Manfaat Buah Pisang Ambon Untuk Diet

Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan sumber vitamin dan nutrisi yang paling bagus bila dikonsumsi rutin setiap hari.

Selama ini pisang hanya dianggap sebagai salah satu makanan yang digunakan untuk menaikkan berat badan. Namun, tak sedikit ahli gizi yang rekomendasi makan pisang sebagai alternatif diet dan menurunkan berat badan.

Lantas bagaimana cara memanfaatkan buah pisang untuk diet supaya hasilnya memuaskan dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.?

Menurut informasi yang dihimpun oleh wahyuputra dari Health Me Up (21/12/2018), jika Anda hanya makan pisang saja tanpa makan makanan lain, maka tubuh Anda akan mengalami penurunan berat badan. Namun, jika Anda juga mengonsumsi makanan biasa, justru akan menigmeningk berat badan.

Pisang untuk menurunkan berat badan

Pisang dapat membantu menurunkan berat badan yang mengalami obesitas. Menurut hasil penelitian, dalam satu buah pisang mengandung 108 kalori yang hampir sama dengan 17,5 gram karbohidrat.

Tubuh kita memerlukan karbohidrat supaya dapat berfungsi dengan baik. Namun jika asupan karbohidrat yang terlalu banyak akan menyebabkan berat badan bertambah.

Selain itu, ternyata dalam buah pisang juga mengandung banyak serat, vitamin, pectin, dan mineral yang sangat tinggi.

Kadungan pectin pada pisang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, pisang sangat ideal untuk dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet.

Tak hanya itu, pisang juga memiliki indeks glikemik yang cukup rendah, selain dapat menurunkan berat badan, makan buah pisang juga akan membantu mengontrol tingkat gula dalam darah (diabetes).

Pisang untuk menaikkan berat badan

Selama ini pisang memang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Hal itu dikarenakan dalam buah pisang terdapat kalori yang sangat tinggi, sehingga akan membantu menggemukkan badan.

Tak hanya membantu meningkatkan berat badan, pisang juga mengandung senyawa mangan yang baik untuk sistem pencernaan dan mencegah penyakit tulang.

Kenali tips diet menggunakan pisang supaya hasilnya memuaskan:

  • Hanya makan pisang matang, bukan pisang yang sudah diolah, seperti digoreng atau dikukus.
  • Minum air putih yang banyak, lebih dari 2 liter dalam sehari.
  • Lakukan makan malam sebelum jam 7 malam.
  • Mengurangi asupan lemak yang masuk dalam tubuh, seperti gorengan dan sejenisnya.
  • Rutin lakukan olahraga.
  • Istirahat cukup dan biarkan tubuh berfungsi dengan sendirinya sebagai detoks dan restorasi tubuh.

Kesimpulannya.! Pisang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan berat badan. Untuk itu perlu pemahaman khusus dalam mengonsumsinya.

Tinggalkan komentar