ratusan ular yang mati karena tersengat listrik ketika tengah berusaha menghangatkan suhu tubuh.

Di lain sisi, ular biasanya tinggal di area pemukiman atau kebun milik penduduk karena keberadaan hewan ternak seperti bebek dan ayam. Hal ini terjadi karena jumlah makanan / mangsa di sekitar habitatnya yang sudah sangat jarang / sedikit, sehingga mau tidak mau ia harus mencari mangsa di luar lingkungan habitatnya.

Cara mengusir Ular yang masuk ke halaman rumah menurut islam

Jika rumah Anda kemasukan ular, Anda dapat menerapkan beberapa alternatif cara mengusir ular di bawah ini:

1. Gunakan Wewangian
Salah satu kesalahan terbesar yang banyak dilakukan masyarakat ketika tengah berupaya mengusir ular adalah menaburkan garam. Biasanya tindakan ini dilakukan karena anggapan yang salah bahwa ular merupakan hewan berkulit licin / berlendir.

Padahal, alih – alih berlendir, ular memiliki kulit yang kasar dan bersisik, sehingga sama sekali tidak takut pada garam.

Nah, ternyata benda yang lebih ditakuti oleh ular adalah aroma yang wangi. Pasalnya, ular cenderung memiliki kemampuan penciuman yang sangat tajam. Ketika mencium bau wewangian yang terlalu tajam, kemampuan penciuman ular akan terganggu, sehingga ia cenderung akan menjadi kurang responsif.

Berangkat dari fakta tersebut, Anda dapat memanfaatkan wewangian seperti minyak parfum atau pun pengharum ruangan untuk disemprotkan ke arah ular yang masuk ke dalam rumah.

2. Menggunakan Karbol
Selain dapat digunakan sebagai pembersih lantai dan kamar mandi, karbol ternyata juga cukup ampuh untuk digunakan sebagai bahan pengusir ular.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, karbol cenderung memiliki aroma yang tajam. Aroma tajam tersebut cenderung sangat tidak disukai oleh ular.

Di lain sisi, karbol juga memiliki kandungan berbagai macam zat kimia yang dapat merusak sensor gerak yang ada di kulit ular.
Biasanya, begitu disiram dengan karbol, ular akan langsung pergi meninggalkan rumah. Hanya saja, perlu diingat, ketika disiram dengan karbol, ular biasanya akan menunjukkan reaksi perlawanan yang sangat berbahaya.

3. Giring Ular Menggunakan Benda Bergagang Panjang
Benda bergagang panjang seperti sapu atau pun gala dapat digunakan untuk menggiring ular ke luar rumah. Dengan menggunakan bantuan benda bergagang pangjang, nantinya potensi Anda untuk terpatok ular akan menjadi semakin kecil.

Jika ular yang masuk ke rumah Anda adalah jenis ular yang berbahaya, sebisa mungkin gunakan lah tongkat yang panjang. Selain itu, aturlah jarak aman antara Anda dan ular yang ingin Anda usir ke luar. Dengan begitu, peluang Anda untuk digigit ular akan menjadi semakin kecil.

4. Menggunakan Tali Ijuk
Tali ijuk memiliki permukaan yang kasar. Karena permukaan kasar yang dimilikinya tersebut, tali ijuk cenderung sangat ditakuti ular. Lantas, bagaimanakah cara mengusir ular menggunakan tali ijuk? Apakah dengan cara dililitkan ke badan ular?

Bukan! Terlalu berisiko jika Anda berusaha melilit badan ular menggunakan tali ijuk. Satu – satunya hal yang perlu Anda lakukan hanya lah mencambuk badan ular menggunakan tali ijuk yang panjang.

Cambukan tersebut nantinya memang tidak akan membunuh atau pun melukai ular, dan tujuan utamanya pun memang bukan untuk membunuh ular tersebut. Tujuan mencambuk ular dengan ijuk tersebut hanya untuk menakut – nakuti ular agar ia segera pergi ke luar rumah.

Tips mencegah agar ular tidak masuk ke dalam rumah

Meskipun tidak semua ular mematikan, Anda tentunya tidak ingin ada ular buas berkeliaran di rumah Anda bukan. Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda dapat menerapkan beberapa tips mencegah ular masuk rumah di bawah ini:

1. Jaga Kebersihan Rumah
Penting untuk diketahui, ular biasanya suka dengan tempat yang gelap dan lembab. Nah, maka dari itu, agar rumah Anda tidak dijadikan sarang ular, sebisa mungkin bersihkanlah rumah Anda secara rutin. Jika ada barang – barang yang tidak terpakai, Anda sebaiknya langsung membuangnya ke tempat sampah.

Dengan begitu, nantinya potensi ular untuk masuk rumah Anda akan menjadi semakin kecil. Di lain sisi, kalau pun ular masuk ke rumah Anda, Anda akan bisa mengetahuinya dengan cepat sehingga berbagai macam kemungkinan buruk yang berpotensi terjadi pun bisa segera diantisipasi.

2. Merapikan Taman
Seperti yang telah kami sebutkan di atas, ular cenderung menyukai tempat yang gelap dan lembab.

Maka dari itu, agar taman Anda tidak dijadikan sarang atau pun tempat peristirahatan ular, sebisa mungkin rapikanlah taman Anda secara rutin setiap beberapa hari / minggu sekali.

3. Tutup Semua Lubang di Rumah
Agar rumah Anda tidak bisa dimasuki ular, Anda sebaiknya menutup seluruh penjuru rumah Anda dengan rapat. Khusus untuk ventilasi udara, Anda dapat memanfaatkan kawat jaring yang tidak dapat dilalui ular.

4. Jaga Rumah Anda Tetap Wangi
Karena ular tidak menyukai wewangian, sebisa mungkin upayakanlah agar rumah Anda selalu berada dalam kondisi yang wangi. Dengan begitu, ular akan selalu menjauh dari rumah Anda.

Mitos apabila ular masuk rumah

Sampai saat ini, masih banyak kalangan masyarakat yang percaya bahwa masuknya ular ke rumah adalah sebuah pertanda. Setidaknya ada dua mitos tentang ular masuk rumah yang banyak diyakini oleh masyarakat, yaitu:

  • Ada hutang atau pun nazar yang belum terbayar.
  • Ada orang (lawan jenis) yang sedang menyukai Anda.

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengusir ular dari rumah yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Artikel lain, dalam topik Basmi Hama:

Tinggalkan komentar