Manfaat Kayu Gaharu Untuk Kesehatan

Gaharu merupakan kayu berwarna agak kehitaman dan memiliki ciri khas aroma wangi, sehingga kayu gaharu umumnya dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan parfum, dengan nilai jual tinggi.

Pohon gaharu banyak tumbuh di daerah Asia terutama di wilayah Indonesia, tumbuhan gaharu termasuk dalam jenis tanaman Genus Aquilaria. Sampai saat ini kayu gaharu dimanfaatkan sebagai bahan utama parfum oleh industri wewangian.

Manfaat Kayu Gaharu Untuk Kesehatan

Selain itu, kayu gaharu juga biasanya diolah menjadi aneka jenis aksesoris (seperti gelang dan kalung dll) yang dipercaya sebagian orang memiliki kekuatan magis yaitu sebagai penangkal atau pengusir jin dan sihir.

Jika dilihat dari segi bentuk, pohon gaharu memiliki kemiripan dengan pohon beringin, hanya saja pohon gaharu tidak memiliki akar bergantung. Pada usia sekitar 25 tahun, pohon gaharu akan menghasilkan gubal, yaitu resin berwarna hitam yang memiliki abu harum dan diincar oleh para pembudidaya tanaman gaharu.

Tak hanya gubalnya saja, dengan pemanfaatan yang teoat dan benar batang bisa menghasilkan minyak atsiri yang kaya akan berbagai manfaat bagi kesehatan. Tak sampai disitu saja, batang dan juga daun dari gaharu bisa digunakan sebagai teh herbal alami yang kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Tahukan kamu apa saja manfaat dari batang kayu gaharu pada kesehatan tubuh kita? Berikut ulasannya:

1. Menjaga kesehatan ginjal
Batang gaharu dipercaya sejak dulu dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama pengobatan herbal pada ginjal manusia. Jika batang dijadikan teh alami dan diminum secara teratur, dapat mengobati penyakit ginjal bahkan yang sudah kronis sekalipun seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Dinegara sebrang, daun dan batang pohon gaharu umumnya dimanfaatkan sebagai pengobatan penyakit ginjal yaitu di Jepang dan Cina.

2. Mengatasi sakit perut
Teh yang terbuat dari serpihan batang gaharu cukup terbukti ampuh dalam mengatasi beberapa aneka penyakit perut seperti kembung akibat masuk angin, sembelit dan juga diare.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Teh yang terbuat dari serpihan batang gaharu dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh, pasalnya seduhan teh tersebut mampu melancarkan sumbatan dan melebarkan pembuluh darah sehingga darah bebas mengalir ke seluruh tubuh.

4. Mencegah penuaan dini
Penyulingan batang gaharu akan menghasilkan jenis minyak atsiri, minyak ini kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh dalam ataupun luar, jika melakukan perawatan menggunakan minyak atsiri selain berguna mencegah penuaan dini, juga mampu melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV / Matahari.

5. Mencegah tumor
Manfaat selanjutnya dari batang gaharu adalah mencegah dan membunuh sel tumor pada tubuh, pasalnya pada batang kayu gahayu terdapat kandungan flavonoid yang berguna menjaga kesehatan sel dalam tubuh. Dengan menyeduh dan meminum teh yang terbuat dari serpihan kayu gaharu akan menjadikan Anda terbebas dan bagi penderita perlahan sel berbahaya tersebut akan mengecil akhirnya mati.

6. Mencegah kanker
Tahukan kamu di negara India, batang kayu gaharu telah lama digunakan sebagai alternatif ampuh dalam mengobati kanker usus. Sedangkan di negara Cina, batang tanaman yang memiliki aroma wangi ini biasa digunakan dalam pengobatan aneka jenis kanker. Tak hanya sampai disitu saja, pada sebuah penelitian terbaru, menyatakan dan mendukung bahwa salah satu manfaat dari batang gaharu yaitu untuk melawan dan membunuh sel kanker dan tumor didalam tubuh.

7. Merilekskan pikiran
Tak dipungkiri lagi, aroma wangi yang dihasilkan oleh batang gaharu mampu merileksasikan pikiran dan membuat suasana hati Anda lebih baik (tenang). Untuk menggunakannya, Anda cukup seduh serpihan batang kayu gaharu, kemudian hirup aromanya, cara lainnya ialah membakar kayu gaharu hingga mengeluarkan asap wangi.

8. Mengobati asma
Manfaat dari batang gaharu lainnya ialah dapat mengobati gangguan pernapasan ataupun asma. Bukan tanpa alasan, pasalnya batang pohon gaharu memiliki sifat anti asmatik, yaitu sifat yang berguna melega-kan dan melancarkan sistem pernapasan.

9. Mengatasi insomnia
Seperti yang sudah dibahas pada nomer 7, aroma wangi yang dikeluarkan oleh batang gaharu akan merileksasikan pikiran dan menjadikan anda lebih tenang, sehingga Anda akan lebih cepat tidur.

10. Mengontrol dan mengobati diabetes
Ternyata manfaat lain dari batang gaharu ialah mengontrol dan mengobati diabetes. Seduhan teh yang terbuat dari serpihan batang gaharu dipercaya oleh masyarakat sejak dulu mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk menambah rasa sekaligus tidak membuat gula darah naik, Anda bisa mencampurkan sedikit bubuk kayu manis kedalam seduhan.

11. Menguraikan racun dalam tubuh
Khasiat batang gaharu yang paling istimewa ialah mendetoksifikasi atau proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Sama halnya dengan bahan herbal pengurai racun lainnya, batang dari pohon gaharu memiliki efek samping diuritik yaitu Anda akan mengalami kenaikan buang air kecil selama masa detoksifikasi.

12. Mengobati stroke
Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah, seperti yang telah dijelaskan pada nomor 3, manfaat meminum seduhan batang gaharu dapat melebarkan dan melancarkan sumbatan pembuluh darah sehingga darah akan bebas mengalir ke seluruh tubuh dan Anda akan terbebas dari penyakit berbahaya yaitu stroke dan jantung.

Note: bagi anda penderita stroke, dengan rutin mengkonsumsi seduhan dari batang gaharu sesuai anjuran, perlahan akan pulih.

Tak hanya itu saja, berikut 18 manfaat lainnya jika Anda mengkonsumsi seduhan batang gaharu secara rutin:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Menyehatkan sistem limpa
  3. Menyehatkan organ hati
  4. Mengobati asam urat
  5. Menurunkan kolesterol
  6. Mengatasi masalah pasutri
  7. Antiseptik
  8. Anti-infalamasi
  9. Antibiotik
  10. Meningkatkan berat badan
  11. Kanker prostat
  12. Kelainan pada tiroid
  13. Mabuk perjalanan
  14. Sembelit
  15. Menyehatkan paru-paru
  16. Melancarkan peredaran darah
  17. Sakit kepala
  18. Mengatasi aneka macam penyakit kulit

Demikianlah informasi mengenai manfaat dari batang kayu gaharu bagi kesehatan tubuh, bagi anda yang memiliki pengalaman dalam pengobatan dengan memanfaatkan daun ataupun batang pohon gaharu ayo share disini melalui kolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar