Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Laporan Keuangan

Aplikasi laporan keuangan banyak dijadikan sebagai solusi untuk membuat laporan keuangan perusahaan ataupun keuangan rumah tangga. Dalam sebuah perusahaan, laporan keuangan disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban serta  menjadi tolok ukur suatu perusahaan dapat bertahan jangka waktu lama atau tidak.

Oleh karena itu dalam sebuah laporan keuangan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan berdasarkan isi dan penggunaannya. Bagi anda yang merasa susah dalam menyusun laporan keuangan, berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Karakteristik Laporan Keuangan

Relevan

Suatu laporan keuangan dianggap relevan dan sesuai jika laporan yang disajikan dapat digunakan sebagai alat pengambil keputusan. Keputusan tersebut akan digunakan sebagai kebijakan baru yang guna meningkatkan pendapatan serta memperbaiki beberapa aspek lainya.

Handal

Suatu laporan keuangan dianggap handal jika laporan keuangan yang dibuat mampu memberikan informasi yang handal serta tepat sasaran. Dalam hal ini terdapat tiga kriteria handal yaitu dapat diverifikasi, jujur dan netral yaitu tidak berpihak pada kepentingan tertentu.

Mudah Dimengerti

Suatu laporan keuangan sebaiknya disusun dengan baik dan sistematis sehingga berbagai transaksi yang dicatat dapat dimengerti oleh pemimpin ataupun manager. Jika laporan dapat dibaca dan dipahami dengan jelas, maka keputusan strategi yang digunakan dapat sesuai dengan masalah perusahaan.

Sebagai Unsur Perbandingan

Sebaiknya, laporan keuangan dapat memberikan informasi yang lengkap sehingga laporan keuangan yang diberikan pada pengambil keputusan dapat menjadi perbandingan. Perbandingan yang dimaksud adalah perbandingan antara berbagai strategi yang paling tepat bagi perusahaan.

Isi Laporan Keuangan

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi yang diperoleh perusahaan menjadi komponen utama yang harus ada dalam menyusun laporan keuangan. Laporan laba rugi tersebut akan diperlukan untuk menghitung berapa efisiensi kinerja yang sudah dicapai. Selain itu laba rugi juga diperlukan untuk mengetahui apakah suatu perusahaan sudah menerapkan strategi untuk meningkatkan laba dalam periode berikutnya.

Laporan Kas

Laporan kas berisi tentang transaksi keuangan masuk dan keluar yang dilakukan oleh perusahaan. Laporan kas masuk berisi tentang pendapatan kotor yang didapatkan dari penjualan jasa atau produk. Sedangkan kas keluar dapat berisi laporan pembayaran pengeluaran tetap atau variabel per bulan.

Laporan Perubahan Ekuitas

Setiap laporan keuangan wajib menyertakan laporan perubahan ekuitas yang berisi tentang perubahan aktiva atau modal dari awal  hingga akhir periode laporan.

Laporan Buku Besar

Berbagai jenis transaksi keuangan yang berlangsung akan dirangkum dalam sebuah neraca yang menyajikan jenis transaksi dan bukti transaksinya.Aplikasi laporan  keuangan dapat menjadi solusi untuk mempermudah proses penyusunan laporan keuangan. dengan menggunakan aplikasi, laporan keuangan dapat dipantau dengan mudah kapan saja melalui smartphone ataupun perangkat komputer.

Salah satu aplikasi keuangan yang bisa digunakan adalah aplikasi BukuKas yang menyediakan fitur pembuatan laporan keuangan mulai dari pencatatan hingga akhir pembuatan neraca. Dengan aplikasi tersebut anda akan terbebas dari berbagai penghitungan manual.

Dengan begitu penggunaan aplikasi laporan keuangan dapat dikerjakan dengan lebih mudah, cepat dan efisien dengan data yang akan aman tersimpan. Selain itu fitur-fitur BukuKas yang diberikan dapat memiliki interface yang mudah dijalankan.

Tinggalkan komentar