Manfaat Kayu Secang Untuk Bayi

Secang atau sepang adalah salah satu jenis tanaman dalam keluarga polong-polongan, bagian yang biasa dimanfaatkan ialah pada bagian kulit dan kayunya sebagai komoditi perdagangan rempah-rempah.

Tanaman dengan nama latin (Caesalpinia sappan L) biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai kerajinan tangan, zat pewarna (makanan, tekstil), teh atau wedang, dan sebagai bahan obat-obatan tradisional.

Kandungan utama yang terdapat pada kayu secang adalah brazilin.

Tahukan kamu apa itu brazilin?

Brazilin merupakan zat warna merah-sappan yaitu salah satu jenis pewarna alami yang dimiliki oleh kayu secang. Kandungan brazilin pada kayu secang, sudah teruji secara ilmiah bersifat antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, anti-photoaging, hypoglycemic (menurunkan kadar lemak), vasorelaxant (merelaksasi pembuluh darah), hepatoprotective (melindungi hati) dan anti-acne (anti jerawat).

Pada beberapa penelitian lain juga menyatakan, Ekstrak kayu secang dipercaya memiliki khasiat sebagai anti-tumor, anti-virus, immunostimulant dan lain-lain.

Para bunda tentunya sudah tahu, kalau kulit bayi sering mengalami masalah biang keringat, ketika penyakit ini menyerang, akan membuat si buah hati rewel, hal itu karena biang keringat dapat menimbulkan efek rasa panas dan gatal.

Karena daerah tempat tinggalku jauh dari ketersediaan obat-obatan, membuat saya mencari solusi lain yaitu mencampurkan kayu secang kedalam air mandi anakku.

Dari hasil pengalaman pertama menggunakan kayu secang dalam mengatasi biang keringat pada kulit anakku yang masih bayi, ternyata memberikan dampak positif.

Gimana bunda, mau tahu cara penggunaannya yang benar supaya tidak menimbulkan efek samping berberbah? Oke, berikut ulasannya:

  • Ambil kulit dan kayu secang secukupnya.
  • Masukkan kedalam panci berisi air secukupnya saja, dan rebus.
  • Tunggu hingga air rebusan berubah warna.
  • Kemudian masukkan kedalam air bak mandi bayi.
  • Aduk, agar tercampur rata.
  • Jika sudah, gunakan untuk memandikan dan membilas seluruh tubuh bayi.
  • Gunakan secara teratur setiap memandikan bayi.

Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan, bisa membelinya di pasar tradisional, atau toko khusu jamu.

Sebenarnya, ramuan tradisional ini tidak hanya baik digunakan untuk bayi saja, melainkan juga bisa untuk orang dewasa.

Semoga ulasan dari pengalamanku bermanfaat untuk semua pembaca.

Tinggalkan komentar