Manfaat Madu Untuk Kulit Kering

Manfaat Madu untuk Kulit Kering
Wajah kering tentu merupakan masalah wajah yang dapat mengganggu keseharian. Wajah yang mengalami kekeringan artinya kulit wajah kekurangan cairan atau kurang terhidrasi. Kulit wajah yang kering faktor utama disebabkan oleh sebum atau kelenjar minyak di dalam kulit tidak bekerja maksimal. Akibatnya kelembapan kulit menurun. Hal ini berdampak pada pengelupasan kulit yang ditandai dengan kulit bersisik dan pecah-pecah.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kulit sehingga terjadi kekeringan yaitu faktor genetik, cuaca, kulit belum beradaptasi dengan lingkungan baru, faktor usia, dan terlalu sering mandi menggunakan air panas. Selain itu, kekeringan kulit wajah juga disebabkan karena kulit terpapar sinar ultraviolet terlalu lama, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin, bahkan karena penyakit kulit tertentu.

Manfaat Madu untuk Merawat Kulit Wajah Kering

Banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan solusi untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Penemuan-penemuan terbaru menunjukkan bahwa mengatasi kulit yang kering dapat dilakukan dengan cara aman menggunakan madu. Apa saja manfaat madu untuk wajah yang kering? Berikut penjelasannya.

Madu memang banyak jenisnya karena tergantung dari lebah atau tempat madu tersebut didapatkan. Meski begitu, manfaat dan kandungan madu hampir sama. Beberapa manfaat madu ternyata berguna bagi kesehatan kulit, seperti:

  1. Madu memiliki kemampuan humectant yaitu kemampuan untuk menarik air yang berada di tengah lapisan kulit sehingga naik ke lapisan atas atau lapisan epidermis yang menyebabkan kulit menjadi lebih lembab karena keseimbangan cairan di jaringan kulit. Fakta ini didukung dengan adanya beberapa penelitian mengenai kemampuan madu tersebut. 
  2. Madu dapat menyerap air dengan baik. Kemampuan ini disebut sebagai kemampuan higroskopis. Karena kemampuan higroskopis inilah, madu dikenal sebagai bahan alam yang mampu melembabkan kulit terutama wajah yang mengalami kekeringan.
  3. Kulit kering salah satunya disebabkan karena sel kulit mati yang menumpuk. Namun anda bisa mengatasinya dengan madu karena dibalik rasa manisnya yang unik ternyata madu mengandung senyawa polyphenol. Polyphenol ini merupakan senyawa penting dalam aktifitas regenerasi sel-sel kulit mati. Polyphenol juga bermanfaat untuk menutrisi jaringan secara alami. 
  4. Madu juga kaya akan zat flavanoid, zat yang juga banya ditemukan di dalam buah manggis. Flavanoid adalah senyawa alami yang mampu menangkal radikal bebas akibat polusi maupun makanan (junk food). Flavanoid yang terkandung di dalam madu ini juga bersifat anti inflamasi yang mampu mencegah dan mengatasi kulit kering sehingga mencegah terjadinya iritasi.
  5. Kulit wajah yang kering salah satunya disebabkan karena kekurangan vitamin B, E, dan C, serta nutrisi. Madu, tentunya dapat memasok kebutuhan kulit wajah terhadap vitamin dan nutrisi ini karena kandungannya yang sangat banyak dan berguna seperti vitamin B1, B2, B6, vitamin C, dan vitamin E, serta nutrisi penting lainnya.
  6. Menurut beberapa penilitian ilmiah, madu terbukti sangat efektif melewan bakteri penyebab iritasi, jerawat, dan gangguan kulit lainnya terutama di wajah. Kemampuan madu ini dikenal dengan istilah anti microbial agent. Apabila seseorang mengalami iritasi di wajah, maka disarankan mengoleskannya dengan madu karena selain aman, madu juga berkhasiat untuk menyembuhkan iritasi. 

Manfaat kaya dari madu tentunya dapat anda rasakan sendiri. Pengaplikasian madu sangat mudah dan sederhana. Untuk mengatasi kulit kering, anda bisa mengoleskan madu di kulit wajah secara perlahan dengan kuas yang lembut. Cara ini tentunya harus dilakukan secara terus menerus agar memperoleh hasil yang maksimal. 

Tinggalkan komentar