Keindahan Pantai Jogan Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Jogan merupakan salah satu pantai yang berada di pinggiran wilayah gunug kidul, Jogja. Pantai ini hadir dengan keindahan alaminya yang mampu mengundang dercak kagum setiap pengunjung pantai.

Uniknya pantai ini tidak memiliki pasir putih dan garis batas laut. Namun sebagai gantinya, kamu akan melihat pemandangan yang cukup eksotis dari air terjun yang mengalir dan jatuh langsung ke laut. Menurut widyalokawisata, pemandangan alami seperti sangat jarang bisa ditemui, bahkan didunia sekalipun.

Meski saat ini pantai Jogan belum sepopuler pantai lainnya, seperti pantai Parangtritis. Sebab lokasinya yang tersembunyi sehingga lebih sulit ditemukan oleh wisatawan.

Alamat

Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Harga Tiket Masuk

Mengunjungi pantai Jogan adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan anda. Untuk menikmati keindahan pantai Jogan anda hanya perlu membayar senilai:

Biaya Tiket Masuk : Rp. 3.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-

Beberapa fasilitas disana belum begitu lengkap sehingga dapat menurunkan mina wisatawan mancanegara seperti area parkir yang kecil, jalanan yang belum di cor sehingga mobil atau kendaraan roda empat tidak bisa masuk sehingga harus parkir di jarak yang cukup jauh dari Pantai Jogan.

Rute

 

Setelah anda di kota Yogyakarta – Menuju ke Ringroad Jalan Wonosari – Pasar Piyungan – Patuk – Gading (lapangan terbang) – Siono (bundaran lurus saja melalui Kota Wonosari) – Pemda Gunungkidul – Pasar Wonosari – Setelah pasar pertigaan kedua belok ke kanan menuju Jalan Baron – Karangrejek – Mulo (ada pertigaan ambil kiri ikuti papan penunjuk arah menuju Pantai Siung) – Tepus (ada pertigaan kalau ke kanan menuju Pantai Indrayanti, ambil ke kiri menuju Pantai Siung dan Pantai Wediombo) – Gesing – Purwodadi (ada pertigaan ambil kanan menuju Pantai Siung) – Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) – Ada beberapa pintu masuk ke kawasan pantai lain seperti Pantai Timang – Pantai Jogan.

Objek Wisata

Wisatawan masih tetap bisa menikmati keindahan air terjun meski tidak dalam musim penghujan sekalipun (dengan kadar air lebih kecil), sebab air terjun tersebut berasal dari sungai yang memiliki jumlah air melimpah dan bersih diatas gunung. Biasanya pengunjung yang datang ke pantai ini akan berdiri di bawah air terjun untuk merasakan sensasi diguyur air dari atas seperti kehujanan.

1. Air Terjun

 

 

Pantai jogan adalah satu-satunya di daerah Gunung kidul yang memiliki air terjun sebagai icon utamanya. Selain ombak, pasir putih, dan karang, air terjun ini di pantai ini mampu daya tarik tersendiri.

Air terjun ini memiliki ketinggian antara 10 sampai 15 meter, terlebih lagi jika anda datang sewaktu musim penghujan, kadar air yang mengalir akan semakin deras. Air yang mengalir dari atas adalah air tawar, namun setelah turun sampai dibawah akan berubah jadi asin karena bercampur dengan air laut.

Baca juga: paket wisata Jogja

2. Pantai Nglambor

 

Biasanya para wisatawan yang mengunjungi Pantai Jogan, hanya sekedar menikmati air terjunnya, lalu lanjut mengunjungi Pantai Nglambor untuk ber-snorkeling, dimana tempatnya yang bersebelahan dengan pantai Jogan.

Sayangnya, untuk saat ini akses dari pantai jogan menuju ke pantai Nglambor belum dapat dilalui kendaraan pribadi karena masih terjal akibat bebatuan.

 

Jadi, wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Nglambor harus rela berjalan kaki untuk melewati perbukitan batu karang dari Pantai Jogan. Jika anda memaksa menggunakan kendaraan pribadi, harus memutar arah yang sedikit lebih jauh.

Namun biasanya, wisatawan lebih memilih jalan kaki dengan menikmati keindahan pantai melalui bebatuan yang tinggi.

Kuliner

Kuliner di pantai Jogan berbeda dengan kebanyakan pantai yang pernah kita datangi sebelumnya, di pantai ini hanya ada beberapa warung kecil yang menjual minuman dan makanan cepat saji seperti pop mie saja.

Jadi bagi anda yang ingin berkunjung kesini, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah pasalnya pantai ini masih sepi dan sulit untuk mendapatkan makanan. Namun, untuk masalah pemandangan dan keindahan tidak perlu diragukan lagi.

Saya yakin dalam beberapa tahun kedepan, pantai ini akan lebih indah dan ramai jika didukung infrastruktur yang memadai.

Tinggalkan komentar