Daftar Nama Rumah Adat Bali

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah kepulauan terbesar di dunia, buktinya negara Indonesia terdiri dari 17.504 pulau.

Selain terdapat banyak pulau, Indonesia juga memiliki banyak suku didalamnya. Dan setiap suku tentunya memiliki kebudayaan atau adat tersendiri, salah satunya adalah Bali.

Seperti rumah adat pada kebanyakan suku di Indonesia, Rumah adat Bali juga memiliki nama atau sebutan yang berisikan sebuah makna yang telah dianut secara turun temurun oleh masyarakat Bali pada umumnya.

Kebudayaan di Bali, tidak hanya tentang rumah adat saja, ada juga tarian bali, makanan khas bali, dan bahasa daerah yang tetap dipertahankan secara turun temurun.

Menurut informasi yang admin dapatkan berikut nama-nama rumah adat yang ada di bali menurut pola rumah:

1. Rumah Adat Bale Manten

Bale manten merupakan ruangan kamar bagi kepala keluarga atau anak gadis. Rumah bale manten ini terletak di sebelah utara, berbentuk persegi panjang, dan terdapat bale-bale di sebelah kanan dan kirinya. Di Bali, anak gadis memang benar-benar diperhatikan oleh keluarga.

2. Bale Dauh

Ini merupakan ruangan atau tempat untuk menjamu tamu di Bali, ruangan ini juga bisa digunakan sebagai kamar tidur anak remaja. Sama halnya dengan rumah Bale Manten, Bale Dauh juga memiliki bentuk persegi panjang bale-nya terdapat di bagian dalam ruangan.

Bale Dauh terletak di sisi barat dengan posisi lantai lebih rendah ketimbang rumah Bale Manten.

3. Bale Sekapat

Bangunan ini hampir menyerupai gazebo dengan empat tiang. Tempat ini biasanya digunakan untuk bersantai keluarga di Bali. Berkumpul dan bersantai di tempat yang menyenangkan tentunya akan membuat keluarga semakin akrab dan harmonis.

4. Bale Gede

Ruangan ini biasanya digunakan untuk pelaksanaan upacara adat. Bangunan ini letaknya di sebelah timur, dengan bentuk persegi dan memiliki jumlah 12 tiang dan terdapat bale di sisi kanan dan kiri. Posisi Bale Gede inu lebih tinggi di banding bale manten.

Tinggalkan komentar