Cek Metrik Youtube Analytics Ini Sebelum Menjangkau Target Audiensi

Dalam menggunakan Youtube analytics, terdapat sejumlah metrik atau alat ukur yang harus Anda pantau secara berkala. Pasalnya, Anda akan mengetahui engagement serta menentukan strategi yang diaplikasikan agar video dapat menjangkau audiensi yang ditargetkan.

Lalu, apa saja metrik yang harus Anda periksa di Youtube?

  • Watch time

Disitat dari Hubspot, watch time merupakan jumlah yang dihabiskan penonton menyaksikan video. Metrik utama ini menentukan bagaimana Youtube menempatkan channel di laman pertama hasil pencarian.

  • Realtime

Keunggulan analytics di Youtube adalah memungkinkan Anda melihat jumlah orang yang menonton video secara real time. Namun, metrik tersebut hanya dapat dilihat pada video yang dipublikasikan dalam waktu 48 jam.

  • Subscriber

Barangkali Anda kenal dengan metrik satu ini. Subscriber mengacu pada jumlah orang yang berlangganan ke channel Youtube. Semakin banyak jumlahnya, semakin tinggi juga potensi view yang diberikan.

  • Engagement

Engagement merupakan metrik yang mengacu pada likes, dislike, comment, serta share. Pada Youtube analytics, terdapat tab khusus yang membantu Anda mengecek engagement yang bisa dimanfaatkan mengembangkan strategi.

  • Audience retention

Terakhir ada audience retention, yakni metrik yang akan memberitahu Anda persentase audiensi yang meninggalkan video atau channel setelah menyaksikan tayangan. Hati-hati pada retention tinggi yang menandakan kontennya membosankan.

Supaya pemakaian metrik semakin maksimal, percayakan Matamaya.id sebagai partner Anda menggunakan fitur tersebut.