Keunggulan dan Kekurangan Berbagai Alat Cek Virus Corona

Cek virus corona sekarang ini sudah mempunyai perkembangan sehingga bisa untuk menggunakannya untuk mendeteksi virus corona yang ada pada seseorang. Diantara dari berbagai alat tersebut tentunya mempunyai kekurangan dan juga keunggulan yang bisa didapatkan sehingga dapat informasi tersebut dapat diketahui untuk dapat melakukan pengecekan. Akan tetapi tentu saja pengecekan virus corona ini tidak mudah untuk dilakukan karena berbagai hal seperti misalnya keterbatasan alat dan juga teknologi yang ada di Indonesia sehingga untuk pengecekan corona yang digunakan oleh pemerintah dalam hal ini adalah rapid test yang merupakan alat skrining atau alat dasar pengecekan virus corona. Adapun untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari rapid test maupun alat tes lainnya akan dijelaskan lebih lanjut seperti berikut ini:

1. Rapid test

Untuk alat test pertama adalah alat pengecekan dasar yang bisa digunakan dan merupakan alat pilihan pemerintah. Alat ini akan digunakan untuk memeriksa berbagai kategori masyarakat yang merupakan prioritas untuk mendapatkan pengecekan virus corona yaitu kepada ODP, PDP, keluarga ODP dan PDP, petugas layanan kesehatan, hingga bagi masyarakat yang mengalami gejala virus corona yang sudah mendapatkan hasil tes dari layanan kesehatan seperti puskesmas dan bukan merupakan diagnosa sendiri.

Adapun untuk keunggulan dan kekurangan dari tes ini adalah sebagai berikut ini:

  • Keunggulan pertama adalah tes ini akan memakan waktu yang sangat cepat bahkan juga merupakan waktu yang paling cepat diantara alat lainnya. Setelah melakukan pengecekan hasilnya akan diketahui selama 15 menit sesudahnya. Sehingga dengan hasil cepat tersebut akan dapat melakukan langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk pasien.
  • Mempunyai prosedur yang mudah yaitu cukup dengan melakukan pengecekan sampel darah dari pasien.
  • Merupakan pengecekan dasar yang tidak dapat mengetahui apakah pasien mempunyai penyakit corona atau tidak. Pengecekan ini hanya dilakukan untuk pengecekan antibodi yang dapat melawan virus corona. Sehingga bagi yang mempunyai antibodi tersebut maka menandakan bahwa pernah terpapar virus corona sebelumnya.
  • Mempunyai hasil yang kurang akurat karena akan harus melakukan tes ulang karena antibodi memerlukan waktu yang lama untuk berkembang melawan virus baru yang ada dalam tubuh.

 

Alat CPR Corona

Jenis alat selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengetes virus corona di dalam tubuh adalah menggunakan alat CPR Corona. Ketika sudah melakukan pengecekan virus corona menggunakan rapid tes, maka untuk yang mempunyai hasil positif maka bisa untuk menggunakan alat CPR sebagai lanjutan pengecekan yang dapat dilakukan. Adapun untuk kekurangan dan keuntungan dari alat tes ini adalah sebagai berikut ini:

  • Alat ini mempunyai keuntungan karena harganya yang murah. Sehingga alat ini dapat digunakan untuk semua masyarakat karena harganya yang terjangkau yaitu 1,9 juta rupiah.
  • Alat ini akan langsung mendeteksi apakah seseorang terserang Covid-19 atau tidak. Sehingga mempunyai hasil yang lebih akurat dibandingkan rapid test.
  • Mempunyai waktu yang lebih lama dari rapid tes yaitu hingga 30 menit.

 

CT scan

Untuk jenis cek virus corona selanjutnya yang dapat digunakan adalah menggunakan CT Scan. Dimana alat ini mempunyai beberapa keunggulan dan kekurangan seperti berikut ini:

  • Alat ini merupakan alat yang akan langsung mengetahui kondisi pasien karena melihat organ tubuh pasien.
  • Alat ini mempunyai harga yang mahal.
  • Pemeriksaan CT Scan akan dilakukan setelah melalui langkah yang sebelumnya dari pemeriksaan awal hingga harus dilakukan CT Scan.

Tinggalkan komentar