Khasiat Jeruk Lemon Dicampur Air Putih

Ketentuan medis, dalam menjaga kesehatan tubuh sangat dianjurkan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Namun, banyak yang menghiraukan hal itu dengan alasan yang cukup sepele yaitu bosan.

Agar tidak cepat bosan, anda bisa menambah sedikit air sari atau potongan jeruk lemon untuk menambahkan kesegaran. Selain lebih segar ketika meminumnya, campuran air putih dan air lemon memiliki beragam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Penasaran apa saja manfaatnya?

Berikut 10 manfaat kesehatan dari mengonsumsi air putih dicampur dengan potongan lemon, seperti dilansir dari Times of India, Jumat (14/12/2018):

1. Merawat kulit 

Air lemon diyakini bermanfaat membuat kulit lebih sehat dan cerah. Selain itu, minum air lemon akan membantu anda mengatasi terjadinya penuaan dini, komedo, dan kerutan pada kulit terutama bagian wajah.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Masalah pencernaan merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi di Indonesia, minum air putih yang di tambah potongan lemon bisa menjadi solusi cukup efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Selain itu, minum air juga akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh, dan meningkatkan sistem kerja pencernaan.

3. Membersihkan darah

Kalian semua pasti pernah atau mungkin sering mengkonsumsi junk food atau makanan dengan campuran bahan pengawet dan perasa buatan, ya kan? Bahan kimia yang terkandung dalam makanan tersebut sangat sulit di proses oleh tubuh, sehingga akan menjadi racun dalam darah. Jika terus-menerus dibiarkan akan memicu munculnya penyakit berbahaya seperti diabetes, kolesterol, penyumbatan pembuluh darah hingga jantung koroner.

Karena lemon memiliki sifat diuretik, membuat ia sangat baik digunakan membersihkan darah secara alami.

4. Menjaga kesehatan mulut

Dalam lemon terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan anti-bakteri yang berperan membunuh mikroba pada mulut. Minum air lemon dapat mengurangi bau mulut, mencegah terjadinya pendarahan gusi dan mengurangi nyeri saat gigi.

5. Mengontrol tekanan darah

Dalam Lemon juga mengandung senyawa potassium yang dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi efek mual. Jika Anda merasa pusing, sebelum memutuskan untuk minum obat ada baiknya mencoba minum air putih dengan potongan lemon.

6. Membuat perasaan lebih tenang

PervPer atau tidak, sebagian orang meyakini bahwa air lemon dapat menjaga suasana hati tetap tenang dan mengurangi depresi, serta stres berlebihan.

7. Melancarkan pernapasan

Air lemon juga memiliki khasiat mengurangi dahak dan membantu melancarkan pernapasan Anda. Bagi penderita asma, minum air dengan dicampur potongan lemon bisa menjadi pilihan efektif dakam meringankan gejalanya.

8. Mengurangi racun dalam tubuh

Sama halnya ada nomor urut 3, Lemon memiliki sifat sebagai diuretik yang paling ampuh. Minum air putih di campur lemon dapat membantu melancarkan produksi urin, sehingga racun dan bakteri dalam tubuh akan dibuang melalui urin.

9. Menjaga kulit tetap awet muda

Kandungan antioksidan yang tinggi pada lemon dapat mengurangi terjadinya radikal bebas penyebab penuaan dini dan kerusakan pada kulit.

10. Mengurangi infeksi

Karena air lemon mengandung zat anti-bakteri, membuat ia memiliki peranan sangat penting melawan terjadinya infeksi pada tenggorokan.

Tinggalkan komentar