Manfaat Temulawak

Pada kesempatan sebelumnya saya telah mengupas beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan, kecantikan, ibu menyusui dan anak.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah salah satu jenis tumbuhan obat dalam suku Zingiberaceae, yang berasal dari Indonesia (lebih tepatnya Pulau Jawa), kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan Asia Tenggara. Pada saat ini, sebagian besar negara di kawasan asia tenggara membudidayakan temu lawak seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Seiring kemajuan zaman selain di Asia Tenggara, tanaman ini dapat Anda temui dibeberapa negara maju diantaranya China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Tak heran jika di beberapa negara maju membudidayakan temu lawak, pasalnya tumbuhan ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan & kecantikan tubuh, mulai dari mencegah penyakit ataupun mengobati.

Bukan tanpa alasan, didalam rimpang temulawak terdapat kandungan antara lain P-toluilmetilkarbinol, karbohidrat, protein, mineral seperti Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Zat Besi (Fe), Mangan (Mn), dan Kadmium (Cd), Katagoga, dan Minyak atsiri yang terdiri dari beberapa unsur kamfer, glukosida, turmerol, kurkumin.

Manfaat temulawak untuk kesehatan

Berikut efek yang akan anda dapatkan, bila memanfaatkan temulawak sebagai alternatif mencegah sekaligus mengobati penyakit:

1. Memelihara fungsi hati

Kandungan Katagoga didalam temulawak berguna menjaga kesehatan fungsi hati, pasalnya kandungan ini dapat membantu produksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Dalam penelitian uji klinik pada temulawak, dengan penggunaan dosis 15-30 mg kurkumin, mampu menurunkan dan mengkontrol kadar SGOT dan SGPT.

2. Masalah pencernaan

Apabila kesehatan hati terjaga dan berfungsi sebagaimana semestinya, hal itu akan berdampak pada meningkatnya kesehatan pencernaan / lambung, sehingga akan mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia.

Sebuah studi dilakukan pada tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal “Clinical Gastroenterology dan Hepatology”, menjelaskan bahwa pasien yang konsumsi suplemen kunyit dan temulawak setiap hari, mengalami tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pasien yang memakai plasebo selama enam bulan.

3. Membantu menurunkan kolesterol (lemak darah)

Manfaat kandungan kurkuminoid pada temulawak berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol (lemak darah) dan mengkontrol peningkatan kadar kolesterol HDL Zat, sehingga akan berdampak baik pada kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

4. Mengatasi radang sendi

Khasiat kandungan kurkumin didalam temulawak juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada radang sendi. Pasalnya kurkumin ini berperan sebagai penghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin.

5. Mencegah kanker

Kandungan minyak atsiri di dalam temulawak berfungsi sebagai penghancur sel jahat yang menyerang tubuh, sedangkan unsur xanthorizol didalam minyak atsiri memliki fungsi sebagai zat anti kanker atau lebih tepatnya mengobati sekaligus membunuh sel kanker, cukup dengan konsumsi suplemen temulawak secara rutin akan membantu Anda mengurangi risiko terkena kanker.

6. Menjaga kesehatan jantung

Ekstrak temulawak terdapat kandungan kurkuminoid berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dan menetralkan racun dalam darah, tentunya akan berdampak pada kesehatan jantung, sehingga jantung berfungsi sebagaimana semestinya.

7. Membantu Melancarkan Buang Air Besar
Temulawak dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB) loh? Pasalnya kandungan serat dan kurkumin yang cukup tinggi sangat berperan dalam hal ini.

8. Meningkatkan nafsu makan

Efek dari konsumsi minyak atsiri akan membantu meningkatkan nafsu makan Anda. Tentunya, temulawak ini sangat baik apabila dikonsumsi oleh penderita maag atau anak yang sulit makan.

9. Mengobati sakit ginjal – Diuretik (peluruh kencing)

Manfaat jamu temulawak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan pada temulawak terdapat beberapa nutrisi yang dapat mengobati penyakit ginjal. Anda hanya perlu mengkonsumsi ramuan jamu temulawak ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

10. Meredakan Kelelahan pada Otot

Konsumsi jamu temulawak saat Anda kelelahan setelah olahraga atau duduk terlalu lama, hal itu akan membantu meredakan ketegangan pada otot, sehingga tubuh Anda akan lebih cepat fit.

Selain 10 manfaat diatas, ada beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya, berikut ini:

  1. Detoksifikasi
  2. Mempercepat pemulihan kesehatan tubuh
  3. Membantu proses metabolisme
  4. Meredakan penyakit asma
  5. Mengobati penyakit bisul
  6. Meredakan mual
  7. Sebagai antioksidan
  8. Meredakan sakit kepala dan masuk angin
  9. Memperbaiki suasana hati atau mood
  10. Mengatasi insomnia
  11. Meredakan batuk
  12. Mengatasi sembelit
  13. Mengatasi batu empedu
  14. Memperlancar haid pada wanita
  15. Meredakan nyeri saat haid pada wanita
  16. Laxative (pencahar)
  17. Membersihkan darah

Manfaat temulawak untuk kecantikan

Tak hanya baik untuk kesehatan, beberapa kandungan seperti Minyak atsiri, Antioksidan, Anti-bakteri, Protein, Mineral, dan nutrisi penting lainnya yang berfungsi membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga kecantikan wajah Anda akan terawat dengan baik, berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan apabila menggunakan exstrak temulawak sebagai alternatif merawat kulit:

  1. Mengatasi jerawat – Minyak atsiri pada temulawak juga berperan sebagai anti-bakteri, anti-oksidan yang dapat mengatasi masalah jerawat di wajah Anda. Selain itu, kandungan senyawa fenolik akan membantu menekan serta mengkontrol produksi minyak berlebih, sehingga wajah anda akan terbebas dari beberapa masalah kulit seperti flek hitam, kusam, dan jerawat.
  2. Mencerahkan kulit – Kulit cerah menjadi idaman setiap orang khususnya wanita, pasalnya dengan memiliki kulit cerah akan membantu meningkatkan kepercayaan diri. Bukan tanpa alasan, Antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya memliki peran penting dalam mencerahkan kulit wajah.
  3. Mencegah penuaan dini
  4. Menghaluskan kulit wajah
  5. Menjadi antioksidan alami
  6. Mengencangkan kulit
  7. Mengatasi noda hitam
  8. Menghilangkan bekas luka pada wajah
  9. Mencegah kanker kulit
  10. Membuat kulit wajah awet muda
  11. Melembabkan wajah
  12. Menghilangkan keriput
  13. Antipigmentasi
  14. Membantu mengangkat sel kulit mati
  15. Menghilangkan noda bekas jerawat
  16. Mengatasi masalah kulit belang
  17. Mengatasi kulit berminyak
  18. Mengecilkan pori pori kulit
  19. Mengatasi kulit wajah kusam
  20. Menyamarkan flek hitam

Cara penggunaan: parut rimpang temulawak, selanjutnya taruh temulawak yang sudah diparut ke dalam kain dan peras, setelah itu oleskan cairan pada wajah seara rutin, setiap hari. Anda bisa menambahkan sedikit madu, susu, gandum sebagai campuran supaya berbentuk menjadi cream ataupun pasta.

Note: jika anda melakukan perawatan kecantikan menggunakan temulawak, sebaiknya anda juga konsumsi suplemen temulawak, guna mempercepat sekaligus meningkatkan kualitas hasil yang diperoleh nantinya.

Tinggalkan komentar