Hakikat Pertahanan Negara

Salah satu fungsi dari pemerintah sebuah negara adalah mengatur dan menyelenggarakan seluruh upaya untuk menjamin keberadaan bangsa dan negara serta keutuhan wilayah. Upaya ditempuh melalui pemeliharaan dan peningkatan keamanan nasional yang dilaksanakan dnegan menyelenggarakan upaya pertahanan negara secara berlanjut.

Indonesia memiliki wilayah kedaulatan yang luas. Wilayah lautan yang luas dengan potensi sumber daya yang besar. Selain, itu Indonesia wilayahnya berupa kepulauan yang terpisah-pisah. Ini tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia sejak merdeka hingga saat ini.

Dengan adanya tantangan yang berat ini, maka dalam undang-undang pertahanan Indonesia dinyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yneg diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Untuk mempertahankan kehidupan kenegaraan, aspek pertahanan merupakan faktor yang sangat mutlak untuk menjamin kelangsungan hidup negara.

Menurut Undang-undang No 3 Tahun 2002 pasal 1 ayat 1, pertahanan negara adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan segenap bangsa indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Upaya pertahanan negara diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan, daya tangkal negara dan bangsa, serta menanggulangi setiap ancaman.

Terkait:

Itulah pembahasan singkat mengenai hakikat pertahanan negara untuk menjaga kesatuan, apabila menurut Anda ada beberapa yang masih kurang bisa menambahkan nya melalui kolom komentar dibawah dan berinteraksi dengan admin. Salam, terima kasih.

Tinggalkan komentar