Imunisasi Bcg Sebaiknya Umur Berapa

Imunisasi adalah upaya pemberian bahan antigen untuk mendapatkan kekebalan adaptif pada tubuh manusia terhadap agen biologis penyebab munculnya penyakit.

Jika bunda ingin si kecil tetap sehat, maka imunisasi secara teratur harus bunda lakukan. Bunda tak perlu khawatir, jika terlalu sering imunisasi (sesuai anjuran medis) akan semakin aman dan tentunya berdampak baik pada kesehatan bayi.

Ada 5 imunisaasi dasar yang wajib di berikan kepada anak yang berusia kurang dari 1 tahun yaitu :

  • Hepatitis B vaksin yang harus di berikan kepada anak sedini mungkin yaitu < 12 jam setelah kelahiran, 4 minggu setelah imunisasi pertama, dan 5 bulan setelah imunisasi kedua
  • BCG yaitu vaksin yang wajib diberikan pada anak karena bertujuan untuk melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis (TBC), pemberian imunisasi atau vaksin BCG pada bayi khususnya di Indonesia biasanya dilakukan pada usia bayi baru lahir, paling lambat diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan.
  • DPT yaitu vaksin wajib di berikan kepada anak yang bertujuan untuk melindungi anak dari infeksi difteri, pertusis dan juga tetanus, di Indonesia imunisasi ini biasanya diberikan pada usia 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Vaksin ini juga bisa di berikan kepada anak usia 5 tahun (sebelum masuk sekolah) dan pada usia 12 tahun berupa imunisasi Td.
  • Polio adalah vaksin yang wajib diberikan pada anak sedini mungkin, bisa saat lahir, usia 2, 4, 6, 18 bulan (atau sesuai program yang di jalankan oleh pemerintah), sedangkan untuk vaksin polio suntik (IPV) harus diberikan pada anak usia 2, 4, 6-18 bulan dan 6-8 tahun.
  • Campak juga merupakan vaksin yang wajib diberikan kepada bayi usia 9 bulan dan dosis ulangan atau diberikan lagi pada anak usia 6-59 bulan serta saat SD kelas 1-6.
  • MMR (Mumps, Measles, Rubella) merupakan vaksi dasar yang wajib diberikan kepada anak usia antara 15-18 bulan dengan jarak antara imunisasi campak dengan MMR minimal 6 bulan. Imunisasi MMR harus diberikan minimal 1 bulan sebelum atau sesudah penyuntikan imunisasi lain.

Menurut dr Adi Tagor, Sp A, dari RS Pondok Indah, Jakarta, ada beberapa imunisasi yang sebaiknya dilakukan tepat berdasarkan umur. Misalnya vaksin BCG, imunisasi ini sebaiknya dilaksanakan setelah bayi berusia 1 bulan atau 1 bulan lebih 1 minggu.

Meski imunisasi BCG bisa dilakukan sewaktu bayi berumur sehari, namun kurang efektif, alasannya, karena imunologi terhadap BCG belum bisa bangkit dengan baik pada bayi yang baru lahir.

Berdasarkan penelitian lain menyebutkan, imunisasi BCG akan efektif bila bayi sudah berumur sebulan atau sebulan lebih seminggu.

Imunisasi lain yang sebaiknya dilaksanakan tepat umur ialah campak, yaitu pada anak berusia 9 bulan.

“Nah, sewaktu hamil, secara tidak sadar ibu mewariskan kekebalannya pada janin yang dikandungnya melalui plasenta. Kekebalan ini hanya bertahan hingga bayi berusia 8 bulan. Oleh karena itu mengapa vaksinasi campak harus dilakukan pada usia 9 bulan.” papar dr Adi.

Tinggalkan komentar