Cerita Tentang Pengorbanan Burung Hud Hud Pada Masa Nabi Sulaiman

Dalam Islam dikenal memiliki kepercayaan atau iman terhadap para nabi. Nabi merupakan utusan Ilahi yang ada pada zaman dahulu diutus untuk mengajak umat manusia menyembah Allah. Para Nabi dalam Islam yang wajib diketahui ada 25, mulai dari Nabi Adam As sampai pada Nabi Muhammad SAW yang merupakan akhir para Nabi. Para Nabi tersebut dalam perjalanan ke-Nabi-annya memiiki kisah dan mukjizatnya masing-masing. Salah satu kisah yang paing terkenal adalah kisah dari Nabi Sulaiman As yang dapat berbicara dengan makhluk Allah lainnya seperti dengan para binatang, angin, dan tanaman-tanaman. Dengan salah satu mukjizatnya tersebut, dalam kitab suci Al-Qur’an mengisahkan Nabi Sulaiman As yang sedang berbicara dengan para semut dan beberapa binatang lainnya.

Salah satu yang paling sering kita dengar seiring dengan kisah Nabi Sulaiman As adalah terlibatnya burung Hud Hud dalam kisah pertemuan Nabi Sulaiman dengan Ratu Balqis penguasa kerajaan Saba’. Cerita burung Hud Hud pada zaman itu diawali dengan tugasnya sebagai hamba Allah yang patuh terhadap perintah Allah, burung hud hud sebagai pembantu dari tugas Nabi Sulaiman dalam menyampaikan dakwah Islam. Burung Hud Hud merupakan burung yang menghamba dengan penghambaan yang sangat loyalitas, karena burung Hud Hud sangat menyadari tanggung jawabnya. Kala itu burung Hud Hud melihat ratu Balqis dan kaumnya menyembah selain Allah, yaitu menyembah Matahari. Atas kesadaran burng Hud Hud sebagai bala tentara Allah, mereka datang menghampiri Nabi Sulaiman dan menyampaiakan berita tersebut, hingga sampai pada akhirnya seperti yang telah kita ketahui bersama ratu Balqis masuk Islam dengan mukjizat Nabi Sulaiman yang lain yaitu dapat memindahkan kerajaan ratu Balqis dengan sekejap mata saja.

Selain itu, pengorbanan burung Hud Hud untuk menyebarkan agama Islam juga terlihat pada kegigihannya, yang ia rela meski harus menempuh perjalanan yang jauh untuk menyebarka Islam yaitu dengan mengantarkan surat-surat ajakan masuk Islam dari Nabi Sulaiman As. Selain itu, burung Hud Hud juga pernah mengambil peran untuk memadamkan api yang membakar Nabi Ibrahim As, burung Hud Hud lah yang mencarikan sumber air untuk memadamkan api yang membakar Nabi Ibrahim As.

Tinggalkan komentar