Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Menyusui dan Anak

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Karakteristik pohon ini memiliki batang dengan ketinggian sekitar 7—11 meter, bunga berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau, bunga ini keluar sepanjang tahun dengan mengeluarkan aroma semerbak, dan memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasa disebut kelentang.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Menyusui dan Anak

Pernahkah Anda mendengar peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”? Hal itu membuktikan meski daun kelor berukuran kecil, namun memiliki sejuta khasiat bagi tubuh yang tak bisa kita bayangkan.

Bahkan, tak jarang para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Penelitian yang dilakukan organisasi kesehatan dunia (WHO) akan khasiat daun kelor telah dimulai pada tahun 1980, meliputi bagian daun, kulit batang, dan buah berserta bijinya. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa daun kelor mengandung antara lain, Potasium 3x lipat dari pada pisang, Kalsium 4x lipat dari pada susu, Vitamin C 7x lipat dari pada jeruk, Vitamin A 4x lipat lebih banyak dari pada wortel, dan Protein 2x lipat dari pada susu, maka tak heran jika WHO menyarankan setiap orang tua untuk memberikan asupan pada anak atau bayinya berupa sayur daun kelor.

Lebih dari 1.300 studi berupa artikel maupun laporan, menjelaskan tentang manfaat daun kelor akan kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit, dan mengatasi permasalahan wabah kekurangan gizi.

Daun kelor tak hanya bagus untuk kesehatan, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, diet, ibu hamil & menyusui dan masih banyak lagi, berikut ulasannya:

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Setelah mengetahui macam-macam kandungan yang terdapat di dalam daun kelo, masih ragukah kamu untuk memanfaatkannya? Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan terutama mencegah dan mengobati penyakit, berikut ulasannya:

1. Menjaga berat badan tetap stabil
Studi penelitian yang dilakukan oleh dermatologi, menyatakan, dengan mengkonsumsi teh daun kelor dapat membantu menangani beberapa masalah pada pencernaan, sehingga akan merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori dalam tubuh. Pasalnya, teh dengan bahan utama daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, berguna sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan itu sendiri ialah untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menyehatkan mata
Menurut Tati Winarto, seseorang pakar herbal dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, menjelaskan bahwa daun kelor kaya akan gizi, salah satunya ialah vitamin A dan kalsium.
Seperti yang dilansir dari jitunews.com “Kandungan vitamin A dalam daun kelor bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu mengurangi dan mencegah risiko mata plus, minus, silinder dan katarak. Daun kelor juga baik apabila dikonsumsi oleh pasien diabetes dan bermanfaat menjernihkan pandangan matanya,” kata Tati Winarto.
Untuk memanfaatkan daun kelor dalam menyembuhkan penyakit mata, Anda bisa dengan mengkonsumsi nya secara langsung (setelah daun dibersihkan), atau dijadikan sebagai sayur.

3. Menjaga kesehatan ginjal
Tak hanya menyehatkan mata, Tati Winarto juga menuturkan bahwa dengam mengkonsumsi daun kelor secara rutin, mampu membersihkan kotoran yang menempel pada ginjal, sehingga akan menjadikan ginjal berfungsi sebagaimana semestinya.

4. Mengobati rematik
Rematik adalah penyakit yang menimbulkan gejala rasa sakit pada otot atau persendian yang mengalami peradangan maupun pembengkakan.
Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan daun kelor, pasalnya dengan mengkonsumsi air rebusan daun kelor mampu mengurangi rasa sakit dan penumpukan asam urat pada sendi. Tak hanya mampu untuk mengobati reamatik, daun kelor juga cukup efektif mengatasi pegal linu, nyeri, dan penyakit lainnya.

5. Mencegah penyakit jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan dermatologi menemukan kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kelor, kandungan tersebut mampu mencegah kerusakan jantung, untuk memperkuat hasil penemuan ini para peneliti menguji coba pada hewan, dengan memberikan dosis 200mg per KG berat badan, dan hasilnya sangat mengejutkan.

6. Anti Kanker
Penelitian selanjutnya pada daun kelor ialah sebagai anti kanker, pasalnya kandungan antioksidan dan potasium yang tinggi, membuat daun ini memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh, terutama ialah kanker serviks. Untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor, anda cukup mengkonsumsinya.

