Manfaat Madu Untuk Wajah Bopeng dan Bekas Jerawat

Mendapatkan wajah yang halus dan lembut memang menjadi idaman setiap orang khususnya bagi wanita. Namun terkadang jerawat yang membekas menjadi masalah utama apalagi jika bekas jerawat mengakibatkan bopeng / berlubang di wajah.

Bopeng merupakan belang di permukaan kulit yang muncul karena kulit kekurangan kolagen yang dibutuhkan saat pemulihan luka. Salah satu luka yang terjadi biasanya luka jerawat
Bopeng yang muncul akibat jerawat ini efeknya berbeda-beda pada setiap orang karena tergantung pada jenis kulit, penyebab timbulnya jerawat, tingkat keakutan jerawat, dan faktor keturunan. Penyebab yang terjadi pada umumnya adalah karena kita memberikan treatment yang salah pada jerawat sehingga timbullah infeksi di jaringan kulit bagian epidermis.

Manfaat Madu untuk Wajah Bopeng dan Bekas Jerawat

Karena adanya kerusakan di jaringan epidermis kulit, maka kulit membutuhkan kolagen untuk melakukan regenerasi. Akibatnya kulit membutuhkan kolagen untuk regenerasi. Namun jika kekurangan, maka akan timbul bopeng. Terdapat beberapa jenis bopeng yaitu bopeng atrophic, boxcar, ice-pick, hypertrophic atau disebut keloid, dan bopeng jenis rolling.

Untuk mengatasi bopeng karena jerawat dapat dilakukan banyak cara seperti metode laser, mikrodermabrasi, chemical peeling, injeksi kolagen, dermaroller, mesotherapy, subsicion, teknik punch, dan sebagainya. Namun ada cara yang lebih hemat, aman, dan tanpa efek samping yaitu dengan menggunakan madu.

Khasiat Madu dalam Menghilangkan Bopeng Wajah

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan dari lebah madu. Rasanya yang manis berasal dari unsur monosakarida dalam bentuk fruktosa dan glukosa sehingga manisnya seperti gula. Sebagian besar mikroorganisme seperti bakteri tidak dapat berkembang biak di dalam madu karena rendahnya kadar air yang dimilikinya. Selain mengandung senyawa gula, ternyata madu mengandung banyak zat dengan khasiat asing-masing. Khasiat tersebut antara lain:

  1. Madu dikenal efektif mengatasi masalah bopeng akibat jerawat pada wajah. Hal ini dikarenakan madu mengandung senyawa-senyawa asam sehingga bersifat antibiotik. Dengan begitu, madu mampu mencegah tumbuh kembang bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Tingkat keasaman madu cukup tinggi yaitu sekitar 3,2 hingga 4,5.
  2. Madu bersifat antiseptik. Ketika madu dioleskan ke permukaan kulit yang terluka, akan dihasilkan hidrogen peroksida. Senyawa ini dihasilkan madu mengenai cairan tubuh. Senyawa inilah yang kemudian berfungsi sebagai antiseptik.
  3. Madu mengandung protein yang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak. Oleh karena itu, mengaplikasikan madu di wajah dapat membantu mengatasi dan mengurangi bopeng di wajah akibat jerawat.
  4. Bopeng dapat menjadi semakin parah jika terkena polusi. Namun madu dapat menangkal efek negatif dari polusi ini karena madu bersifat sebagai antioksidan. Kemampuan antioksidan ini juga berguna untuk mencegah jerawat muncul.

Untuk hasil yang maksimal, pengaplikasian madu dapat dicampur dan dipadukan dengan beberapa bahan alami lainnya. Salah satu bahan alami yang dapat anda campurkan dengan madu agak menghilangkan bopeng wajah adalah minyak zaitun. Minyak zaitun dikenal mampu mengatasi kekusaman dan membantu mengembalikan kulit wajah menjadi lebih mulus.

Selain minyak zaitun, bahan alam lain yang bisa meningkatkan hasil pengobatan bopeng di wajah adalah tomat. Tomat setengah matang ternyata mengandung likopen lebih banyak. Zat inilah yang akan membantu meregenerasi kulit anda bersama dengan madu. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. anda dapat menggunakannya sebagai masker atau scrub dengan ditambahkan sedikit gula pasir.

Selain diaplikasikan langsung ke permukaan wajah yang terdapat bopeng, anda juga harus mengkonsumsi madu secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan begitu pengobatan bopeng tidak hanya dari luar namun juga dari dalam tubuh anda. 

Tinggalkan komentar