Manfaat Madu Untuk Wajah Flek Hitam

Flek hitam atau ephelis pada wajah adalah masalah yang mengganggu penampilan. Munculnya flek hitam ini mendorong para peneliti dibidang kecantikan kulit untuk mencari formula yang dapat membasmi flek hitam. Oleh karena itu banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan kemampuan ini. Namun, tidak sedikit produk kosmetik tersebut yang malah memberikan efek negatif pada kulit wajah.

Beberapa treatment juga dikatakan dapat menghilangkan flek hitam dengan cepat. Treatment tersebut di antaranya adalah terapi menggunakan laser. Terapi ini dilakukan dengan menggunakan gelombang cahaya dengan panjang gelombang tertentu dan mampu menghilangkan flek hitam dengan cepat hingga 50%. Namun, selain biayanya yang mahal, efek samping dari terapi laser adalah gatal-gatal, kulit kemerahan, bengkak, kulit mengelupas, bahkan dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

Cara alami menghilangkan flek hitam dengan madu

Perawatan wajah yang terkena flek hitam tidak boleh sembarangan, sebab flek hitam itu muncul akibat cara penangannya yang salah. Treatmen-treatmen flek hitam seperti penggunaan kosmetik biasanya memberikan efek samping. Sebenarnya, ada beberapa cara alami mengusir flek hitam yang tidak menimbulkan efek samping berbahaya pada wajah.

Cara alami ini bisa anda lakukan dengan bahan utamanya madu dan bahan-bahan tambahan alami lainnya. Berikut ini beberapa cara dan manfaat madu bagi kesehatan kulit terutama flek hitam.

1. Madu untuk Scrub Wajah

Flek hitam tidak hanya muncul di wajah tetapi juga di leher, dada, lengan, dan sebagainya. Beberapa penyebab flek hitam antara lain karena adanya faktor genetik, hormonal, mengalami hipermelanin atau produksi melanin yang meningkat, terpapar sinar UV dalam jangka waktu yang lama, polusi udara, pemakaian kosmetik, dan karena jerawat yang belum hilang secara total. Untuk mengatasi flek hitam akibat faktor tersebut, anda dapat menggunakan madu.

Manfaat madu sebagai scrub wajah adalah untuk mengangkat sel kulit yang mati sekaligus menguranginya. Sel kulit mati yang tidak segera diangkat atau dibersihkan akan menyebabkan timbulnya flek hitam dan mengakibatkan wajah terlihat kusam. Scrub madu juga akan membuat kulit wajah lebih halus dan lembab. Untuk meningkatkan hasil dari scrub madu anda bisa menambahkan gula pasir di dalamnya. Gula pasir akan membantu madu dalam pengangkatan sel-sel kulit yang telah mati.

2. Madu dan Jeruk Nipis sebagai Masker Wajah

Flek hitam wajah dapat dikenali dengan mudah karena bentuknya seperti bintik-bintik hitam atau kecoklatan. Bintik-bintik ini secara perlahan dapat dihilangkan dengan memanfaatkan khasiat alami madu. Madu tidak hanya dapat digunakan sebagai scrub yang mampu mengangkat kotoran dan sel kulit wajah yang mati, namun juga dapat digunakan untuk masker yang dicampur dengan jeruk nipis untuk melawan flek hitam.

Masker madu dengan jeruk nipis berkhasiat ampuh dalam mencerahkan kulit. Jeruk nipis mengandung zat-zat asam yang berguna dan dipercaya mampu melawan kekusaman. Tentunya anda harus teratur menggunakan masker alami ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Campuran Madu dengan Mentimun

Madu merupakan cairan kental yang manis. Namun dibalik rasa manisnya yang menggoda, madu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit wajah terutama dalam mengurangi flek hitam di wajah. Khasiat ini akan diperkuat dengan adanya timun yang dicampurkan kedalam madu.

Mentimun dapat mengurangi kekusaman di wajah. Mentimun juga dapat menghidrasi kulit wajah agar tidak terlalu kering. Campuran madu dengan mentimun dapat anda jadikan sebagai masker wajah. 

Tinggalkan komentar