Fungsi dan Tujuan Negara Menurut Para Ahli

Pada kesempatan sebelumnya saya telah menulis mengenai pengertian negara menurut para ahli, kali ini saya akan membahas tujuan dan fungsi negara.

Pada hakikatnya, tujuan dan fungsi Negara terdapat pada hubungan timbal balik. Tujuan negara adalah cita-cita yang hendak dicapai oleh negara, sedangkan Fungsi negara adalah unruk mewujudkan cita-cita tersebut.

Poin Penting

a. Tujuan Negara

Yang dimaksud tujuan Negara adalah suatu sasaran yang hendak dicapai atau harapan yang di cita-citakan, untuk menciptakan kebahagiaan rakyatnya oleh negara (Bonum publicum/ Commonwealth).

Untuk mencapai tujuan negara tersebut negata bertugas mengatur kehidupan dalam negara sebaik-baiknya agar tujuan negara tercapai. Pada saat ini tujuan tiap-tiap negara mengutamakan adanya keamanan dan ketenteraman umum, pertahanan negara, pemerintah dalam negeri dan keadilan.

Keamanan dan ketenteraman umum artinya menjamin keselamatan jiwa dan harta benda warga negara. Pertahanan negara artinya negara mampu menghadapi berbagi ancaman yang datang. Dengan kesimpulan Negara bertujuan untuk memberikan keselamatan, kesejahteraan dan keadilan bagi rakyatnya.

Untuk memahami tentang tujuan Negara, berikut ini pendapat yang mengemukakan arti akan tujuan negara menurut para ahli:

  • Plato tujuan negara adalah untuk memajukan kesusilaan manusia baik sebagai perseorangan (individu) maupun sebagai makhluk sosial. 
  • Roger H. Soltau tujuan negara adalah memungkinkan rakyatnya berkembang serta menyelenggarakan saya ciptanya sebebas mungkin. 
  • Thomas Aquinas dan St. Agustinus tujuan negara adalah untuk menciptakan penghidupan dan kehidupan aman dan tenteram dengan taat kepada dan di bawah pimpinan tuhan. 

Tujuan negara indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1995 alinea keempat yaitu:

  1. Melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Memajukan kesejahteraan umum. 
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa. 
  4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keahlian sosial. 
Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan tujuan negara yaitu:
  1. Menguatkan pertahanan dan keamanan bangsa dan negara. 
  2. Menjaga ketertiban. 
  3. Mengupayakan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh bangsa Indonesia. 
  4. Menegakkan keadilan di segala bidang. 

b. Fungsi Negara

Pengertian Fungsi negara adalah pelaksanaan adari tujuan yang hendak dicapai, supaya tujuan negara dapat terwujud, maka negara mempunyai fungsi-fungsi yang harus dijalankan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 
Dalam menjalankan fungsinya, negara mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau kelompok tertentu. 
Miriam Budiardjo menyatakan, bahwa setiap negara, apapun ideologinya, harus menyelenggarakan beberapa fungsi minimum yaitu:
  1. Fungsi penertiban. Untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan dalam masyarakat, maka negara harus melaksanakan penertiban atau bertindak sebagai stabilisator. 
  2. Fungsi kesejahteraan dan kemakmuran. Untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat diperlukan campur tangan dan peran aktif dari negara. 
  3. Fungsi pertahanan, yaitu untuk menjaga kemungkinan serangan dari luat, sehingga negara harus dilengkapi dengan alat-alat pertahanan. 
  4. Fungsi keadilan, yang dilaksanakan melalui badan-badan pengadilan. 
Keempat fungsi tersebut merupakan fungsi minimum, yang berarti fungsi negara dapat berkembang lebih luas sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai suatu negara. 
Kesimpulan. 
Jadi fungsi negara tidak bisa dipisahkan dari tujuan negara karena keduanya saling berkaitan, sehingga para ahli seringkali mengagendakan tujuan dengan fungsi negara. 
Itulah pembahasan singkat mengenai tujuan dan fungsi negara, apabila menurut Anda ada beberapa yang masih kurang bisa menambahkan nya melalui kolom komentar dibawah dan berinteraksi dengan admin. Salam, terima kasih. 

Tinggalkan komentar