7. Mengatasi diabetes
Sebuah hasil studi telah dipublikasikan di International Journal of Food Science Technology, menyatakan bahwa daun kelor memiliki efek positif yaitu dapat mengontrol glukosa dan insulin pada penderita diabetes.
Tinggi akan kandungan mineral yaitu seng, menjadikan daun kelor memiliki sifat anti diabetes. Pasalnya kandungan tersebut berguna sebagai pemproduksi insulin. Sehingga menjadikan daun kelor mampu mengurangi kadar gula dalam darah hingga normal.

Sedangkan…

Senyawa asam chlorogenic yang terdapat didalam daun kelor terbukti mampu membantu mengontrol kadar gula darah dan memungkinkan sel Beta melepaskan glukosa (gula) yang diperlukan sebagai sumber energi.

8. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Pantas saja, jika ada peribahasa “dunia tak selebar daun kelor” pasalnya selain bisa mengatasi penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, dan diabetes, daun kelor juga sangat efektif meningkatkan sistem kerja dan kesehatan pada pencernaan.
Bukan tanpa alasan, sifat anti-inflamasi pada daun kelor mampu mencegah ataupun mengobati sakit maag, penyakit hati, keluhan pencernaan, dan infeksi, pasalnya dengan mengkonsumsi minyak kelor, sayur daun kelor membantu detoksifikasi racun dan zat berbahaya di dalam tubuh.

9. Bantuan arthritis
Arthritis adalah peradangan pada salah satu atau lebih pada sendi, menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seiring usia. Dalam studi yang dilakukan pada hewan dilaboratorium, mencatat , kombinasi akar dan ekstrak daun kelor memiliki “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit pada sendi rematik.

10. Melindungi tubuh dari bakteri
Masih menurut Tati Winarto seseorang pakar herbal, menuturkan bahwa ekstrak daun kelor memiliki kandungan senyawa antibakteri. Senyawa tersebut mampu menghalangi perkembangan mikroorganisme / bakteri berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, Enterobacter aerogenes, dan Escherichia coli.

11. Menyehatkan kulit
Tinggi akan kandungan vitamin c dan antioksidan pada daun kelor, memiliki manfaat penting bagi kesehatan kulit. Jika secara rutin meng-konsumsi daun kelor efek positif yang akan Anda dapatkan adalah menghaluskan kulit, mencegah timbulnya komedo, jerawat dan flek hitam.

Sedangkan…

Daun kelor yang ditumbuk hingga dapat dijadikan sebagai masker alami pada wajah, yang bisa membuat kulit wajah semakin halus, cerah dan sehat.

12. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi
Masih menurut Tati Winarto seseorang pakar herbal, salah satu manfaat luar biasa lainnya ialah mengontrol kadar darah dan kolesterol. Bukan tanpa alasan, didalam daun kelor terdapat kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang memiliki khasiat untuk mengontrol tekanan darah dan kolesterol pada batas normal kebutuhan tubuh.

13. Menstabilkan mood dan melindungi kesehatan otak
Sebagai makanan sumber protein dan asam amino triptofan tinggi, daun kelor memiliki sebagai neurotransmitter, atau membantu meningkatkan mood.

Sedangkan…

Kandungan antioksidan dan senyawa tiroid, berguna untuk menjaga tingkat kestabilan energi pada tubuh, sehingga akan mengurangi risiko terjadinya kelelahan, yang mengakibatkan depresi, suasana hati buruk dan insomnia.

Manfaat daun kelor untuk kecantikan

Selain mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh, mengkonsumsi daun kelor secara teratur akan berdampak kecantikan tubuh, merawat kulit dari dalam, tanpa menimbulkan efek samping berbahaya:

1. Antioksidan
Jika Anda terlalu sering beraktivitas diluar ruangan, kulit mudah rusak yan diakibatkan terpapar sinar UV, asap kendaraan, debu.
Nah, vitamin A yang berperan antioksidan membantu dalam menjaga kelembaban kulit agar tidak kusam, dan terhindar dari komedo, jerawat dan kanker kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

2. Membersihkan darah kotor
Yang dimaksud darah kotor disini adalah racun dalam darah atau darah  yang sudah tua dan mengendap dalam aliran pembulu darah, untuk membersihkannya Anda bisa memanfaatkan sayur atau minyak dari daun kelor. Bukan tanpa alasan, kandungan zat besi serta senyawa antioksidan yang cukup tinggi, mampu menjaga kesehatan ginjal supaya dapat bekerja dengan semestinya, sehingga darah kotor akan disaring dan menjadi baru juga sehat.
Apabila darah kotor terus dibiarkan, hal itu dapat membuat saluran pembuluh darah tersumbat yang berdampak pada kulit ( khususnya wajah ) dan kesehatan Anda.

