Efek Samping Minum Air Lemon Setiap Hari

Siaoa sih yang tak kenal dengan buah lemon.? Buah dengan kandungan asam cukup tinggi ini memilik banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak perlu diragukan lagi. Namun tahukah kamu, dibalik itu, ternyata buah lemon juga menyimpan efek samping bahaya bgi tubuh loh.

Jika pemakaiannya melebihi batas normal.

Percaya atau tidak.?

Berikut beberapa efek samping buah lemon menurut medis yang harus kalian diwaspadai.

1. Sakit Perut

Perut mulas merupakan gejala awal timbulnya penyakit GERD yaitu produksi asam lambung meningkat sehingga mengakibatkan iritasi pada saluran pencernaan. Jika anda salah satu pencinta infused water yang terbuat dari lemon? Sebaiknya mulai dari sekarang anda harus membatasi dalam mengkonsumsinya.

Anda bisa menggantinya dengan minum air hangat yang dicampur madu yang lebih aman.

2. Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD)

Gastro-oesophageal reflux disease (GERD) atau yang sering dikenal dengan penyakit asam lambung adalah suatu kondisi di mana asam lambung mengalir naik ke kerangkongan, sehingga menyebabkan munculnya rasa terbakar di dada, dan sesak nafas.

Rasa asam yang tinggi pada lemon dapat memicu kambuhnya GERD, dengan menghentikan konsumsi makanan dan minuman asam dapat membantu meringankan gejala tersebut.

3. Tukak Lambung

Masih pada lambung. Efek samping minum lemon yaitu dapat meningkatkan produksi asam lambung, jika todak segera di tangani dengan cepat akam mengikis selaput perlindung sehingga mengakibatkan luka pada lambung (tukak lambung).

4. Batu Empedu / Batu Ginjal

Didalam lemon terdapat kandungan kalsium oksalat, jika telalu banyak konsumsi melebihi dari yang dibutuhkan tubuh, akan sisanya akan menjdi kristal.

Sehingga sangat berpotensi menimbulkan batu empedu atau batu ginjal. Agar terhindar dari efek samping akibat minum air lemon yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih.

5. Peningkatan Penyerapan Zat Besi

Kita semua pasti tau, didalam lemon terdapat vitamin C yang tinggi dan vitamin C ini yang akan membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan.

Jika kamu terlalu banyak konsumsi lemon, hal itu akan mendorong sistem pencernaan untuk terus menyerap zat besi secara berlebihan. Sehingga jumlah zat besi dalam tubuh akan melebihi dari yang dibutuhkan.

Jika tubuh sering mengalami kelebihan zat besi, hal itu dapat meracuni organ-organ dalam tubuh sehingga memicu munculnya penyakit mematikan seperti kanker, arrhytmia jantung dan sirosis.

6. Dehidrasi

Air lemon memiliki kandikand vitamin C atau asam askorbat yang tinggi. Menurut para ahli, nutrisi tersebut memiliki sifat diuretik yaitu meningkatkan produksi urin pada ginjal sehingga akan membantu tubuh menghilangkan racun dan cairan sodium lebih cepat.

Namun, jika kondisi ini terus-menerus terjadi dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan sehingga menyebabkan dehidrasi.

7. Migrain dan Sakit Kepala

Studi telah membuktikan bahwa lemon mengandung asam amino tyramine yaitu salah satu penyebab di balik munculnya migrain atau sakit kepala. Zat ini memiliki efek meningkatkan aliran darah ke otak secara tiba-tiba sehingga mengakibatkan munculnya migrain akut atau sakit kepala kronis.

8. Kerusakan Enamel Gigi

Kandungan asam sitrat dan asam askorbat diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah seperti kerusakan gigi, perubahan warna gigi, rusaknya lapisan luar gigi dan gigi berlubang.

Untuk melindungi gigi dari minuman asam sitrat dan asam askorbat yaitu dengan menggunakan sedotan sehingga air asam tidak mengenai gigi secara langsung.

Itulah efek samping akibat minum air lemon setiap hari dan berlebihan, semoga informasi ini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan anda.


Tinggalkan komentar