3. Mengatasi Jerawat
Berdasarkan studi menyimpulkan bahwa vitamin, mineral, nutrisi, dan senyawa yang terdapat didalam daun kelor mampu mengontrol kadar homonal pada tabuh, sehingga akan membantu mencegah jerawat, dan mempercepat mengobati ataupun menghilangkan jerawat dengan sempurna hingga tak menimbulkan bekas ( dengan catatan, tidak di pencet ).
Untuk mengatasi jerawat anda cukup mengkonsumsi sayuran daun kelor, dan hindari beban stress anda.

4. Mengatasi Flek Hitam
Flek hitam adalah terjadinya penumpukan kotoran seperti minyak, sel kulit mati dan debu tercampur menjadi satu pada lapisan terluar kulit wajah.
Seperti yang telah dijelaskan pada nomor 1, vitamin A yang terkandung didalam daun kelor berperan sebagai antioksidan yang mampu mengangkat ataupun me-regenerssi sel kulit mati, sehingga wajah anda akan menjadi kebih sehat, cerah, bersih dan elastis.

5. Mengatasi Kulit Berminyak
Berdasarkan studi, kulit berminyak dapat diatasi dengan konsumsi sayuran atau dijadikan masker daun kelor. Bukan tanpa alasan, pasalnya vitamin A, E dan C mampu mengusir minyak membandel diwajah dengan cepat. Apalagi jika anda mau menambahkan sedikit daging buah alpukat, pastinya hasil yang akan anda dapatkan lebih maksimal (sesuai harapan).

6. Mencegah kerutan dan penuaan dini
Berdasarkan percobaan terbaru, menyimpulkan bahwa dengan konsumsi daun kelor setiap harisecara rutin mampu mengurangi risiko terjadinya kerutan dan penuaan di usia dini, apalagi jika kamu mau merawat wajah dengan memberikan lulur alami daun kelor, pastinya wajah kamu akan terbebas dari penuaan.

7. Mengatasi mata panda
Bagi yang sering begadang, pastinya tak asing lagi dengan masalah kulit satu ini, mata panda. Tahukah kamu, mengapa kantung mata bisa muncul? Penyebab utama mata panda ialah kekurangan zat besi dan kalsium, pasalnya saat Anda begadang diperlukan asupan mineral yaitu zat besi dan kalsium lebih banyak, untuk menanganinya masalah tersebut cukup perbanyak konsumsi teh daun kelor pada saat begadang.

Manfaat daun kelor untuk ibu menyusui, hamil dan anak

Seperti yang telah dijelaskan oleh Dosen Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Yosi Bayu Murti, bahwa pengembangan pemanfaatan tanaman kelor di Indonesia terbilang lambat dibanding luar negeri.

Namun, masih ada kesempatan untuk mengembangkannya sebagai pangsa pasar dalam negeri, sebelum akhirnya akan diambil alih oleh produsen luar negeri.

“Daun kelor mengandung protein, zat besi, dan Vitamin C. Selain itu ada juga unsur flavonoid yang mampu membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak juga kandungan protein yang membuat ASI berkualitas,” kata Yosi di di Jakarta (12/8/2015).

Tingginya kandungan zat besi ( bahkan 25x lebih tinggi dibandingkan bayam ), menjadikan kelor berpotensi besar untuk dikembangkan guna memperbaiki gizi pada ibu menyusui dan anak.
Penggunaan: berikan asupan kelor pada anak / bayi pada usia diatas enam bulan.

Meski menyarankan untuk dikonsumsi oleh bayi. Namun, Yosi mengingatkan bahwa ibu hamil perlu menghindari konsumsi daun kelor, terutama trisemester pertama.

Efek samping daun kelor

Daun kelor sangat aman dikonsumsi atau digunakan berupa minuman, makana, masker setiap hari secara rutin.
Note: Akar tanaman kelor tidak boleh dikonsumsi, pasalnya mengandung zat beracun.

Demikianlah informasi mengenai manfaat daun kelor untuk kesehatan, kecantikan, meliputi: diabetes, mata, asam urat, rematik, kanker, wajah, jerawat, ibu hamil, ibu menyusui dan cara pengolahnya, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Tinggalkan komentar